Informasi Terpercaya Masa Kini

Retno Bongkar Kenapa Netanyahu Tak Sebut Palestina saat Sidang Majelis Umum PBB

0 2

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi membongkar alasan di balik kenapa Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, tak menyebut Palestina di Sidang Majelis Umum PBB pekan lalu.

Retno menyebut, pada Sidang Majelis Umum PBB Palestina menjadi isu utama. Akan tetapi Netanyahu sama sekali tak mau menyinggung nama Palestina. Padahal Israel sudah hampir setahun menyerang wilayah Gaza di Palestina.

“Dalam pidato di depan Sidang Majelis Umum PBB kemarin, Perdana Menteri Netanyahu sama sekali tidak menyebut Palestina. Tidak disebutkannya Palestina di dalam pidato tersebut bukan tanpa maksud. Maksudnya adalah jelas, yaitu menghilangkan Palestina,” ujar Retno dalam sambutannya usai menerima penghargaan dari MUI, di Hotel Sahid, Jakarta Pusat, Kamis (3/10).

“Menghilangkan hak-hak Palestina dan menihilkan harapan kemerdekaan Palestina dan solusi dua negara,” jelas Retno.

Retno menyebut, kendati Israel berupaya menghilangkan hak-hak Palestina Indonesia akan selalu memperjuangkan agar Palestina mendapatkan pengakuan dari negara-negara lain.

Ia menekankan bahwa lewat perjuangan itu, Indonesia ingin semua negara dapat mengakui Palestina.

“Pengakuan ini akan menempatkan Palestina dalam posisi sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Pengakuan ini akan memberikan harapan bagi bangsa Palestina,” ucap dia.

“Dan pengakuan ini juga merupakan cara menekan kepada Israel agar segera menghentikan kekejamannya terhadap bangsa Palestina. Indonesia berharap semua negara untuk mengenali negara Palestina,” tandasnya.

Retno juga menyinggung bahwa perjuangan Palestina untuk mendapatkan pengakuan kemerdekaan dari negara lain masih panjang.

“Perjalanan bangsa Palestina untuk mendapatkan hak-haknya masih akan panjang. Kemerdekaan Palestina, upaya membela kebenaran serta keadilan, memerlukan dukungan negara-negara seperti Indonesia yang secara konsisten berani mengatakan yang benar adalah benar dan yang salah adalah salah,” pungkasnya.

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menyatakan di hadapan Majelis Umum PBB bahwa Israel akan terus melancarkan serangan terhadap Gaza dan Lebanon hingga mencapai kemenangan penuh.

Aksi walk out pun mewarnai sesi tersebut. Beberapa delegasi, termasuk dari Indonesia, memilih meninggalkan ruangan saat Netanyahu hendak bicara di mimbar.

Leave a comment