Informasi Terpercaya Masa Kini

2 Cara Mengetahui Siapa Saja yang Menggunakan WiFi IndiHome Kita, Mudah dan Praktis

0 11

KOMPAS.com – Pengguna atau pelanggan internet dari operator IndiHome kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan layanan WiFi-nya. Salah satunya seperti cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi IndiHome kita.

Cara mengetahui siapa saja yang terhubung ke WiFi IndiHome itu bakal berguna untuk memastikan jaringan internet tetap stabil. Tiap jaringan internet WiFI, tak terkecuali WiFi dari IndiHome selalu dilindungi dengan password.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi WiFi Tidak Terdeteksi di HP dengan Mudah dan Praktis

Akan tetapi, WiFi IndiHome milik pengguna tak menutup kemungkinan bisa diakses secara diam-diam oleh perangkat milik orang asing. Jika banyak yang mengakses, bandwidth bakal terbagi, sehingga internet bisa lemot tiba-tiba.

Seandainya internet lemot tiba-tiba, pengguna bisa melihat siapa saja yang terhubung ke WiFi IndiHome. Oleh karena itu, pengguna penting memahami cara mengetahui siapa saja yang terhubung ke WiFi IndiHome agar terhindar dari akses yang tak diinginkan.

Lantas, bagaimana cara mengetahui siapa saja yang terhubung ke WiFi IndiHome? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengetahui siapa saja yang terhubung ke WiFi IndiHome dengan mudah dan praktis.

Cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WIFi IndiHome kita

Cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi IndiHome kita itu pada dasarnya cukup mudah. Setidaknya, terdapat dua cara mengetahui siapa saja yang terhubung ke WiFi IndiHome.

Pertama, pengguna bisa cek perangkat yang terhubung ke WiFi IndiHome tanpa menggunakan aplikasi, yaitu lewat halaman pengaturan router atau IP Address.

Kedua, cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi IndiHome kita bisa dilakukan dengan aplikasi pemindai jaringan. Adapun penjelasan dari dua cara mengetahui siapa saya yang menggunakan WiFi IndiHome kita itu adalah sebagai berikut.

1. Lewat halaman pengaturan router atau IP Address

Cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi IndiHome kita yang pertama adalah melalui halaman pengaturan router. Jaringan WiFi IndiHome bisa dikelola melalui halaman pengaturan router atau IP Address.

Untuk mengakses atau login ke halaman IP Address, pengguna membutuhkan beberapa informasi dulu seperti alamat IP dari router serta username dan password dari akun di halaman pengaturan router.

Tiap perangkat router biasanya memiliki alamat IP yang berbeda-beda, bergantung model router yang dipakai. Misalnya, jika menggunakan router ZTE, alamat IP dari router itu bisa seperti ini “192.168.1.1” (tanpa tanda kutip).

Baca juga: 10 Cara Mengatasi WiFi Tidak Terdeteksi di Laptop dengan Mudah, Jangan Panik

Informasi alamat IP router itu biasanya bisa dijumpai di bagian belakang perangkat router atau di buku panduan perangkat router.

Kemudian, username dan password di halaman pengaturan router juga bisa berbeda-beda. Umumnya, username dan password untuk mengakses halaman pengaturan router itu bisa memiliki kombinasi seperti ini:

  • Username: admin, Password: admin
  • Username: user, Password: user

Pengguna bisa bertanya lebih lanjut soal username dan password untuk mengakses halaman pengaturan router ke operator IndiHome.

Jika sudah mendapatkan semua informasi itu, adapun cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi IndiHome kita lewat halaman pengaturan router adalah sebagai berikut:

  • Buka browser dan masukkan alamat IP router di kolom URL.
  • Lalu, halaman pengaturan router akan terbuka.
  • Masukkan username dan password untuk login halaman pengaturan router.
  • Jika berhasil login, bakal muncul beberapa menu pengaturan perangkat router.
  • Setelah itu, pengguna bisa membuka menu bertajuk seperti ini “Device List”.
  • Di menu tersebut, pengguna bakal disajikan dengan daftar semua perangkat yang terhubung ke WiFi.
  • Tiap perangkat yang terhubung akan memiliki identitas berupa MAC Address dan IP Address.

2. Menggunakan aplikasi

Cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi IndiHome kita yang berikutnya adalah melalui aplikasi pemindai jaringan. Ada banyak aplikasi pemindai jaringan WiFi yang bisa dipakai, salah satu adalah aplikasi Fing.

Di aplikasi itu, pengguna bisa mendapatkan beberapa informasi terkait WiFi yang digunakan, termasuk perangkat mana saja yang mengaksesnya. Adapun cara mengetahui siapa saja yang terhubung ke WiFi IndiHome lewat aplikasi Fing adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Fing di Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone).
  • Setelah terinstal, silakan buka aplikasi Fing.
  • Selanjutnya, aplikasi Fing bakal membaca jaringan WiFi IndiHome yang terhubung ke perangkat.
  • Kemudian, di halaman utama, pengguna akan dapat melihat jumlah perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi IndiHome.
  • Untuk melihat informasi yang lebih detail, pengguna bisa klik opsi “See device”.
  • Terakhir, aplikasi akan menampilkan daftar perangkat yang terhubung ke WiFi IndiHome.

Baca juga: 5 Cara Ganti Password WiFi Berbagai Provider, Ada IndiHome, Biznet, dan Lainnya

Cukup mudah bukan cara mengetahui siapa saja yang terhubung ke WiFi IndiHome? Melalui dua cara di atas, pengguna bisa memantau penggunaan WiFi IndiHome dan terhindar dari akses dari orang asing yang tak diizinkan.

Dengan demikian, pengguna bisa mengakses internet dengan lebih stabil. Jika ditemukan terdapat perangkat asing yang mengakses jaringan WiFi IndiHome, pengguna bisa segera mengganti password WiFi.

Langkah itu perlu dilakukan agar orang asing tak lagi dapat mengakses diam-diam WiFi IndiHome milik pengguna. Demikianlah penjelasan cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi IndiHome kita dengan mudah dan praktis, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Leave a comment