Informasi Terpercaya Masa Kini

Cara Masak Ayam Goreng Tepung agar Matang dan Tidak Berdarah

0 16

KOMPAS.com – Ayam goreng merupakan salah satu menu favorit yang sering menjadi pilihan karena mudah dibuat dan mudah ditemukan di banyak tempat, bahkan pinggir jalan.

Namun, Anda mungkin sering menemukan daging ayam yang masih merah dan berdarah, baik saat membeli di luar atau saat memasak di rumah. Hal ini biasanya terjadi karena daging ayam tidak matang sempurna.

Agar masalah ini tidak terjadi saat Anda memasak ayam goreng di rumah, berikut beberapa trik jitu yang bisa Anda coba, dilansir dari laman Sajian Sedap:

Baca juga: Ikan atau Ayam, Mana yang Punya Protein Lebih Baik?

1. Ungkep dengan merebusnya menggunakan api kecil

Salah satu cara sederhana untuk memastikan ayam matang sempurna adalah dengan merebusnya terlebih dahulu dalam bumbu menggunakan api kecil atau diungkep.

Selama durasi mengungkep yang tepat, potongan ayam akan matang merata dan tidak berdarah. Selain itu, bumbunya pun akan lebih meresap.

2. Goreng dengan minyak banyak

Cara menggoreng ayam juga memengaruhi kematangan dagingnya. Pastikan potongan daging ayam yang digoreng benar-benar terendam minyak agar matang sempurna dan tidak ada darahnya.

Baca juga: Resep Sambal Tomat, Cocok untuk Pecel Lele dan Ikan Goreng

Selain itu, pastikan minyak cukup panas supaya daging ayam empuk. Namun, jangan sampai ayamnya digoreng sampai gosong.

3. Merendam dan memarinasi ayam

Merendam ayam di dalam larutan air garam dapat membantu mengeluarkan sisa darah dari potongannya.

Selain direndam, potongan daging ayam juga bisa dimarinasi bersama rempah dan bumbunya. Proses ini juga dapat membuat daging lebih empuk dan juicy.

Awas freezer burn

Selain masalah kematangan, ayam goreng berdarah juga bisa disebabkan oleh freezer burn, kondisi saat daging ayam beku jadi lebam dan bisa berwarna biru atau kemerahan.

Itu karena daging ayam kemasukan udara selama dibekukan dalam freezer. Meski demikian, ayam masih aman untuk dimakan, hanya saja teksturnya akan terasa kering atau sepah.

Baca juga: Cara Masak Nasi Goreng agar Tidak Lengket di Wajan

Jika ayam mengalami freezer burn, sebaiknya olah menjadi semur yang kecapnya bisa meresap dan mengubah warna daging ayam.

Hindari mengolah ayam lebam ini menjadi sup atau ayam kukus karena tampilannya tidak akan cantik lagi.

Leave a comment