Informasi Terpercaya Masa Kini

Tentara Israel Temukan 5 Jenazah Sandera yang Ditahan di Gaza

0 6

JALUR GAZA, KOMPAS.com – Tentara Israel telah mengambil lima jenazah yang ditahan di Jalur Gaza setelah mereka terbunuh dalam serangan Hamas 7 Oktober 2023 di Israel selatan.

Hal itu dikatakan militer Israel pada Kamis (25/7/2024). Kelima jenazah yakni Maya Goren serta tentara Tomer Ahimas dan Kiril Brodski, serta Ravid Aryeh Katz dan Oren Goldin (tentara cadangan militer) telah dikembalikan ke Israel setelah operasi penyelamatan.

Sebelumnya, lima jenazah itu telah diumumkan tewas dan militer Israel serta kelompok Forum Sandera dan Keluarga Hilang menyatakan bahwa mereka telah dibunuh Hamas pada hari serangan dan kemudian jadi sandera Hamas.

Baca juga: Serangan Udara dan Tank Israel Tewaskan 26 Warga Gaza

Sebagaimana diberitakan AFP, tantara itu tewas dalam pertempuran Ketika melawan Hamas pada 7 Oktober 2024.

“Jenazah itu ditemukan pada Rabu dalam operasi di Khan Younis, kota utama di selatan Jalur Gaza,” kata militer.

Menteri Pertahanan Yoav Gallant, dalam sebuah pernyataan memuji misi penyelamatan tersebut. Gallant mengatakan militer akan terus memerangi Hamas sampai mereka kalah.

“Kami berkomitmen untuk memulangkan para sandera,” jelasnya.

Penemuan jenazah terjadi beberapa hari setelah militer melancarkan serangan baru terhadap Khan Younis. Israel mengatakan pihaknya menarik pasukan dari kota itu pada April, setelah berbulan-bulan pertempuran sengit di wilayah tersebut.

Forum Sandera dan Keluarga Hilang mendorong pemerintah Israel menyetujui perjanjian gencatan senjata yang dapat membantu memulangkan para tawanan yang tersisa.

Sementara terkait penemuan lima jenazah tersebut adalah tindakan militer yang penting dan tegas guna memberi kepastian pada keluarga korban yang ditawan.

“Adalah kewajiban Israel untuk mengembalikan semua orang yang terbunuh untuk dimakamkan secara terhormat dan semua sandera yang masih hidup untuk direhabilitasi,” terang pernyataan kelompok tersebut.

Pengumuman militer pada Kamis ini muncul setelah dua komunitas Israel, Nir Oz dan Nir Yitzhak, mengatakan dalam pernyataan terpisah pada Rabu malam bahwa tentara telah menemukan jenazah Goren dan Goldin.

Baca juga: Israel Perintahkan Evakuasi Warga Gaza dari Zona Kemanusiaan

“Tadi malam, kami diberitahu bahwa dalam operasi penyelamatan militer, jenazah Maya Goren ditemukan,” terang komunitas Nir Oz kibbutz, seraya menambahkan bahwa keluarganya telah diberitahu dan informasi lebih lanjut akan menyusul.

Kibbutz Nir Yitzhak mengatakan bahwa tentara Israel telah mengembalikan jenazah Goldin.

Leave a comment