Informasi Terpercaya Masa Kini

BARCELONA: Sampai Jumpa,Ilkay Gundogan. . .

0 4

TRIBUNJOGJA.COM – Gelandang Barcelona Ilkay Gundogan telah memberi tahu klub tentang keinginannya untuk pergi sebelum akhir jendela transfer musim panas.

Pemain berusia 33 tahun itu langsung memberi pengaruh besar di Camp Nou setibanya dari Manchester City musim panas lalu.

Mantan pemain Manchester City itu mencatatkan 51 penampilan di semua turnamen dan menyumbangkan lima gol serta 14 assist.

Gundogan mengawali musim positif Euro 2024 bersama Jerman di level individu, di mana ia mencetak satu gol dan membuat dua assist saat tuan rumah mencapai perempat final.

Sang gelandang baru menandatangani kontrak berdurasi dua tahun di Camp Nou setelah kedatangannya tahun lalu.

Artinya, ia sekarang berada dalam 12 bulan terakhir masa kontraknya, meskipun kedua belah pihak dapat menyetujui perpanjangan hingga tahun 2026.

Meskipun bersinar di bawah Xavi musim lalu, usia dan situasi kontrak Gundogan membuat masa depannya tentu saja dipertanyakan, meskipun awal bulan ini dilaporkan bahwa ia telah mengomunikasikan keinginannya untuk bertahan.

Gundogan ingin pergi

Cukup mengherankan ketika Gundogan dicoret dari skuad Blaugrana untuk kemenangan pembukaan La Liga mereka atas Valencia pada hari Sabtu.

Namun Hansi Flick bersikeras bahwa pemain berusia 33 tahun itu cedera, dan juga menyatakan keyakinannya bahwa transfer tidak akan terwujud.

“Saya pikir Gundogan akan tetap bersama kami. Dia tidak 100 persen fit untuk bermain hari ini. Dia merasa tidak nyaman,” kata Flick kepada pers. 

“Saya berbicara dengannya, tapi itu tetap menjadi masalah di antara kita, bukan dengan Anda.

Namun laporan dari Sport mengklaim bahwa Gundogan kini telah menyerahkan permintaan transfer di Camp Nou, dan baik Flick maupun direktur olahraga Deco mengetahui niatnya untuk hengkang.

Mengingat Gundogan akan berusia 34 tahun pada bulan Oktober, Barcelona tampaknya telah membuka pintu keluarnya jika ada tawaran yang sesuai, terutama karena mereka masih belum bisa mendaftarkan pemain baru Dani Olmo. 

Agen Gundogan seharusnya menekankan bahwa sang gelandang puas di Camp Nou, namun pemain berusia 33 tahun itu secara pribadi memendam keinginan untuk pergi, dan baik Galatasaray maupun Fenerbahce terus memantau perkembangannya.

Alasan Gundogan ingin hengkang

Sebelumnya pada akhir pekan lalu, Ilkay Gundogan dikabarkan telah meminta agar dirinya diizinkan meninggalkan Barcelona sebelum jendela transfer musim panas ditutup. 

Hansi Flick membahas masalah ini setelah kemenangan hari Sabtu atas Valencia, dan dia menyatakan keyakinannya bahwa gelandang veteran itu tidak akan ke mana-mana.

Menurut laporan dari Sport, keinginan Gundogan untuk hengkang bermula dari perkiraan berkurangnya ketenaran. 

Dia selalu hadir untuk Barcelona musim lalu, namun dengan kedatangan Dani Olmo baru-baru ini, dia tidak lagi dijamin menjadi starter reguler untuk klub Catalan di masa depan.

Gundogan terkenal sebagai sosok yang berkemauan keras, dan tampaknya ia tidak akan menerima peran yang berkurang, itulah sebabnya ia ingin hengkang. 

Para petinggi Barcelona tentu akan menyambut baik langkah tersebut, karena hal itu akan memungkinkan pemain berpenghasilan tinggi untuk pindah, yang akan membantu kemungkinan perekrutan dan pendaftaran pemain baru.

Masih harus dilihat bagaimana kisah Gundogan ini berlangsung. Dia akan sangat dirindukan Barcelona jika dia pergi, dan hal ini sangat disadari oleh Flick.

Bagaimana dengan Frenkie de Jong ?

Selain Gundogan, sesama gelandang Barcelona Frenkie de Jong juga absen dalam kemenangan atas Valencia pada hari Sabtu.

Sebagai informasi, pemain tim nasional Belanda itu masih dalam masa pemulihan dari cedera pergelangan kaki yang parah.

De Jong telah lama diperkirakan akan pindah ke arah yang berlawanan dengan Gundogan dan pindah dari Barcelona ke Manchester, dan rumor tersebut terus beredar musim panas ini.

Kedatangan terlambat dari tim asuhan Erik ten Hag kini dianggap tidak mungkin terjadi, namun Barcelona tampaknya khawatir De Jong sedang mencoba untuk menghabiskan kontraknya, yang akan berakhir pada musim panas 2026.

Terlebih lagi, pihak klub juga dibuat bingung dengan lamanya absennya De Jong, karena mereka awalnya memperkirakan masalah pergelangan kakinya akan sembuh dalam waktu maksimal delapan minggu, namun kini ia harus absen selama empat bulan.

Dua gol Robert Lewandowski membawa Barca meraih kemenangan 2-1 atas Valencia dalam pertandingan pembuka La Liga, dan pasukan Flick selanjutnya akan beraksi di kandang melawan Athletic Bilbao pada 24 Agustus.

Leave a comment