Informasi Terpercaya Masa Kini

Sosok Serda Arik Babinsa di Bojonegoro yang Nekat Panjat Tiang Bendera saat Upacara HUT Ke-79 RI

0 9

SURYA.co.id, BOJONEGORO – Sosok seorang Babinsa di Bojonegoro, Jawa Timur jadi sorotan karena aksi heroiknya memanjat tiang bendera.

Dia adalah Serda Arik Setiawan, Babinsa Posramil 19/Gondang Kodim 0813 Bojonegoro.

Diketahui, kejadian unik mewarnai pelaksanaan Upacara Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 79 tahun 2024 dilapangan Desa Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Sabtu (17/8/2024).

Aksi nekat seorang anggota TNI Angkatan Darat (AD) bernama Serda Arik Setiawan terekam dalam sebuah kamera video memanjat tiang bendera ketika upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI sedang berlangsung.

Terlihat, prajurit TNI AD itu dengan sigap memanjat tiang bendera, lantaran cincin pengait yang ada di bendera merah putih mengalami patah pada saat pembentangan bendera.

Baca juga: Sosok Satpol PP di Lamongan Jatim yang Nekat Panjat Tiang Bendera saat Upacara HUT Ke-79 RI

Sehingga tali terlepas dan terlanjur tertarik ke atas saat upacara pengibaran bendera pada peringatan Hari Kemerdekaan RI yang mengusung tema ‘Nusantara Baru, Indonesia Maju’

Dengan sekuat tenaga, dan semangat yang tinggi terus memanjat tiang bendera tersebut. 

Ketika sudah sampai di atas, Babinsa Serda Arik Setiawan itu lalu menarik tali, dan bergegas membawanya turun.

Setelah sampai di bawah, ia menyerahkan tali yang terlepas tadi ke anggota Paskibraka yang bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih.

Alhasil, kegiatan upacara yang dipimpin langsung oleh Sekcam Gondang ini pun dapat kembali dilanjutkan.

Aksi heroik Babinsa Posramil 19/Gondang Kodim 0813 Bojonegoro ini pun banyak menuai pujian dari masyarakat yang hadir untuk menyaksikan pelaksanaan upacara tersebut.

Baca juga: Santri Gresik Viral Panjat Tiang Bendera saat Upacara dapat Laptop dan Uang Pembinaan

“Anggota kami memang langsung naik keatas tiang bendera setelah mencopot sepatu PDL nya. Padahal angin saat itu sangat kencang, bahkan saat Serda Arik Setiawan dipucuk, tiang bendera melengkung,” ungkap Danposramil 0813-19/Gondang, melansir dari Pendim 0813.

Di lokasi lain, seorang anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, viral di media sosial berkat aksi heroik saat upacara HUT ke-79 Republik Indonesia (RI), Sabtu (17/8/2024).

Dalam video beredar, pria berseragam Satpol PP itu dengan perlahan memanjat tiang.

Sesampainya di puncak, ia mengambil tali pengait bendera.

Aksi Ghofur menuai tepukan tangan meriah dari peserta upacara. 

Kejadian ini bermula ketika upacara HUT ke-79 RI tengah dilaksanakan di sebuah lapangan di Kecamatan Paciran.

Saat itu Bendera Merah Putih tengah dikibarkan dan sudah sampai puncak.

Namun, secara tiba-tiba bendera tersebut terjatuh karena pengaitnya terlepas.

Tanpa pikir panjang, anggota Satpol PP bernama Ghofur itu langsung memanjat tiang bendera untuk mengambil bendera. 

“Kemudian staf kami, staf Satpol PP ini, dengan semangat dan jiwa heroiknya tiba-tiba secara spontan memanjat tiang dan mengambil tali yang ada di atas,” ujar Camat Paciran Samian, dikutip dari Kompas TV.

Setelah berhasil mengambil tali pengait, Ghofur memberikannya kepada petugas pengibar bendera.

“Dan bendera bisa berkibar lagi dengan sempurna,” ucap Samian.

Aksi panjat tiang bendera bukanlah kali pertama terjadi di Indonesia. Setiap upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI, pasti ada kejadian serupa.

Salah satunya yang terjadi pada Agustus 2018 lalu.

Bocah bernama Yohanes Ande Kala alias Joni, memanjat tiang bendera saat upacara HUT ke-73 RI di Pantai Motaain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu.

Saat itu, Joni yang masih menjadi pelajar kelas 1 SMP Negeri Silawan memanjat tiang bendera setelah tali yang akan digunakan untuk mengikat bendera terlepas dan tersangkut di ujung tiang. 

Aksi heroik Joni itu menuai perhatian publik. Joni bahkan diundang ke Istana Negara untuk bertemu Presiden Joko Widodo pada 20 Agustus 2018.

>>>Update berita terkini di Googlenews Surya.co.id

Leave a comment