Informasi Terpercaya Masa Kini

Jelang Pindah ke IKN, TNI AU Siapkan Lanud Dhomber Balikpapan sebagai Mabes Sementara

0 8

JAKARTA, KOMPAS.com – TNI Angkatan Udara (AU) menyiapkan Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Dombher Balikpapan sebagai Markas Besar TNI AU (Mabes TNI AU) sementara menjelang pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Secara fisik bangunan untuk Mabes TNI AU memang belum dibangun (di IKN), tapi kami menyiapkan lanud terdekat di Dhomber Balikpapan,” ujar Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal Mohamad Tonny Harjono di Gedung Puri Ardhya Garini, Jakarta Timur, Kamis (1/8/2024).

KSAU Tonny mengatakan, sarana prasarana yang disiapkan di Lanud Dhomber seperti kantor pimpinan, rumah, hingga mes anggota TNI AU.

Baca juga: Kawasan Istana IKN Beres Dibangun, Siap Gelar Upacara Kemerdekaan

“Tempat kerja anggota, termasuk kru kalau ada penugasan di sana. Kami sudah siapkan agar bisa menampung anggota yang dinas di sana,” ucap Tonny.

Di sisi lain, TNI AU juga mempersiapkan flypast atau demo udara saat peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-79 RI di IKN, 17 Agustus mendatang.

Ia menyebutkan, para personel hingga alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang akan tampil disiapkan dari Lanur Dhomber.

“Apa saja yang dilibatkan di upacara 17 Agustus? TNI AU diminta selain pasukan, untuk memeriahkan dengan demo udara,” kata Tonny.

Baca juga: Saat 17 Agustus 2024, Bandara IKN Hanya Bisa Didarati Helikopter

“Sesuai permintaan terakhir, menampilkan flypast (jet tempur) F-16, dilibatkan dengan Jupiter Aerobatic Team (JAT). Hanya memang waktu yang disiapkan terbatas, kami sesuaikan, kalau enggak salah 4-5 menit. Di waktu itulah kami lakukan demo udara,” ucap KSAU.

Adapun Tonny telah meninjau Lanud Dhomber pada Minggu (21/7/2024) menjelang HUT ke-79 RI di IKN.

Tonny juga meninjau kesiapan infrastruktur dan sarana prasarana Mabes TNI AU sementara yang dibangun di Lanud Dhomber, menjelang perpindahan Mabes TNI AU ke IKN.

Leave a comment