Informasi Terpercaya Masa Kini

Anies Baswedan Ungkap soal Cawagub yang Bakal Mendampinginya di Pilgub Jakarta

0 8

TEMPO.CO, Jakarta – Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan buka suara terkait calon wakil gubernur (cawagub) yang bakal mendampinginya di Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jakarta 2024. Anies menyebutkan, dia tidak dapat memutuskan sendiri.

“Terkait dengan pasangan, itu semua tentu akan kita bahas bersama-sama agar bisa menjadi kesepakatan, sehingga pasangan itu memperkuat kebersamaan semua pengusung,” kata Anies saat ditemui selepas menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional IV Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional (IKPN) di Kompleks Kementerian Pertahanan, Jakarta, Sabtu, 27 Juli 2024.

Anies awalnya menanggapi pernyataan Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto yang mengatakan partainya akan segera menerbitkan surat keputusan untuk mendukung Anies jika bersedia berpasangan dengan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN Zita Anjani di Pilgub Jakarta 2024.

Anies mengucapkan terima kasih atas tawaran PAN dan akan membahasnya.

“Ya, saya berterima kasih kepada PAN, Pak Zulkifli Hasan atas kepercayaannya, karena ketika itu disampaikan, berarti beliau memberikan kepercayaan, mempercayai untuk bersama-sama memajukan Jakarta lewat pilkada. Jadi itu sebuah amanat yang saya syukuri, hormati,” kata Anies.

Sebelumnya, Yandri menyatakan partainya siap mengusung Anies sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Jakarta, dengan syarat calon wakil gubernurnya harus dari PAN, yaitu Zita Anjani.

“PAN tidak menutup kemungkinan bisa bergabung juga dengan Anies. Tetapi dengan syarat wakilnya dari PAN, Zita Anjani,” kata Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 26 Juli 2024.

Menurut ia, pengusungan bakal calon kepala daerah merupakan hak dari masing-masing partai politik. Jika belum ada titik temu mengenai hal itu, PAN kemungkinan akan mengusung calon alternatif lainnya, seperti Jusuf Hamka atau Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, karena Pilgub Jakarta akan sangat dinamis.

“Dan siapa pun yang maju, menurut saya, semua punya peluang untuk menang,” katanya.

Untuk itu, Yandri juga mengapresiasi keputusan Partai Nasdem yang telah menyatakan dukungannya kepada Anies pada Pilgub Jakarta dan menilai Anies memiliki peluang menang.

Jika Anies setuju berdampingan dengan Zita, dia memastikan surat keputusan dari PAN akan langsung diberikan dan menggelar deklarasi dukungan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu. “Intinya kalau PAN, kalau Anies ambil Zita, dalam hitungan jam SK keluar,” katanya.

Diketahui, dalam bursa cawagub pendamping Anies, ada nama Sohibul Iman yang yang diusulkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk mendampinginya.

Adapun Anies saat ini telah mengantongi dukungan dari Nasdem dan PKS. Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jakarta juga mendukung Anies, tetapi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB belum secara resmi mengumumkan calon yang mereka dukung di Pilgub Jakarta 2024.

Pilihan Editor: Respons Anies Baswedan Soal Syarat yang Diajukan PAN di Pilgub Jakarta

Leave a comment