Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Cara Mencuci Spons Cuci Piring, Bisa Pakai Cuka

0 9

JAKARTA, KOMPAS.com – Spons cuci piring menjadi salah satu benda paling kotor yang ada di dapur. Spons menjadi tempat berkembang biaknya bakteri karena berpori dan lembap. 

Oleh karena itu, spons perlu rutin dibersihkan agar lebih awet dan tidak menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. 

Baca juga: Cara Membersihkan Spons Cuci Piring agar Tak Bau, Pakai Garam dan Cuka

Cara membersihkan spons cuci piring sebenarnya tidak sulit. Ada beberapa metode yang dapat dipilih untuk membersihkan spons. 

Dikutip dari The Spruce, Minggu (28/7/2024), berikut ini cara mencuci spons cuci piring dengan benar. 

Seberapa sering spons cuci piring perlu dibersihkan?

Frekuensi membersihkan spons disesuaikan dengan seberapa sering spons digunakan. Semakin sering spons digunakan, maka semakin sering spons perlu dibersihkan. 

Namun, perlu diketahui bahwa membersihkan spons tidak akan menghilangkan semua bakteri, hanya akan mengurangi mikroorganisme di dalam spons tersebut. Dengan rutin membersihkannya, maka penyebaran bakteri bisa dicegah. 

Baca juga: Simak, Tanda-tanda Harus Mengganti Spons Cuci Piring

Cara membersihkan spons menggunakan microwave

Siapa sangka, ternyata spons bisa dibersihkan menggunakan microwave. Sebelum dimasukkan ke dalam microwave, spons perlu dibasahi terlebih dahulu dengan air bersih. 

Setelah itu, letakkan spons dalam wadah tahan microwave. Selanjutnya, panaskan spons dalam microwave selama kurang lebih satu menit dengan pengaturan suhu paling tinggi. 

Diamkan spons di dalam microwave selama 10 menit agar uapnya membunuh bakteri yang tersisa. Keluarkan spons dari microwave, peras sisa air dan biarkan spons kering. 

Baca juga: Mudah, 4 Cara Membuat Spons Cuci Piring Tahan Lama

Cara mencuci spons di dalam mesin pencuci piring

Selain dibersihkan menggunakan microwave, spons dapur juga bisa dicuci dalam mesin pencuci piring. Letakkan spons di rak atas mesin pencuci piring. 

Berikutnya, jalankan siklus sanitasi dan pengeringan panas pada mesin pencuci piring. Keluarkan spons dari mesin pencuci piring dan peras sisa airnya. Biarkan spons hingga kering. 

Membersihkan spons cuci piring dengan air mendidih

Spons cuci piring juga bisa dibersihkan menggunakan air mendidih. Caranya, didihkan air dalam panci 

Lalu, masukkan spons ke dalam panci. Gunakan sendok atau spatula untuk memastikan spons terendam sepenuhnya. 

Rebus spons selama lima hingga tujuh menit. Angkat panci dari kompor, kemudian biarkan air dan spons dingin sepenuhnya. Keluarkan spons dari air dan peras. Lalu, biarkan spons kering. 

Baca juga: Cara Mencegah Spons Cuci Piring Jadi Sarang Bakteri

Cara mencuci spons cuci piring menggunakan cuka

Isi wadah kecil dengan cuka putih, kemudian rendam spons dalam baskom selama kurang lebih lima menit. 

Angkat spons dan peras cuka. Bilas spons dengan air hangat. Lalu, peras spons dan biarkan spons kering sebelum digunakan lagi. 

Cara membersihkan spons dengan pemutih

Larutan pemutih juga bisa digunakan untuk membersihkan spons cuci piring. Larutan pemutih bisa mengurangi bakteri pada spons. 

Caranya, isi wadah kecil dengan larutan pemutih dan air. Setelah itu, rendam spons dalam larutan selama kurang lebih lima menit. 

Angkat spons dan peras larutan pemutih yang tersisa. Bilas spons dengan air hangat, kemudian peras spons dan biarkan kering. 

Leave a comment