Informasi Terpercaya Masa Kini

Bantuan AI, Penyedia Video Tutorial Beragam Bahasa Pekerja Asing di Jepang

0 10

TEMPO.CO, Jakarta – Penyedia perangkat lunak Studist Corp, menawarkan layanan Teachme AI. Layanan ini menyediakan video tutorial multibahasa yang dianggap berguna untuk memudahkan para pekerja asing di Jepang. Laporan Kyodo pada Sabtu, 13 Juli 2024, dikutip Antara, perangkat lunak yang digerakkan oleh kecerdasan buatan atau AI ini bisa menghasilkan rekaman video disertai dengan teks yang diterjemahkan dalam 20 bahasa berbeda.

Apa Itu Teachme AI?

Studist Corp berbasis di Tokyo meluncurkan layanan inovatif Teachme AI. Inovasi ini perusahaan yang membutuhkan video tutorial untuk para pekerja asing. Teachme AI mengolah rekaman mentah menjadi video tutorial dalam waktu singkat. Perangkat lunak ini diklaim mampu mengurangi waktu pengeditan hingga lebih dari 90 persen.

Video yang dihasilkan secara otomatis dibagi menjadi bab-bab, lengkap dengan teks terjemahan dan penjelasan tertulis. Beberapa bahasa yang didukung oleh perangkat lunak antara lain Thailand, Vietnam, Indonesia, dan Bengali.

Presiden Studist Satoshi Suzuki menjelaskan, pentingnya memberikan pelatihan yang diperlukan oleh pekerja asing. “Video-video ini berguna untuk membantu (pekerja) mempelajari cara kerja di pekerjaan mereka,” katanya.

Peragaan telah dicoba digelar di salah satu toko daging di Ageo, Prefektur Saitama, sisi utara Tokyo. Video berdurasi 30 menit tentang cara mengemas daging beserta penjelasannya dalam bahasa Thailand diproduksi dalam waktu sekitar 15 menit.

“Saya terkejut melihat seberapa cepat (panduan) tersebut diproduksi,” kata Yumi Eguchi, seorang eksekutif dari grosir Sc Meat Co. Wandee Sriprom, pekerja asal Thailand ini merasa pekerjaan menjadi lebih mudah untuk dipahami..

Inovasi ini diklaim banyak diminati perusahaan, karena meringankan beban pelatihan kepada pekerja asing. Ini sekaligus memastikan mereka bisa bekerja dengan efisien dan efektif. Kendala bahasa selama ini menjadi tantanga. Bantuan AI dianggap membantu pekerja asing bisa berkontribusi maksimal dalam perekonomian Jepang. Layanan Teachme AI diklaim sebagai teknologi yang dapat menjadi solusi atas tantangan globalisasi dan perubahan demografi.

Pilihan Editor: 3 Tools AI yang Paling Banyak Digunakan hingga Juli 2024

Leave a comment