Informasi Terpercaya Masa Kini

Bocoran Spesifikasi iPhone SE 4 Terungkap, Layar Lebih Luas dan Pakai Chipset Terbaru

0 10

KOMPAS.com – Apple disinyalir tengah mengembangkan iPhone SE generasi keempat. iPhone dengan embel-embel “SE” biasanya dibekali dengan spesifikasi yang lebih minimalis dan harga lebih terjangkau.

Meski belum diumumkan secara resmi, spesifikasi iPhone SE 4 sudah bocor di dunia maya. Bocoran iPhone SE 4 ini disebarkan oleh tipster gadget yang kerap memberi bocoran dengan tepat, Ice Universe, di forum Weibo.

Ice Universe mengeklaim bahwa iPhone SE 4 bakal memiliki layar berukuran 6,06 inci dengan refresh rate 60 Hz. Ini meningkat dari layar iPhone SE 3 keluaran 2022 yang berukuran 4,7 inci, dan iPhone SE model pertama dengan ukuran 4 inci.

Jika rumor ini akurat, ukuran layar iPhone SE 4 akan mirip seperti iPhone 15 yang membawa layar 6,1 inci. Dengan begitu, iPhone SE 4 bukan menjadi pilihan bagi pengguna yang mencari smartphone kecil, yang lebih nyaman ditaruh di saku.

Laporan Ice Universe juga menyebutkan bahwa iPhone SE 4 akan menjadi iPhone SE pertama dengan layar OLED. iPhone SE sebelumnya mengadopsi layar LCD.

Baca juga: iPhone SE Punya Dynamic Island seperti iPhone 15?

Untuk diketahui, layar OLED menawarkan berbagai keunggulan dibandingkan LCD seperti tampilan warna hitam yang lebih pekat dan kontras warna yang lebih baik.

Masih soal desain, punggung iPhone SE 4 konon bakal dilengkapi dengan satu kamera beresolusi 48 MP.

Ponsel ini diklaim memiliki bingkai aluminium, dan bakal menghapus tombol “Home” yang ikonik serta bezel yang tebal. Dengan begitu, desain iPhone SE menjadi lebih mirip dengan lini iPhone 15.

Untuk hardware, iPhone SE terbaru ini kabarnya bakal ditenagai oleh chip Apple A18 Bionic, yang diperkirakan juga akan mengotaki iPhone 16.

Ini akan menjadi peningkatan yang signifikan, karena sebelumnya iPhone SE selalu kebagian chip yang lebih lawas. Bahkan iPhone 15 saat ini hanya ditenagai oleh chipset Apple A16, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Trusted Reviews, Selasa (23/7/2024).

Chipset iPhone SE 4 konon dibarengi dengan RAM LPDDR5 6 GB atau 8 GB, sedangkan kapasitas media penyimpanannya (storage) belum diketahui. Ponsel ini rumornya turut dibekali modem dari Qualcomm atau Apple untuk konektivitas internet.

iPhone SE 4 kemungkinan menjadi iPhone SE pertama yang dibekali sensor Face ID, menggantikan sensor pemindai sidik jari (fingerprint) Touch ID. Gawai ini rumornya juga akan beralih dari konektor Lightning ke port USB-C.

iPhone SE 4 dikabarkan bakal dijual di rentang harga 499 dollar AS (setara Rp 8 juta) hingga 549 dollar AS (setara Rp 8,9 juta). Ponsel ini rumornya bakal dirilis sekitar Maret hingga Mei 2025.

Bocoran iPhone 17

Ice Universe juga membeberkan spesifikasi iPhone 17 series. iPhone 17 series akan terbagi menjadi empat model, yaitu iPhone 17 “reguler”, 17 Pro, 17 Pro Max, dan terbaru, 17 Pro Slim.

Model iPhone 17 reguler dan Pro bakal mengusung layar 6,27 inci, sedangkan model Slim dibekali layar 6,65 inci dan model Pro Max mempunyai panel 6,86 inci.

Setiap model iPhone 17 rumornya bakal mendukung refresh rate 120 Hz ProMotion, teknologi LTPO, dan Dynamic Island. Dengan demikian, model reguler memiliki teknologi layar yang sama seperti model Pro.

Baca juga: Bocoran iPhone 17, Ada Model Slim dengan Layar ProMotion

Ice Universe mengeklaim bahwa kamera iPhone 17 Pro dan Pro Max bakal mendapatkan peningkatan. Model Pro dirumorkan mempunyai tiga kamera 48 MP, yang mencakup kamera utama, telefoto, dan ultra wide, ditemani juga dengan sensor Time of Flight (ToF).

Di sektor jeroan, iPhone 17 dan 17 Slim rumornya akan ditenagai chip Apple A19 Bionic, sedangkan model dengan embel-embel “Pro” diotaki oleh chip A19 Pro yang lebih mumpuni. Chip A19 Pro konon akan menggunakan proses fabrikasi 3 nm oleh TSMC.

iPhone 17 reguler dan 17 Slim dikabarkan dibekali RAM 8 GB, sedangkan model Pro dan Pro Max mengandalkan RAM 12 GB.

Fitur-fitur lainnya mencakup port USB-C, Face ID, kemudian bingkai aluminium untuk model reguler dan bingkai titanium untuk model Pro.

Bocoran harga iPhone 17 reguler dimulai dari 799 dollar AS (sekitar Rp 12,9 juta), sedangkan iPhone 17 Slim lebih mahal di kisaran 1.299 dollar AS (sekitar Rp 21 juta).

Di sisi lain, iPhone 17 Pro diperkirakan dijual seharga 1.099 dollar AS (sekitar Rp 17,8 juta), sedangkan iPhone 17 Pro Max dibanderol seharga 1.199 dollar AS (sekitar Rp 19,4 juta).

Ice Universe juga membeberkan bahwa iPhone 17 series kemungkinan diluncurkan pada September 2025.

Leave a comment