Informasi Terpercaya Masa Kini

HP Lipat Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 Resmi Rilis di Indonesia

0 6

JAKARTA, KOMPAS.com – Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 akhirnya resmi masuk Indonesia, Rabu (24/7/2024).

Duo ponsel lipat terbaru Samsung ini mendarat di Tanah Air tepat dua minggu setelah debut global melalui ajang Galaxy Unpacked di Paris, Perancis pada 10 Juli lalu.

Kehadiran Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 di Indonesia dimeriahkan dengan acara “Samsung Fold-Flip 6 Local Lauch” di Jakarta Selatan, Rabu siang.

Samsung Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 membawa banyak peningkatan dari pendahulunya, Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5.

“Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 jadi ponsel lipat terkuat, slim, dan lebih bertenaga dengan Galaxy AI,” kata Harry Lee, President of Samsung Electronics Indonesia di atas panggung peluncuran.

Baca juga: Perbedaan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Fold 6

Kedua ponsel lipat terbaru Samsung untuk pertama kalinya dibekali fitur berbasis kecerdasan buatan Galaxy AI bawaan yang lebih canggih.

Samsung Z Fold 6 dan Samsung Z Flip 6 juga dibekali skema engsel (hinge) anyar, chipset lebih baru, serta pembaruan sistem operasi (upgrade OS) Android sebanyak 7 generasi.

Harga Samsung Galaxy Z Fold-Flip 6 di Indonesia

Di Indonesia, Samsung Galaxy Z Flip 6 ditawarkan dalam pilihan warna Silver Shadow, Yellow, Blue, dan Mint. Ada warna spesial Crafted Black, White, dan Peach, khusus untuk pembelian online di situs Samsung.com/id.

Adapun harga Samsung Z Fold 6 dan harga Samsung Z Flip 6 di Indonesia adalah sebagai berikut:

Harga Samsung Galaxy Z Fold 6

  • 12GB/256GB – Rp 26.499.000
  • 12GB/512GB – Rp 28.499.000
  • 12 GB/1TB – Rp 31.999.000

Harga Samsung Galaxy Z Flip 6

  • 12GB/256 GB – Rp 17.499.000
  • 12GB/512 GB – Rp 19.499.000

Samsung Z Fold 6 hadir dalam tiga varian warna, yakni Silver Shadow, Pink, dan Navy. Sementara Samsung Z Flip 6 ditawarkan dalam pilihan warna Silver Shadow, Yellow, Blue, dan Mint.

Di Indonesia, Samsung Galaxy Z Fold-Flip 6 series juga hadir dalam pilihan warna eksklusif khusus pembelian online via website Samsung.com/id.

Galaxy Z Fold 6 ditawarkan dalam warna eksklusif Crafted Black dan White. Sementara warna spesial PO online Galaxy Z Flip 6 adalah Crafted Black, White, dan Peach.

Spesifikasi Samsung Z Fold 6 di Indonesia

Peningkatan yang paling istimewa yang dibawa Galaxy Z Fold 6 adalah bodi yang lebih ringan.

Samsung Galaxy Z Fold 6 kini hadir dengan dimensi bodi panjang 132,6 x 153,5 x 5,6mm dalam keadaan terbuka (unfolded).

Baca juga: Video: Test Kemampuan AI di Galaxy Z Fold 6, Bisa Apa Saja?

Sementara dalam keadaan terlipat (folded), ponsel ini memiliki dimensi panjang 68,1 mm, lebar 153,5 mm, ketebalan 12,1mm dengan bobot yang sama. Adapun bobot bodi Galaxy Z Fold 6 secara keseluruhan adalah 239 gram.

Dimensi dan bobot tersebut membuat Samsung Galaxy Z Fold 6 menjadi seri Z Fold paling ringan di antara “saudaranya”.

Sebagai bukti, berikut perbandingan dimensi Galaxy Z Fold yang semakin tipis dan ringan dari masa ke masa:

“Desain Galaxy Z Fold 6 makin compact, paling ringan, dan tipis dari model Galaxy Z yang pernah ada. Terasa lebih kokoh dan nyaman digenggam dan nyaman disimpan di kantong celana dan baju,” kata Lo Khing Seng, Head of Mobile Experience Business, Samsung Electronics Indonesia dalam acara yang sama.

Sementara dari segi desain, Samsung Galaxy Z Fold 6 tidak terlalu banyak berubah dari generasi sebelumnya. Namun, ponsel ini memiliki bingkai sisi kanan dan kiri yang lebih datar dibandingkan Galaxy Z Fold 5.

Untuk layar, Samsung Galaxy Z Fold 6 dibekali layar utama Dynamic AMOLED 2x 7,6 inci dengan resolusi QXGA+, adaptif refresh rate 1-120 Hz, tingkat kecerahan puncak 2.600 nits, kerapatan piksel 374 ppi, rasio aspek 20,9:18.

Sementara layar sekunder alias cover screen-nya mengusung panel Dynamic AMOLED 2x 6,3 inci dengan resolusi HD Plus, refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan puncak 2.600 nits, kerapatan piksel 410 ppi, rasio aspek 22,1:9.

Ponsel ini memiliki kamera depan dan belakang yang sama dengan Galaxy Z Fold 5.

Untuk kamera belakang, ada kamera utama 50 MP (f/2.2), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 10 MP (f/2.4, zoom optis 3x, PDAF, OIS).

Sementara kamera depannya terdiri dari kamera selfie 10 MP di layar sekunder (cover screen) dan kamera selfie 4 MP di bawah layar utama.

Samsung Z Fold 6 memiliki sistem pendinginan vapor chamber yang 1,6x lebih besar dibandingkan Z Fold 5. Dengan ini, Samsung meyakini pengguna akan merasakan kemampuan bermain game lebih lama tanpa mengurangi performa di Galaxy Z Fold 6.

Samsung Galaxy Z Fold 6 dibekali baterai berkapasitas 4.400 mAh didukung pengisian cepat (fast charging) 25 watt lewat port USB-C. Dengan ini, daya ponsel bisa terisi dari 0-50 persen dalam 30 menit.

Pakai chipset Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy

Peningkatan yang dibawa ponsel Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 ada di sisi chipset.

Kedua ponsel lipat ini ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy untuk mendukung seluruh performa Galaxy AI, produktivitas, dan lainnya.

Embel-embel “for Galaxy” tersebut menandai bahwa chipset terkuat Qualcomm ini didesain khusus untuk seri Galaxy Z Fold-Flip 6. Misalnya, membawa peningkatan NPU untuk pemrosesan AI yang efisien.

Baca juga: 7 Peningkatan di Samsung Galaxy Z Flip 6, Makin Pintar dan Lebih Panjang Umur

Chipset Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy ini juga dibenamkan di trio Galaxy S24 series.

Di Samsung Z Fold 6, chipset Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy ini dipadukan dengan RAM 12 GB dan opsi penyimpanan 256 GB, 512 GB, dan 1 TB.

Sementara di Samsung Z Flip 6, chipset ini dipadankan dengan RAM 12 dan penyimpanan media 256 GB dan 512 GB.

Spesifikasi Samsung Z Flip 6

Samsung Galaxy Z Flip 6 hadir dengan layar Dynamic AMOLED 2x 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus, adaptif refresh rate 1-120 Hz, tingkat kecerahan puncak hingga 2.600 nits.

Untuk layar sekunder atau cover screen, Samsung Galaxy Z Flip mengusung panel Super AMOLED 3,4 inci dengan refresh rate 60 Hz, tingkat kecerahan puncak hingga 2.600 nits, dan tingkat kerapatan piksel 306 ppi.

Fungsionalitas cover screen juga ditingkatkan, sehingga fungsi-fungsi yang ditenagai AI bisa digunakan tanpa pengguna perlu membuka device.

Misalnya, fitur Suggested replies kini yang akan menganalisis beberapa pesan terakhir yang dikirimkan untuk memberikan rekomendasi respons yang tepat.

 

Kamera utama Samsung Galaxy Z Flip 6 juga naik kelas. Kini, Samsung menyematkan kamera utama 50 MP (f/1.8, Dual Pixel AF, OIS) di Galaxy Z Flip 6.

“Resolusi kamera 50 MP ini empat kali lebih besar dibandingkan seri sebelumnya. Kamera ini juga kini dilengkapi fitur AutoZoom with FlexCam,” kata Lo Khing Seng.

Dengan AutoZoom di FlexCam (mode memotret dengan menekuk ponsel), pengguna dapat secara otomatis dan hands-free menemukan framing yang paling tepat untuk pengguna.

Sensor kamera utama 50MP yang baru di Galaxy Z Flip 6 ini juga mendukung zoom optis 2x.

Ini merupakan peningkatan signifikan. Pasalnya, selama ini Samsung konsisten menyematkan kamera utama beresolusi 12 MP di empat generasi Z Flip yang pernah dirilis sebelumnya, yakni Samsung Galaxy Z Flip 5 (2023), Galaxy Z Flip 4 (2022), Galaxy Z Flip 3 (2021), dan Galaxy Z Flip (2020).

Kamera 50 MP tersebut masih ditemani dengan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2).

Samsung Galaxy Z Flip 6 kini hadir dengan baterai 4.000 mAh. Ini menjadi kapasitas baterai terbesar di sejarah lini Z Flip. Sebelumnya, Galaxy Z Flip (2020) dan Galaxy Z Flip 3 (2021) memiliki baterai 3.300 mAh.

Baca juga: 5 Peningkatan di Samsung Galaxy Z Fold 6, Bodi Lebih Ramping hingga Fitur AI

Kemudian, Galaxy Z Flip 4 dan Galaxy Z Flip 5 dibekali baterai 3.700 mAh. Dengan kenaikan kapasitas 300 mAh, Galaxy Z Flip 6 diklaim bisa dipakai internetan hingga 20 jam, naik 3 jam dari seri sebelumnya.

Baterai ponsel ini didukung pengisian cepat 25 watt lewat port USB Type-C. Dengan ini, daya ponsel bisa terisi dari 0-50 persen dalam 30 menit.

Untuk pertama kalinya, Galaxy Z Flip 6 dibekali sistem pendinginan vapor chamber. Sederhananya, ini merupakan sistem untuk mendinginkan atau meredam panas ponsel.

Vapor chamber di Galaxy Z Flip 6 ini diklaim lebih besar dibandingkan di Galaxy S23 Ultra.

Di atas kertas, Galaxy Z Flip 6 memiliki dimensi panjang 165,1, lebar 71,9 mm, ketebalan 6.9mm dalam mode terbentang (unfolded). Sementara dalam mode terlipat dimensinya adalah 71,9 x 85,1 x 14,9mm. Bobot ponsel ini sebesar 187 gram.

Fitur Galaxy AI lebih canggih

Kali ini, Samsung masih fokus pada dukungan teknologi Galaxy AI. Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 menandai sebagai model Z Fold series pertama yang debut dengan fitur Galaxy AI bawaan alias out of the box.

Lo Khing Seng mengatakan, bagi Samsung, menjadi pioner di kategori foldable phone lebih dari sekadar bentuk dan desain.

“Kami sudah menempuh perjalanan panjang untuk menjadi game changer. Itulah mengapa Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6 hadir dengan kecanggihan Galaxy AI,” tambah Lo Khing Seng.

Galaxy AI ini, kata Lo Khing Seng, membuat Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 menjadi yang terdepan di industri.

Sebelumnya, Galaxy AI debut perdana lewat peluncuran Galaxy S24 series pada Januari 2024. Setelah itu, Samsung mulai memperluas ketersediaan Galaxy AI ke ponsel flagship lain, termasuk ke Galaxy Z Fold generasi sebelumnya, seperti Galaxy Z Fold 5, Z Fold 4, dan Z Fold 3 lewat pembaruan OneUI 6.1.

Yang istimewa, Galaxy AI di Galaxy Z Fold-Flip 6 kali ini lebih baru dan lebih canggih dari fitur-fitur Galaxy AI yang sudah ada sebelumnya (Circle to Search, Note Assist, Interpreter, Live Translate, Chat Assist, Generative Edit, Transcript Assist, Browsing Assist).

Ada serangkaian fitur Galaxy AI baru maupun yang ditingkatkan di Samsung Galaxy Z Fold 6.

Berikut beberapa fitur yang dijadikan highlight utama:

Sketch to Image: fitur ini memungkinkan pengguna membuat gambar menggunakan AI. Hal menarik fitur ini bisa digunakan di foto di galeri dan di Samsung Notes.

Portrait Studio: fitur ini memungkinkan pengguna menyulap foto menjadi ala “comic”, “3D cartoon”, “watercolor”, dan “sketch”.

Composer: fitur ini memungkinkan pengguna membuat teks unik berdasarkan perintah teks sederhana untuk email, perpesanan, dan media sosial.

Interpreter baru: fitur interpreter memungkinkan pengguna menerjemahkan percakapan secara langsung. Interpreter kini mendapatkan pembaruan dengan hadirnya dua opsi baru, yakni “conversation mode” dan “listening mode”. Tampilan Interpreter lebih intuitif karena bisa ditampilkan di layar sekunder sekaligus di layar utama.

Circle to Search: fitur ini memungkinkan pengguna untuk menelusuri, menerjemahkan, hingga mengetahui jawaban/pemecahan soal matematika.

Live Translate: fitur ini memungkinkan pengguna menerjemahkan panggilan telepon secara real-time. Kini, di Galaxy Z Fold 6, pengguna mampu menerjemahkan panggilan telepon secara real-time dan langsung pada device lewat aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp, Google Duo, dan Instagram.

PDF overlay translation: fitur ini memungkinkan Samsung Notes mampu membuat terjemahan, rangkuman dan format otomatis untuk semakin memudahkan pengguna dalam mencatat isi meeting pengguna.

Update OS Android hingga 7 generasi

Yang menarik, kini Samsung kini menjamin Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Flip 6 mendapatkan pembaruan (upgrade) OS Android sebanyak 7 generasi.

Ketika dirilis, Galaxy Z Fold-Flip 6 menjalankan sistem operasi (OS) Android 14 dilapisi antarmuka Samsung paling baru OneUI 6.1.1 out of the box.

Artinya, OS di ponsel ini bisa di-upgrade hingga Android 21 pada 2031 mendatang (catatan: bila sistem penamaan Android masih sama dan berurutan).

Ini merupakan peningkatan signifikan dari komitmen Samsung sebelumnya, di mana Samsung memberikan jaminan upgrade OS Android hingga 4 generasi pada Galaxy Z Fold-Flip 5.

Samsung Z Fold 6 dan Z Flip 6 juga dijamin mendapatkan pembaruan keamanan hingga 7 tahun. Sebagai perbandingan, Samsung memberikan jaminan security update hingga 5 tahun di generasi sebelumnya.

Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 kini menggunakan struktur dual rail hinge dan folding edge yang diperkuat.

Menurut Samsung, dengan peningkatan ini, layar ponsel mampu mendistribusikan dampak dari benturan eksternal dengan lebih baik.

Selain itu, lapisan layar Galaxy Z Fold-Flip 6 juga ditingkatkan untuk membantu mengurangi lipatan (crease) sekaligus mempertahankan kekuatan layar.

Fitur lain yang dibawa duo ponsel lipat terbaru Samsung ini meliputi dukungan koneksi 5G, WiFi 6E, Bluetooth 5.3, dual SIM, eSIM.

Leave a comment