Informasi Terpercaya Masa Kini

Telkom Luncurkan BigBox, Flatform Digital Hasil Kolaborasi dengan Microsoft

0 2

Bisnis.com, BANDUNG — PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menghadirkan inovasi terbarunya yakni BigBox, platform Artificial Intelligence (AI) dan Analytics hasil kolaborasi antara Telkom dan Microsoft di ajang Fordigi Summit 2024.

EVP Digital Business & Technology Telkom Komang Budi Aryasa mengatakan melalui kerja sama tersebut, Telkom melalui konsep “AI for the Nation” semakin memperkuat perannya dalam membangun ekosistem digital di Indonesia.

Menurutnya, kolaborasi Telkom dan Microsoft tersebut menjadi kunci sukses membawa produk ke level lebih tinggi. Kerja sama kedua raksasa teknologi ini tak hanya menciptakan inovasi canggih, tetapi juga mendukung tercapainya visi Telkom menjadi pemain utama dalam transformasi digital di Indonesia. 

Baca Juga : Wanti-wanti Kinerja Jangka Menengah untuk Telkom Indonesia (TLKM)

Kegiatan tersebut turut disaksikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas.

“Kami sangat bangga dengan kerja sama strategis Telkom dan Microsoft yang membawa BigBox ke arah lebih baik. Ini bukan hanya tentang teknologi, tetapi bagaimana kita bisa membantu perusahaan di Indonesia membuat keputusan lebih cepat dan tepat, sehingga menghasilkan kesejahteraan bagi pelaku usaha, masyarakat, dan negara,” katanya, dalam keterangan resmi yang dikutip Bisnis, Minggu (29/9/2024).

Baca Juga : : Telkom (TLKM) – Indosat (ISAT) Makin Mesra, Kolaborasi Bangun ICE System 2

BigBox, kata dia, adalah solusi AI yang dirancang membantu perusahaan dan organisasi dalam mengelola dan menganalisis data berjumlah besar. Dengan berbagai fitur seperti Natural Language Processing (NLP), AI Prediction Analytics, hingga Computer Vision, BigBox menjadi platform andalan yang mampu menganalisis data secara mendalam dan mengotomatisasi proses bisnis menjadi lebih efisien.

Melalui kerja sama ini, Microsoft memberikan teknologi cloud dan AI yang mendukung infrastruktur Telkom, sehingga BigBox dapat menawarkan layanan AI-powered automation, generative AI, dan analisis data yang lebih akurat.

Potensi pasar AI global sendiri diproyeksikan mencapai US$500 miliar pada 2024, dengan peningkatan signifikan di berbagai sektor seperti retail, perbankan, dan manufaktur.

Dengan BigBox, Telkom tidak hanya berkontribusi mendukung pertumbuhan AI di Indonesia, tetapi juga memperkuat posisinya di pasar global.

Ke depannya, Telkom dan Microsoft berkomitmen untuk terus mengembangkan BigBox dengan fitur-fitur baru.

Leave a comment