Informasi Terpercaya Masa Kini

Kini Anda Bisa Mengkustomisasi AI Gemini dengan Fitur Terbaru Gems

0 4

Google baru saja meluncurkan fitur terbaru  Gemini yaitu “Gems” yang memungkinkan pengguna membuat chatbot kustom dengan kepribadian dan kemampuan yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Dengan Gems, pengguna dapat menciptakan asisten virtual yang bisa berperan sebagai teman gym, mitra memasak, atau editor tulisan.

Untuk membuat Gem, pengguna cukup memberikan instruksi kepada Gemini mengenai fungsi dan cara interaksi yang diinginkan. Misalnya, pengguna bisa membuat pelatih lari yang memberikan jadwal harian dengan nada ceria dan penuh motivasi. Dalam satu klik, Gemini akan mengonversi deskripsi tersebut menjadi Gem yang siap digunakan.

Konsep itu pertama kali diperkenalkan oleh Google pada acara I/O di bulan Mei dan sekarang fitur ini akan segera tersedia untuk pengguna Gemini Advanced. Fitur ini serupa dengan GPT Store dari OpenAI, di mana pengguna dapat membuat dan membagikan chatbot yang telah mereka kustomisasi. Google juga menyediakan beberapa Gem siap pakai, seperti pelatih belajar, pemandu karier, dan mitra coding.

Gems akan tersedia di lebih dari 150 negara dalam berbagai bahasa untuk perangkat mobile dan desktop. Langkah itu menunjukkan komitmen Google untuk memberikan lebih banyak opsi kepada pengguna dalam memanfaatkan AI sesuai dengan kebutuhan mereka. Gemini Advanced tersedia dengan biaya langganan sebesar Rp309 ribu per bulan di Indonesia.

Fitur Gemini Live

Google memperkenalkan asisten AI Gemini Live yang memungkinkan pengguna saling mengobrol dalam acara Made by Google. Sebelumnya, Google memperkenalkan Gemini Live pada I/O 2024, Mei. Tidak semua orang dapat mengakses Gemini Live karena fitur ini hanya tersedia pada Gemini Advanced, versi berbayar dari AI Google.

Amar Subramanya (VP of Engineering di Google, Gemini Live) mengatakan Gemini Live akan tersedia bagi semua pengguna Gemini Advanced di berbagai perangkat Android. Peluncuran ini mungkin memerlukan waktu satu atau dua pekan untuk sepenuhnya selesai. 

“Gemini Live hanya akan mendukung Bahasa Inggris, dengan rencana penambahan bahasa lain segera menyusul,” katanya.

Gemini Live merupakan terobosan besar dalam teknologi asisten AI karena memungkinkan pengguna untuk melakukan percakapan yang lebih alami, bukan sekadar interaksi tanya jawab seperti sebelumnya. Dalam sesi demonstrasi, Amar memperlihatkan bagaimana Gemini Live dapat berbicara langsung dengan peserta yang hadir secara virtual. Amar juga menunjukkan bahwa Gemini dapat merespons secara fleksibel, berhenti berbicara saat disela, dan mendengarkan dengan baik.

Amar menjelaskan bahwa interaksi dengan Gemini Live terasa lebih alami dan mengalir, dibandingkan dengan cara berbicara yang bergiliran. Dia juga menyebutkan bahwa saat ini Gemini Live hanya mendukung input dan output suara, namun Google sedang mengembangkan kemampuan visual untuk asisten AI ini. Versi awal Gemini Live menyediakan delapan pilihan suara yang dapat dipilih pengguna. Pengguna ponsel Android saat ini dapat mengakses Gemini secara gratis, namun untuk menggunakan Gemini Advanced, mereka perlu berlangganan dengan biaya Rp309 ribu per bulan.

Keutamaan Gemini AI

Google Cloud juga memasukkan kemampuan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan generatif ke dalam penawaran cloud datanya dan mematangkan kemampuan AI generatifnya hingga tersedia secara umum. Hal itu untuk membantu customer mempercepat perjalanan data-ke-AI yang multimoda, multi-engine, dan multi-cloud mereka.

Gemini di BigQuery menghadirkan pengalaman bertenaga AI seperti persiapan data, eksplorasi dan analisis, tata kelola dan keamanan di seluruh perjalanan data, serta rekomendasi cerdas untuk meningkatkan produktivitas pengguna dan mengoptimalkan biaya. Saat ini Google Cloud sedang mematangkan kemampuan yang diumumkan dalam Pratinjau di Next’24. Fitur-fitur Gemini di BigQuery kini berpindah ke ketersediaan umum, termasuk bantuan kode untuk SQL dan Python, kanvas data , serta rekomendasi partisi dan pengelompokan.

Penyedia teknologi finansial Indonesia Julo menggunakan Gemini di BigQuery untuk membantu meningkatkan efisiensi mereka saat membuat template SQL, memberikan alur kerja yang lebih baik.

 “Gemini di BigQuery telah mengubah proses pembuatan kueri kami. Integrasi ke BigQuery memudahkan pembuatan template SQL dan telah membantu meningkatkan efisiensi rekayasa label dan fitur kami, termasuk kueri pemantauan model pembelajaran mesin yang penting. Kemampuan Gemini untuk memahami struktur data yang kompleks dan memberikan pertanyaan yang akurat telah membuat alur kerja kami lebih lancar dan lebih cepat dari sebelumnya.” – Martijn Wieriks, Chief Data Officer, Julo.

Wunderkind, solusi pemasaran kinerja global, menggunakan kanvas data dengan Gemini di BigQuery untuk investigasi dan eksplorasi guna membantu menyederhanakan visibilitas ke dalam kueri, menghemat waktu dan kapasitas tim data. 

“Untuk segala jenis investigasi atau latihan eksplorasi yang Anda tahu akan menghasilkan banyak pertanyaan, sebenarnya tidak ada penggantinya. “Ini menghemat banyak waktu dan kapasitas mental kami” – Scott Schaen, VP Analisis, Wunderkind.

Dengan Gemini di Looker, berbagai kemampuan seperti bantuan rumus dan pembuatan slide , yang kini tersedia dalam pratinjau, para staf informasi dapat berdiskusi dengan data mereka. Sekarang Anda dapat membuat kolom kalkulasi secara cepat tanpa harus mengingat rumus yang rumit. Pembuatan slide otomatis menciptakan presentasi yang berdampak dengan ringkasan teks yang mendalam tentang data Anda.

Macquarie Bank berkolaborasi dengan Google Cloud dalam gelombang layanan perbankan digital berikutnya untuk customer mereka di Australia. Dengan menyatukan semua datanya, mereka telah mempermudah koneksi dengan teknologi AI terkini — termasuk AI generasi berikutnya — untuk memungkinkan skalabilitas dan membangun cara baru bagi nasabah untuk berinteraksi dengan layanan keuangannya.

“Deutsche Telekom membangun platform data yang dapat diskalakan secara horizontal dengan cara inovatif yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis kami saat ini dan masa depan. Dengan BigQuery di pusat Ekosistem Satu Data perusahaan kami, kami menciptakan pendekatan terpadu untuk mempertahankan satu sumber kebenaran sekaligus mendorong penggunaan data yang terdesentralisasi di seluruh tim data kami,” kata Ashutosh Mishra, VP Arsitektur Data, Deutsche Telekom

Baca Juga: Punya AI, iPhone 16 Series Diprediksi Lebih Laris Dibanding iPhone 15

Leave a comment