Informasi Terpercaya Masa Kini

10 Makanan Penurun Berat Badan yang Bisa Dikonsumsi Rutin,Porsinya Jangan Berlebihan

0 7

TRIBUNHEALTH.COM – Obesitas atau berat badan berlebih merupakan salah satu masalah kesehatan yang perlu mendapat penanganan serius.

Jika dibiarkan begitu saja, obesitas dapat memicu berbagai masalah kesehatan serius seperti risiko diabetes dan berbagai penyakit jantung.

Pola makan menjadi salah satu cara penting dalam mengontrol berat badan.

Makanan tertentu diketahui dapat memberikan nutrisi penting untuk tubuh, memberikan rasa kenyang yang lama, namun tidak menambah berat badan secara signifikan.

Bahkan makanan berikut juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Melansir The Health Site, berikut ini uraiannya.

Oat

Oat membantu Anda tetap sehat dan menjaga berat badan dengan memberikan rasa kenyang karena kandungan serat dan proteinnya yang tinggi. 

Setengah cangkir oat mentah mengandung sekitar 4 gram serat dan hanya 150 kalori. 

Orang yang mengonsumsi oatmeal secara teratur memiliki berat badan lebih rendah dan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.

Baca juga: 5 Sumber Karbohidrat Sehat untuk Meningkatkan Energi, Mulai Oat hingga Pisang dan Alpukat

Kacang hitam

Kacang hitam memiliki kandungan serat dan protein tinggi yang meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan. 

Secangkir kacang hitam menyediakan 17 gram serat dan 14 gram protein, menjadikannya tambahan yang bergizi dan rendah kalori untuk diet Anda.

Kacang kenari

Kacang kenari kaya akan protein, serat, dan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung dengan kalori yang sangat rendah. 

Kacang kenari membantu Anda menahan keinginan makan dan memberi Anda rasa kenyang lebih lama. Selain itu, kacang kenari juga menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Baca juga: 8 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Kesehatan Rambut, Ada Kenari hingga Ubi Jalar

Air lemon

Air lemon memiliki antioksidan tinggi dan sifat termogenik yang meningkatkan kesehatan usus dan mengelola berat badan Anda dengan baik. 

Lemon juga kaya akan Vitamin C yang meningkatkan detoksifikasi dan meningkatkan laju metabolisme secara efektif.

Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam memiliki kalori rendah dan serat tinggi yang membantu Anda meningkatkan rasa kenyang dan mendukung manajemen berat badan.

Kandungan nutrisi yang kaya dari sayuran berdaun hijau meliputi vitamin dan mineral, mendukung kesehatan Anda, dan merupakan makanan ideal untuk menghilangkan lemak perut.

Baca juga: 9 Sayuran yang Perlu Dimasak untuk Optimalkan Penyerapan Nutrisi, Termasuk Bayam

Telur

Telur mengandung banyak protein yang memberi tubuh Anda pilihan yang sehat untuk tetap kenyang dan mengurangi rasa lapar. 

Telur rendah kalori dan kaya akan nutrisi penting seperti glukosa, protein, dan mineral sehingga menjadi pilihan yang sehat untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, telur meningkatkan metabolisme dan mendukung pemeliharaan otot yang membantu pengurangan lemak secara keseluruhan.

Air Biji Jintan

Air biji jinten membantu Anda meningkatkan metabolisme, mempercepat pembakaran lemak, dan mengurangi nafsu makan. 

Cukup tambahkan satu sendok makan biji jinten ke dalam segelas air dan rendam semalaman. 

Biji jinten akan menyerap air dan mengembang untuk melepaskan beberapa senyawa bioaktif penting yang penting untuk menurunkan berat badan.

(TribunHealth.com)

Leave a comment