Informasi Terpercaya Masa Kini

Monster Gulat Kuba Bikin Sejarah, Jadi Satu-satunya Peraih Medali Emas di 5 Olimpiade Beruntun

0 10

BOLASPORT.COM – Sejarah tercipta pada hari ke-14 Olimpiade 2024 di Paris saat muncul orang pertama yang mampu memenangi 5 medali emas dari satu ajang individual yang sama.

Karena melakukannya di cabang olahraga dan nomor yang sama, berarti atlet ini merebut medali emas dalam 5 edisi Olimpiade yang berbeda.

Sampai sekarang, Michael Phelps tercatat sebagai peraih medali emas Olimpiade terbanyak dengan jumlah 23 buah.

Namun, Phelps hanya meraih medali emas dalam 4 edisi Olimpiade yang berbeda yakni pada 2004, 2008, 2012, dan 2016.

Faktanya, sebelum Olimpiade 2024, rekor terbanyak untuk kesuksesan meraih medali emas di nomor perseorangan yang sama hanya tercatat sampai 4 kali.

Hanya 7 orang yang tercatat mampu memenangi medali emas di nomor dan cabang yang sama dari 4 edisi Olimpiade yang berbeda.

Mereka adalah Paul Elvstrom (Denmark) di nomor firefly/finn cabang layar, Al Oerter (Amerika Serikat) di nomor lempar cakram cabang atletik, Carl Lewis (AS) di nomor lompat tinggi cabang atletik, dan Phelps (AS) di nomor 200 meter gaya ganti perseorangan cabang renang.

Juga ada Vincent Hancock (AS) di nomor skeet cabang menembak, Katie Ledecky (AS) di nomor 800 gaya bebas cabang renang, dan Mijain Lopez (Kuba) di nomor 120/130 kg cabang gulat Greco-Roman.

Adalah nama terakhir yang baru saja membuat sejarah di Olimpiade 2024.

Mijain Lopez meraih medali emas nomor 130 kg cabang gulat Greco-Roman setelah mengalahkan Yasmani Acosta (Cile) pada laga final, Selasa (6/8/2024) di Grand Palis Ephemere. Paris.

Untuk ke-5 kalinya secara berturut-turut, atlet gulat berumur 41 tahun itu sukses meraih medali emas Olimpiade di cabang gulat Greco-Roman nomor 120/130 kg.

Sebelumnya, Lopez juga meraih podium tertinggi di Olimpiade 2018, 2012, 2016, dan 2020.

Lopez menjadi atlet pertama yang mampu melakukan hal tersebut di semua cabang olahraga Olimpiade baik musim panas maupun musim dingin.

Dengan kemenangan Lopez, Kuba pun meraih medali emas pertamanya di Olimpiade 2024.

Setelah penampilan dominannya dengan merebut medali emas Olimpiade ke-5 secara beruntun, Mijain Lopez mengumumkan dirinya pensiun.

“Saya akan pensiun, ini sudah selesai,” kata Lopez seperti dikutip dari Sportingnews.

“Kita perlu menyediakan ruang untuk mereka yang datang ke olahraga ini.”

“Buat saya, gulat adalah cinta dalam kehidupan saya, sepanjang kehidupan saya,” pungkasnya.

Leave a comment