Informasi Terpercaya Masa Kini

Respons Menlu Israel soal Hamas Tunjuk Yahya Sinwar Jadi Pemimpin Baru

0 9

Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, merespons penunjukan Yahya Sinwar sebagai pemimpin baru Hamas. Yahya menggantikan posisi Ismail Haniyeh yang terbunuh di Teheran pekan lalu.

“Penunjukan teroris Yahya Sinwar sebagai pemimpin baru Hamas, menggantikan Ismail Haniyeh, adalah satu lagi alasan kuat untuk segera melenyapkannya dan menghapus organisasi keji ini dari muka bumi,” kata Israel Katz dalam sebuah pernyataan di X, dikutip dari AFP, Rabu (7/8).

Adapun penunjukan Sinwar tersebut dilakukan pada Selasa (6/8). “Gerakan Perlawanan Islam Hamas mengumumkan terpilihnya pemimpin Yahya Sinwar sebagai kepala biro politik,” demikian pernyataan dari Hamas.

Kabar penunjukan Sinwar sebagai pemimpin Hamas juga dilaporkan oleh Aljazeera. Keputusan tersebut menyusul pembunuhan Ismail Haniyeh di Teheran pada 31 Juli 2024.

Menurut lembaga penelitian European Council on Foreign Relations, Sinwar adalah tokoh kunci yang menghubungkan Hamas dengan sayap bersenjatanya saat ini, Brigade Izzuddin al-Qassam.

Brigade Izzuddin al-Qassam adalah pasukan yang mengambil peran besar dalam serangan ke Israel 7 Oktober 2023. Mereka menerobos dinding perbatasan dan menyusup ke wilayah Israel dengan paralayang.

Serangan bersejarah ke wilayah selatan Israel itu menewaskan lebih dari 1.400 warga setempat maupun asing. Serangan disebut-sebut didalangi oleh dua petinggi Hamas, Sinwar dan Mohammed Deif.

Leave a comment