Informasi Terpercaya Masa Kini

7 Rekomendasi Bisnis Untuk Pensiunan, Bisa Dapat Cuan di Rumah Aja

0 8

Bisnis.com, JAKARTA – Pensiun dari pekerjaan, banyak membuat orang merasa jenuh karena kehilangan aktivitas hariannya. Apalagi jika mereka terbiasa bekerja selama bertahun-tahun.

Salah satu cara agar Anda tidak bosan dan tetap aktif terutama mendapatkan cuan pasca pensiun adalah memulai usaha sendiri.

Ada beragam jenis bisnis yang bisa Anda geluti jika Anda ingin menjadi pengusaha pasca pensiun.

Baca Juga : Pasti Cuan, 10 Ide Bisnis dan Peluang Bisnis Online yang Menguntungkan

Dilansir dari Business.com, ini alasan berbisnis pasca pensiun baik bagi Anda 1. Menjadi atasan diri sendiri

Sebagai wirausahawan, Anda dapat mengatur waktu, manajemen staf, dan menjaga alur kerja sesuai apa yang terbaik menurut Anda.

2. Melakukan hobi Anda secara penuh waktu

Kebanyakan bisnis pensiunan merupakan hasil dari hobi. Anda dapat melakukan hobi dan mendapat uang di saat yang sama.

Baca Juga : : Peluang Bisnis MICE Merekah di Kaltim Imbas IKN Nusantara

3. Belajar hal baru

Dalam menjalani bisnis sendiri, selalu ada hal baru yang akan Anda pelajari.

Walaupun memulai suatu bisnis pasti ada hambatannya, namun kemungkinan Anda beruntung lebih besar. Menurut NewRetirement, sebagian besar wirausahawan berada pada kelompok usia 55–64 tahun.

Baca Juga : : Peluang Bisnis Barbershop Ixobox dan Seriouscut, Modal Mulai Rp90 juta

Kesuksesan yang datang di usia tua merupakan hal yang umum ditemukan. Hal ini karena beberapa hal yang dimiliki pensiunan, namun tidak dimiliki pekerja muda. Antara lain, koneksi yang luas, pengalaman puluhan tahun dalam dunia kerja, dan kepercayaan diri yang didapat dari pengalaman tersebut.

Berikut ragam bisnis untuk pensiunan yang bisa Anda geluti 1. Bisnis sesuai hobi

Cari tahu mengenai hal-hal yang membuat Anda senang, dan Anda kuasai di saat yang sama. Misalnya, Anda suka melakukan aktivitas outdoor–buka penyewaan alat untuk mendaki gunung.

2. Konsultan

Konsultan di bidang apapun cocok untuk orang di atas 50 tahun yang telah menjalani kehidupan. Apabila Anda telah mencapai kesuksesan, memiliki gelar, dan senang membantu orang, pekerjaan ini bisa jadi cocok untuk Anda.

Sesuaikan peran konsultan ini dengan spesialisasi bidang atau skill yang digunakan selama bekerja. Menurut Robert Half dilansir dari NewRetirement, pekerjaan konsultan dengan demand tertinggi yakni finansial/akuntansi, sistem bisnis, pajak, mitigasi risiko, dan optimisasi.

3. Pemilik kost

Real estate merupakan salah satu investasi yang paling sering dimiliki pensiunan. Dengan modal besar di awal dan perawatan yang baik, memiliki dan mengelola kost dapat memberi Anda pemasukan pasif yang stabil.

4. Membeli franchise

Franchise menjadi pilihan yang menggiurkan bagi pensiunan. Terdapat franchisor yang mengajarkan Anda dalam membeli franchise, dan Anda mendapatkan passive income dengan mudah.

Di Indonesia, banyaknya chain kafe dan restoran baru membuat bisnis franchise menjadi semakin mudah. Dalam jangkauan Rp5–200 juta, Anda dapat mulai memiliki franchise.

5. Menjadi angel investor

Angel investor atau investor suatu startup dengan balasan royalti atau ekuitas kepemilikan, merupakan salah satu cara berbisnis yang menarik. Hal ini cocok untuk Anda apabila Anda suka membantu perusahaan kecil, dan memiliki uang yang cukup.

6. Reseller

Barang yang dibeli dan dijual kembali secara online dengan modifikasi, merupakan salah satu cara berbisnis di usia tua. Apabila Anda memiliki kemampuan thrifting, terampil, dan dapat mencari diskon dengan baik, bisnis ini bisa jadi cocok untuk Anda.

7. Life coach/mentor

Orang dewasa muda cenderung terlihat percaya diri, namun banyak keraguan dalam diri mereka. Apabila Anda telah menemukan kepercayaan diri tersebut dan berbakat dalam memberi saran, Anda dapat mempertimbangkan menjadi mentor.

Anda yang suka membantu orang lain, telah menjalani kesulitan hidup, mungkin saja dapat mempermudah orang lain dalam menavigasi segala aspek kehidupannya–tidak hanya dalam bidang profesional. (Ilma Rayhana)

Leave a comment