Informasi Terpercaya Masa Kini

Bagaimana Mengatur Hidup Kita dan Mencapai Tujuan Melalui Manajemen yang Efektif?

0 10

Di dunia yang sibuk saat ini, waktu adalah salah satu komoditas kita yang paling berharga. Dengan banyaknya tanggung jawab dan gangguan yang menuntut perhatian kita, kita mudah kehilangan fokus pada hal yang benar-benar penting. 

Itu sebabnya mengembangkan keterampilan manajemen waktu yang kuat sangat penting untuk mengendalikan hidup dan mencapai potensi penuh. 

Manfaat manajemen waktu yang efektif sangat banyak. Tidak hanya memungkinkan kita menyelesaikan lebih banyak dalam waktu lebih singkat dengan lebih sedikit stres, tetapi juga membantu kita mendapatkan kejelasan tentang tujuan jangka pendek dan jangka panjang. 

Dengan mengatur jadwal kita secara cermat, kita dapat memastikan tujuan tersebut tidak hilang karena kesibukan sehari-hari. Pertama, tips manajemen yang efektif yaitu menentukan nilai dan prioritas terlebih dahulu sebagai berikut:

Langkah awal adalah mengidentifikasi nilai-nilai inti dan prioritas kita. Contohnya seperti bertanya pada diri sendiri: Apa yang paling penting bagi saya dalam hidup? Apa yang ingin saya capai? Bagaimana saya ingin menghabiskan waktu saya setiap hari? Kegiatan apa yang memberi saya kegembiraan dan kepuasan? Kewajiban dan tanggung jawab apa yang tidak dapat dinegosiasikan? Kebiasaan atau perilaku apa yang menghambat pertumbuhan saya? 

Langkah awal tersebut mampu mengembangkan kesadaran diri ini memberikan pedoman moral untuk memandu keputusan dan mempertahankan fokus pada hal-hal penting. 

Hal ini juga mengungkapkan area di mana kita mungkin terlalu berkomitmen dan membutuhkan keseimbangan kehidupan kerja dan waktu untuk diri sendiri (Me Time) yang lebih baik. 

Langkah selanjutnya dengan mengatur SMART dengan tepat sasaran. Menindak lanjuti dari langkah awal tadi pasti sudah menemukan prioritas yang sudah ditentukan, bagilah tujuan jangka panjang menjadi langkah-langkah yang dapat dicapai dengan SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time Bound) tujuannya adalah: 

1. Spesifik dan konkrit artinya kita dalam menentukan manajemen waktu itu dengan spesifik dan konkrit atau jelas hal apa saja yang akan dilakukan kedepannya. 

2. Terukur sehingga kita dapat melacak kemajuan artinya agar manajemen waktu yang telah dihabiskan dengan kegiatan yang telah dilakukan tadi apakah berdampak terhadap diri atau tujuan prioritas kita berhasil tidak maka kita buat mode tracking (tracking ini banyak jenisnya) tapi yang sering saya buat adalah dengan google spread dengan mode tracking ini akan diketahui berapa persen hal yang telah dilakukan berhasil atau tidak. Mode tracking ini juga bisa berhubungan dengan Time Bound juga yang nanti saya jelaskan di paling terakhir. 

3. Dapat dicapai tetapi menantang artinya dalam mengatur hidup atau memanajemen waktu pasti ada kalanya tantangan yang dihadapi, seperti hal-Nya kita sudah sampai di tujuan A pasti akan lanjut ke tahapan selanjutnya dan itu pasti memiliki tantangan lagi, dalam hal ini terus berproses karena waktu penting untuk kita berkembang.

4. Relevan dengan nilai inti kita artinya hal yang berhubungan dengan kegiatan kita yang didasari dengan waktu yang telah diprioritaskan menghasilkan dampak positif dari kinerja kita itu pasti relevan dan selaras dengan tujuan awal kita berproses. Jikalau dalam proses tidak sesuai dengan tujuan awal pasti di langkah sebelumnya ada hal yang harus di refleksikan dan mendaur ulang langkah yang lebih semangat.

5. Terikat waktu dengan tenggat waktu (hubungan waktu dengan deadline) ini lebih diusahakan untuk tepat waktu artinya ini ada keterkaitan dengan  Measurable yang menuntut kita untuk tepat waktu dengan memperhatikan tracking yang telah dibuat oleh kita.

Berdasarkan dari kedua langkah tersebut, kita berupaya dalam mengatur hidup kita yang berlandaskan manajemen waktu, karena manajemen waktu yang baik menuntun kita pada kehidupan yang baik. 

Semoga bermanfaat sharing parenting mengenai mengatur hidup dengan manajemen yang efektif persfektif penulis. Sampai jumpa di sharing parenting berikutnya.

Leave a comment