Informasi Terpercaya Masa Kini

Media China Tak Menyangka dengan Target Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia

0 4

SUPERBALL.ID – Media China dibuat terkejut dengan target Timnas Indonesia di ajang putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Berdasarkan hasil drawing atau pengundian grup yang diselenggarakan Juni lalu di Kuala Lumpur, Malaysia, Timnas Indonesia tergabung di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Grup A dihuni oleh Timnas Iran, Qatar, Uzbekistan, Uni Emirat Arab, Kirgistan, dan Korea Utara.

Sedangkan Grup B berisikan Timnas Korea Selatan, Irak, Yordania, Oman, Palestina, dan Kuwait.

Putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dijadwalkan bergulir mulai 5 September 2024 hingga 10 Juni 2025.

Nantinya, tim yang berhasil finis di posisi dua teratas klasemen masing-masing grup otomatis mendapatkan tiket langsung ke Piala Dunia 2026.

Sedangkan tim yang berakhir di posisi ketiga dan keempat klasemen akan melaju ke fase putaran kualifikasi berikutnya.

Baca Juga: Jadwal ASEAN Cup 2024 Berubah, Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia Jadi Tim Paling Diuntungkan

Sebagai informasi, Timnas Indonesia merupakan satu-satunya wakil negara Asia Tenggara yang melaju hingga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Hadir sebagai tim non unggulan, Skuad Garuda menghadapi ujian sangat berat di Grup C karena harus berhadapan dengan sang Raja Asia, Timnas Jepang.

Meski demikian, Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan pesan kepada seluruh anggota Timnas Indonesia untuk tidak takut menghadapi setiap lawan yang akan dihadapi.

Menurutnya, nasib apapun bisa terjadi dalam dunia sepak bola.

“Harus diakui kita berada di grup yang berat,” ujar Erick Thohir sebagaimana dikutip SuperBall.id dari laman resmi PSSI.

“Cuma saya minta kepada pelatih dan timnas kita agar jangan kasih kendur.”

“Ingat, bola itu bundar dan banyak sejarah bagaimana tim tidak diunggulkan bisa buat kejutan.”

“Lihat saja di Piala Eropa 2024 ini, bagaimana kiprah Austria atau Georgia. Jadi tetap melawan walau di grup berat.”

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong telah menetapkan targetnya untuk ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Juru taktik asal Korea Selatan itu merasa finis di posisi tiga atau empat klasemen Grup C adalah hasil realistis yang mampu diraih oleh Skuad Garuda.

Apabila skenario itu terwujud, Timnas Indonesia diharapkan bisa meraih tiket Piala Dunia 2026 pada fase kualifikasi berikutnya.

“Jujur, di grup kami Jepang dan Australia memiliki peluang tertinggi untuk lolos,” kata Shin Tae-yong.

“Target saya adalah mencapai posisi ketiga atau empat.”

“Akan bagus jika bisa mendapatkan dua tiket (otomatis), jika tidak kami akan bermain di play-off dengan tiket 0.5.”

Target yang diusung Shin Tae-yong tersebut rupanya telah membuat media China (163.com) terkejut.

Laporan media tersebut menyebut bahwa Timnas China menargetkan posisi empat klasemen Grup C yang dirasa cukup realistis.

“Meski kemungkinan Timnas China lolos ke putaran final Piala Dunia sangat kecil, namun kami tetap memasang target lolos ke Piala Dunia.”

“Tujuan yang lebih masuk akal bagi kami adalah melaju ke posisi 4 besar untuk mempertahankan harapan lolos, jadi Indonesia dan Bahrain adalah lawan yang harus kita lewati.”

Namun, media tersebut tidak menyangka bahwa Timnas Indonesia justru memasang target yang lebih tinggi.

Padahal berdasarkan ranking FIFA, Timnas China yang berada di peringkat 87 dunia jauh lebih unggul atas Timnas Indonesia (peringkat 133).

“Indonesia juga baru-baru ini mengumumkan targetnya sendiri,” tulis 163.com dalam laporannya.

“Tak disangka, meski berada di posisi ke-6, mereka memasang target lebih tinggi dari kita.”

“Jika Indonesia ingin menduduki peringkat ketiga grup, mereka harus melampaui salah satu dari tiga tim kuat (Jepang, Australia atau Arab Saudi).”

Meski terkejut dengan target yang ingin dicapai Timnas Indonesia, media tersebut mengakui kualitas yang dimiliki Skuad Garuda saat ini.

“Tanpa disadari, perkembangan tim Indonesia yang begitu pesat dalam empat tahun terakhir tentu saja berkah naturalisasi menjadi alasan utama kebangkitan mereka,” tulis 163.com dalam laporannya.

“Apa pun alasannya, merupakan fakta yang tak terbantahkan bahwa Timnas China telah dikejar atau bahkan disalip oleh Timnas Indonesia.”

“Namun sejauh mana perkembangan sepak bola Indonesia? Mari kita lihat konfrontasi langsung antara kedua tim di Qingdao pada laga keempat Grup C.”

“Pertandingan ini akan menentukan siapa yang dapat mencapai tujuan mereka.”

Leave a comment