Informasi Terpercaya Masa Kini

12 Fakta Jelang Upacara HUT RI di IKN Kaltim,Warga Sekitar Dilarang Ikut hingga Dinilai Pencitraan

0 3

TRIBUNKALTIM.CO – Upacara HUT RI di IKN Kaltim 17 Agustus 2024 tinggal sepekan lagi.

Hari ini, Sabtu (10/8/2024) duplikat bendera pusaka dan teks Proklamasi yang akan dipergunakan di Upacara HUT RI di IKN Kaltim akan tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan.

Selanjutnya, duplikat bendera pusaka dan teks Proklamasi yang akan dipergunakan untuk upacara HUT RI tersebut akan diarak dari Balikpapan ke IKN Kaltim.

Arak-arakan duplikat bendera pusaka dan teks Proklamasi ini menandai dimulainya serangkaian acara menjelang upacara HUT RI di IKN Kaltim.

Baca juga: Daftar Undangan Warga Lokal yang Bisa Ikut Upacara HUT RI di IKN Kaltim, Pemda yang Tentukan

Baca juga: Bukan Untuk Umum! Jalan Tol IKN Kaltim Mulai Dibuka 10 Agustus 2024, Khusus Acara Upacara HUT RI

Baca juga: Inilah Tempat Ribuan Peserta Upacara HUT RI di IKN Kaltim Menginap

Berikut 12 fakta jelang upacara HUT RI di IKN Kaltim:

1. Kirab ke Bandara sebelum diterbangkan ke Balikpapan 

Sebelum tiba di Balikpapan, di Jakarta juga akan ada kirab duplikat bendera pusaka dan teks Proklamasi ini menuju Bandara Halim Perdanakusuma.

Jadwal dimulainya Kirab Bendera Pusaka Merah Putih dimulai pukul 08.00 WIB di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Dari Monas, iring-iringan tersebut akan menuju Jalan Thamrin, Bundaran HI, Jalan Gatot Subroto, Cawang, hingga Bandara Halim Perdanakusuma.

 Lalu duplikat bendera dan naskah proklamasi akan diterbangkan ke IKN Kaltim  menggunakan pesawat Boeing TNI AU.

2. Arak-arakan duplikat bendera pusaka dan teks Proklamasi

Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim, Sri Wahyuni menjelaskan Pemprov Kaltim melalui Pemerintah Kota Balikpapan telah menyiapkan skema prosesi penerimaan.

Saat turun dari pesawat, bendera dan naskah kemerdekaan Republik Indonesia itu akan disambut oleh 38 purna paskibraka, 10 orang berpakaian khas Daerah Kaltim dan 50 penari rebana.

“Mereka akan mengiringi sepanjang jalan dari bandara sampai jalan tol.

Di sepanjang jalur aman juga akan ada anak-anak sekolah yang menyambut,” jelas Sri Wahyuni.

Baca juga: Apa Itu Duplikat Bendera Pusaka yang akan Diarak ke IKN Kaltim Jelang Upacara HUT RI?

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, bendera dan teks proklamasi akan dibawa ke Istana Negara di IKN.

Purna Paskibraka 2023 yang bertugas membawa bendera duplikat bendera merah putih dari Balikpapan ke IKN yakni Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Provinsi Banten.

Adapun bertugas sebagai pembawa teks proklamasi dari Balikpapan ke IKN adalah Lilly Wenda dari Provinsi Papua Pegunungan.

Nantinya, setelah menginap di Istana Negara IKN, bendera tersebut akan diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada tim Paskibraka 2024 untuk dikibarkan pada upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 mendatang.

3. Pengukuhan Paskibraka di IKN

Sebanyak 76 Paskibraka 2024 yang akan bertugas saat upacara HUT RI di IKN Kaltim telah tiba di Balikpapan, Jumat (9/8/2024). 

Kedatangan 76 Paskibraka 2024 di Balikpapan ini terbagi menjadi dua gelombang yakni pukul 14.30 Wita dan 17.00 Wita.

Pernyataan ini disampaikan Kepala Departemen Peningkatan Kompetensi Duta Pancasila Paskibraka Indonesia Pelaksana Pusat, Dede Sutrisna, kepada TribunKaltim.co.

Sementara, Mensesneg Pratikno menyebut upacara pengukuhan Paskibraka akan diselenggarakan di IKN.

4. Dua Paskibraka asal Kaltim

Ada 2 siswa asal Kalimantan Timur yang terpilih menjadi anggota Paskibraka Nasional 2024.

Mereka adalah Sunnu Wahyudi dan Livenia Evelyn Kurniawan.

Diketahui, Sunnu Wahyudi adalah siswa kelas 11 SMK Negeri 2 Sangatta Utara.

Sedangkan, Livenia Evelyn Kurniawan dari SMA Katolik Santo Fransiskus Asisi Samarinda.

Baca juga: Jatam Kaltim Sebut Upacara HUT RI di IKN di Tengah Krisis Lingkungan dan Sosial

5. Warga sekitar dilarang ikut upacara HUT RI di IKN

Diketahui tahun ini, upacara HUT RI akan digelar di dua lokasi yakni Istana Negara di IKN Kaltim dan Istana Merdeka di Jakarta.

Untuk upacara HUT RI di Istana Negara IKN Kaltim nantinya hanya untuk tamu undangan.

Masyarakat sekitar yang tidak mendapatkan undangan hanya diperkenankan nonton bareng atau nobar Upacara HUT RI. 

Pemerintah Provinsi Kaltim telah menyiapkan sejumlah lokasi untuk nobar Upacara HUT RI. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni mengatakan warga sekitar tidak diizinkan untuk mengikuti Upacara HUT ke-79 RI di IKN Kaltim.

Menurut Sri Wahyuni, hanya tokoh masyarakat Bumi Etam yang telah diundang yang bisa datang langsung ke upacara HUT RI di IKN Kaltim tersebut.

6. Pemprov siapkan nobar di sejumlah lokasi

Sri Wahyuni mengatakan, meski masyarakat umum tidak dapat masuk ke Istana Negara yang menjadi venue utama Upacara HUT RI di IKN Kaltim, namun kemeriahan tetap dapat dinikmati dari dekat.

“Sama seperti di Jakarta, penduduk di sana tidak semua bisa masuk ke Istana Negara, tapi bisa menyaksikan secara langsung (live streaming).

Nah, kita ajak masyarakat seperti itu,” ujarnya, selepas agenda Rapat Paripurna di Kantor DPRD Kaltim, Selasa (6/8/2024).

Masyarakat sekitar bisa menonton lewat live streaming, yang diadakan oleh pihak Pemprov yang bekerja sama dengan Kabupaten/Kota.

Rencananya live streaming itu akan digelar di Pentacity Kota Balikpapan dan Big Mall Kota Samarinda.

“Jadi ini juga acara untuk siswa dan mahasiswa bentuk edukasi tentang IKN, soal progresnya, lalu ada kuis-kuis, setelah itu baru nonton bareng upacara,” ungkapnya dikutip dari Tribunnews.

Baca juga: Sebagian Tamu Upacara HUT RI di IKN Menginap di Balikpapan, Prediksi Lonjakan Sampah Capai 2 Ton

7. Dinilai pencitraan

Dinamisator Jatam Kaltim, Mareta Sari menilai upacara di IKN lebih sebagai upaya pencitraan pemerintah, daripada perayaan kemerdekaan yang sesungguhnya.

“Upacara ini digelar di tengah krisis lingkungan dan sosial yang semakin parah di Kaltim maupun Sulteng,” ujarnya pada awak media. 

Kegiatan pertambangan bersifat ekstraktivisme mengubah bentangan alam, salah satu risikonya ialah bencana alam seperti banjir dan longsor.

Data yang dirilis Kantor Stasiun Pemantau Atmosfer Global Lore Lindu Bariri, Palu, Sulteng, Rabu 1 Mei 2024 lalu, menunjukkan bahwa partikel debu halus meningkat.

Pengukuran kualitas udara kala itu, menunjukkan peningkatan partikel debu halus PM2,5 atau yang berukuran lebih kecil dari 2,5 mikrometer  dengan nilai 69 µgram/m3 atau masuk kategori ‘tidak sehat’.

Nilai itu didapat dari pemantauan yang dilakukan pada pukul 14.48–14.58 Wita. 

Nilai PM2,5 itu jauh lebih tinggi dari nilai ambang normal bagi kesehatan yakni 15 µgram/m3.

Peningkatan partikel juga terjadi pada PM10 dengan nilai 46 µgram/m3.

Nilai itu meski disebut masih dalam kategori baik namun nilainya lebih tinggi dibanding hari-hari biasa. 

Nilai ambang batas PM10 sendiri yakni 40 µgram/m3.

Menurut SPAG Lore Lindu-Bariri, efek jangka pendek akibat PM2.5 yang diambang batas bisa memicu penyakit jantung, paru-paru, bronkitis, dan serangan asma. 

Bayi, anak-anak, dan orang dewasa yang lebih tua rentan terhadap dampak tersebut.

Sedangkan dampak kesehatan jangka pendek dari PM10 dapat memicu gangguan pernapasan seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). 

Kondisi ini diperparah dengan adanya kiriman partikel debu vulkanik akibat letusan Gunung Raung di Sulawesi Utara.

8. Bandara IKN batal difungsikan

Bandara IKN Kaltim tak bisa digunakan saat Upacara HUT RI 17 Agustus 2024. 

Lantaran pembangunan runaway bandara sepanjang 2.200 meter di IKN Kaltim ini belum selesai sepenuhnya.

Untuk runaway bandara di IKN Kaltim ini sementara baru bisa didarati untuk helikopter. 

Plt Kepala Otorita IKN (OIKN) Basuki Hadimuljono menyampaikan, hujan yang melanda wilayah IKN beberapa waktu lalu membuat pembangunan Bandara IKN belum bisa selesai sesuai target 17 Agustus.

Meskipun, saat ini pihaknya menerapkan teknologi modifikasi cuaca (TMC) di IKN sehingga sudah dua minggu tidak turun hujan.

“Namun demikian sampai dengan tanggal 14 (Agustus) nanti kira-kira yang tadinya (runaway) harus 2.200 (meter) mungkin masih kurang 300 (meter), sehingga masih belum bisa didarati pesawat tapi dengan helikopter sudah bisa,” jelas Basuki dalam Konferensi Pers Bulan Kemerdekaan pada Kamis (1/8/2024), dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Dengan kondisi demikian, lanjut Basuki, para tamu undangan dari Jakarta bisa menggunakan akses alternatif melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan di Balikpapan.

9. Pembangunan IKN dihentikan sementara

Pembangunan IKN di Kaltim yang dihentikan mulai 10 Agustus 2024 ini untuk memberi ruang bagi persiapan Upacara HUT Kemerdekaan RI.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan, proyek akan dihentikan pada 10 Agustus 2024.

“Insya Allah tanggal 10 (Agustus) lah kira-kira sudah kita hentikan,” kata Danis saat ditemui di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Jumat (5/7/2024).

Pekerjaan yang dihentikan khususnya yang berada di luar ruangan dan membutuhkan mobilisasi kendaraan dan alat berat.

Sementara pekerjaan yang bisa dilakukan di dalam ruangan dan tidak menganggu pelaksanaan upacara, maka akan tetap berjalan.

10. Jalan tol IKN dibuka khusus untuk tamu 

Jalan tol Ibu Kota Nusantara atau IKN Kaltim akan mulai dibuka, Sabtu (10/8/2024).

Namun pembukaan jalan tol IKN Kaltim ini bukan untuk masyarakat umum.

Pembukaan jalan tol IKN Kaltim mulai 10-18 Agustus 2024 hanya untuk acara yang terkait dan tamu-tamu undangan Upacara HUT RI di IKN Kaltim.

Ruas tol IKN itu mencakup Segmen 3A Karang Joang-KTT Kariangau, Segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung, dan Segmen 5A Sp Tempadung-Jembatan Pulau Balang. 

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga mengatakan, pengoperasional ruas Tol IKN ini akan diberlakukan hingga 24 jam. 

Namun, kata Danis, fungsional Tol IKN ini hanya bersifat sementara.

Ruas Tol IKN ini juga akan menunjang akses transportasi para tamu undangan yang akan menghadiri upacara HUT ke-79 RI di IKN.  

“Mulai besok sudah fungsional. Sementara sampai 18 Agustus.

Tamu undangan akan lewat akses dari Karang Joang-Kariangau,” ujar Danis, dalam kegiatan media site visit ke ibu kota baru, Jumat (9/8/2024). 

11. Anggaran membengkak karena upacara HUT RI di IKN

Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2024 di upacara HUT RI di IKN Kaltim menuai kritik. 

Kritik upacara HUT RI di IKN Kaltim ini terkait dengan biaya yang membengkak.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan peringatan upacara kemerdekaan setiap tahunnya dibiayai oleh negara.  

Pratikno membenarkan anggaran negara untuk pelaksanaan upacara bendera 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara akan mengalami pembengkakan.

“Ya, karena upacara sekarang itu, kan, diselenggarakan di dua tempat (Ibu Kota Nusantara dan Jakarta).

Tentu saja anggarannya lebih besar daripada sebelumnya, tetapi tidak signifikan,” ujar Pratikno di Kantor Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (6/8/2024) seperti dikutip TribunKaltim.co dari kompas.com.

Namun, belum diketahui pasti kenaikan anggaran pada pelaksanaan upacara tahun ini.

12. Jokowi nilai wajar anggaran upacara HUT RI bengkak

Presiden Jokowi anggap wajar jika upacara HUT RI di IKN Kalimantan Timur bikin anggaran naik.

Hal itu disebabkan karena penyelenggaraannya digelar di dua lokasi yakni Istana Kepresidenan Jakarta dan Istana Kepresidenan IKN, Kalimantan Timur.

 Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang mana HUT RI hanya digelar di satu lokasi yaitu Jakarta.

“Iya namanya dulu hanya di satu tempat.

 Ini karena ada transisi sehingga menjadi di dua tempat,” kata Jokowi usai menyerahkan SK TORA dan meninjau Expo Festival LIKE 2 DI JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (9/8/2024).

Meskipun demikian kata Jokowi, kenaikan anggaran tersebut tidak terlalu tinggi. ‘

Kenaikan anggaran yang terjadi masih tergolong biasa.

“Tapi kan bukan lompatan yang anu (tinggi). Saya kira anggaran biasa, wajar dan juga anggarannya di Kemensetneg,” pungkasnya.

Baca juga: Operasi Modifikasi Cuaca di Kaltim demi Percepatan Proyek IKN dan Persiapan Upacara HUT ke 79 RI

(TribunKaltim.co/Rita Lavenia/Mohammad Zein Rahmatullah/Mohammad Fairoussaniy/Ary Nindita-Tribunnews.com-kompas.com)

Ikuti berita populer lainnya di Google News Tribun Kaltim

Ikuti berita populer lainnya di saluran WhatsApp Tribun Kaltim

Leave a comment