Informasi Terpercaya Masa Kini

Hasil ASEAN Cup U-19 2024 – Gol Bunuh Diri Pemain Australia Loloskan Thailand ke Final

0 4

BOLASPORT.COM – Thailand U-19 berhasil mengalahkan Australia 1-0 dalam laga semifinal ASEAN Cup U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (27/7/2024).

Thailand sukses raih kemenangan melalui gol bunuh diri yang dicetak bek Australia Dylan Paul Leonard pada menit ke-13.

Dengan skor ini, Thailand memastikan diri lolos ke babak final ASEAN Cup U-19 2024.

Jalannya Pertandingan

Thailand pada menit-menit awal sebenarnya mencoba untuk memimpin pertandingan terlebih dahulu.

Akan tetapi, hal itu tak dibiarkan oleh para pemain Australia, sehingga tim asal Kangguru itu berhasil memainkan bola dengan baik.

Mereka bahkan baru memasuki menit ke-5 langsung mencoba memberi ancaman melalui tendangan bebas hingga penjuru.

Akan tetapi, peluang tersebut tak ada yang mampu memberi ancaman ke gawang Thailand.

Tim asuhan Trevor Morgan ini sebenarnya tampil cukup bagu dengan menguasai permainan hingga memasuki menit ke-9.

Namun, Thailand pun tak lelah berusaha menekan pertahanan Australia, sehingga gol tak terduga tercipta untuk tim Gajah Perang.

Pada menit ke-13, Thailand berhasil memimpin menjadi 1-0 melalui gol bunuh diri yang dicetak oleh Dylan Paul Leonard yang sebenarnya mencoba memberikan bola ke Dylan Peraic Cullen.

Baca Juga: ASEAN Cup U-19 2024 – Pelatih Australia Sebut Timnya Beruntung Jelang Lawan Thailand, Ini Alasannya

Namun, Dylan Cullen yang mencoba mengontrol bola dengan kakinya malah gagal, sehingga bola langsung bersarang ke gawang Australia.

Tentu saja ini gol tak terduga, bahkan bisa dikatakan ini sebagai gol give away dari Australia untuk Thailand, karena bola langsung bersarang ke gawang tanpa kesulitan.

Gol tak terduga itu tentu disambut baik oleh para pemain Thailand, karena mereka mampu memimpin lebih cepat melalui gol give away.

Thailand hingga memasuki menit ke-17 ini sebenarnya masih berusaha memainkan bola dipertahanan Australia.

Akan tetapi, mereka cukup kesulitan membobol pertahanan rapat Australia.

Mereka tak menyerah dan akhirnya mendapatkan peluang emas melalui tendangan penjuru pertama mereka pada menit ke-21.

Australia hingga memasuki menit ke-27, sebenarnya mereka mampu menguasai permainan, tetapi mereka masih cukup kesulitan membobol pertahanan rapat Thailand.

Oleh karena itu, Thailand justru beberapa kali yang mencoba memberi ancaman ke gawang Australia melalui serangan rapi yang ditunjukkan oleh tim Gajah Perang tersebut.

Australia mencoba untuk menyamakan kedudukan dengan menekan terus menerus, akhirnya mereka mendapatkan peluang melalui pemain Thailand yang melanggar di kotak penalti.

Namun, situasi itu membuat wasit pun mengecek Video Assistant Referee (VAR) untuk memastikan apakah itu pelanggaran dan akhirnya setelah beberapa waktu sang pengadil memutuskan tak ada penalti.

Bahkan wasit menarik kartu kuning dan kartu dibatalkan tepat pada menit ke-35, sehingga Australia gagal mendapatkan penalti.

Hingga memasuki menit ke-40, Australia belum juga mampu menciptakan peluang yang mampu mengancam gawang Thailand.

Oleh karena itu, Thailand masih mampu memimpin dengan cukup bagus hingga memasuki menit ke-43.

Baca Juga: ASEAN Cup U-19 2024 – Pelatih Thailand Optimis Hadapi Australia, Yakin Tanpa Adu Penalti

Australia beberapa kali memang membawa bola ke pertahanan Thailand, tetapi mereka belum mampu membobol gawang Gajah Perang.

Tambahan waktu enam menit Thailand mencoba menambah gol, tetapi tendangan dari Pikanet Laihawiwat masih berada di sisi kanan mistar gawang, sehingga bola keluar begitu saja.

Namun, babak pertama masih menjadi milik Thailand.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua ini, Australia mencoba segala cara agar bisa menyamakan kedudukan dengan terus mengempur pertahanan Thailand.

Bahkan dalam tujuh menit pertandingan babak kedua dimulai, Australia bisa memberi tiga ancaman ke gawang Thailand.

Tiago Quintal bahkan memberi ancaman tepat di kotak penalti, tetapi tendangannya masih ditepis oleh Kittipong Bunmak, sehingga belum juga ada gol hingga memasuki menit ke-57.

Perubahan pemain dilakukan Trevor Morgan untuk membuat tim keluar dari kebuntuan, dan akhirnya Medin Memeti yang baru masuk pun berhasil memberi ancaman ke gawang Thailand pada menit ke-66.

Namun, sundulan dari Memeti masih mampu dibaca oleh kiper, sehingga Australia masih buntu.

Situasi ini membuat para pemain Thailand keteteran karena Australia terus melakukan tekanan, sehingga pemain Gajah Perang ini melakukan pelanggaran yang berujung diusir dari lapangan.

Kartu kuning kedua didapatkan Rapeephat Padthaisong setelah melanggar pemain Australia pada menit ke-68, sehingga Thailand bermain hanya dengan 10 pemain.

Memasuki menit ke-78, Australia masih cukup penasaran untuk bisa membobol gawang Thailand.

Akan tetapi, Thailand bermain cukup rapat, sehingga lebih banyak pemain yang menutup rapat pertahanan mereka.

Hal ini tentu saja karena Thailand ingin mempertahankan keunggulan ini hingga akhir, karena hingga memasuki menit ke-85 Australia belum juga mampu membobol gawang.

Tim berjulukan Socceroos ini sebenarnya masih mencoba untuk bisa menyamakan kedudukan, tetapi para pemain Thailand tampil cukup bagus dengan membendung serangan bertubi-tubi dari Australia.

Untuk itu, hingga tambahan waktu enam menit diberikan tak juga ada gol yang berhasil disarangkan oleh Australia, sehingga laga berakhir dengan skor 1-0 buat kemenangan Thailand.

Australia Vs Thailand 0-1 (Dylan Paul Leonard 13′)

Australia U-19 (4-4-2): 12-Dylan Peraic Cullen; 2-Ben Ryan Van Dorssen, 8-Fabian Talladira, 14-Tyler Jordan Williams, 22-Dylan Paul Leonard; 6-Ryley John Hollingdale (13-Luke Anthony 46′), 7-Marcus James Younis (3-Lucas Herrington 64′), 15-Oliver Samuel Randazzo, 23-Jesse Dean Hoey; 10-Tiago Quintal (19-Medin Memeti 64′), 17-Jake Najdovski (9-Arion Sulemani 64′)

Cadangan: 1-Max Domenic Vartuli, 18-Daniel Alexander Graskoski, 3-Lucas Herrington, 4-Pearson Kasawaya, 5-Zachary De Jesus, 9-Arion Sulemani, 11-Kavian Rahmani, 13-Luke Anthony Vickery, 16-Zane Sam Helweh, 19-Medin Memeti,, 20-Xavier Nicholas Stella

Pelatih: Trevor Morgan

Thailand U-19 (5-3-2): 1-Kittipong Bunmak; 2-Pikanet Laohawiwat, 4-Jhetsaphat Khuantanom, 5-Singha Marasa, 15-Piyawat Petra, 18-Jirapol Saelio; 6-Rapeephat Padthaisong, 10-Thanakrit Chotmuangpak (13-Siradanai 90+4), 21-Phongsakon Sangkasopha; 9-Caelan Tanadon Ryan (&-Thanawut 56′), 20-Pitipong Wongbut (19-Paripan Wongsa 56′)

Cadangan: 12- Phijak Donwithai, 23-Phijak Donwithai, 3-Puttaraburin Channawan, 7-Thanawut Phochai, 8-Dutsadee Buranajutanon, 11-Ratthaphum Phankhechon, 13-Siradanai Phosri, 14-Jirapong Pungviravong, 16-Pakawat Taengoakson, 17-Chanothai Kongmeng, 19-Paripan Wongsa, 21-Natpakhan Promthongmee

Pelatih: Emerson Pereira Da Silva

Leave a comment