Informasi Terpercaya Masa Kini

Bacaan Doa Nabi Yunus Mustajab untuk Meminta Petunjuk Allah SWT

0 3

Bisnis.com, JAKARTA – Bacaan doa Nabi Yunus dikenal sebagai salah satu doa yang sangat mustajab untuk memohon petunjuk dan pertolongan dari Allah SWT. Doa ini diajarkan oleh Nabi Yunus ketika beliau berada dalam situasi sulit, yakni di dalam perut ikan paus, sebagai bentuk pengakuan dan permohonan ampun kepada Allah.

Dengan kekuatan doa Nabi Yunus ini, banyak umat Islam yang meyakini bahwa doa Nabi Yunus dapat menjadi doa untuk meminta petunjuk serta solusi dari berbagai masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari kepada Allah SWT.

Selain itu, membaca Doa Nabi Yunus bisa menghilangkan rasa sedih dan kecemasan.

Baca Juga : Doa Setelah Wudhu Latin dan Artinya Lengkap

Melansir NU Online, seseorang yang membaca Doa Nabi Yunus dalam keadaan kesedihan, kecemasan, atau pun kesusahan, sebanyak tiga kali pada suatu hari, niscaya akan dikabulkan doanya. Hal ini sesuai dengan berbagai hadits yang terkumpul dalam kitab ‘Khazinatul Asrar’ dan sumber-sumber lainnya.” (Al-Makki, Kanzunnaja, halaman 172-173).

Dalam Alquran dijelaskan bahwa doa Nabi Yunus adalah salah satu doa yang mustajab. Doa tersebut dipanjatkan oleh Nabi Yunus selama ia berada di dalam perut ikan paus.

Baca Juga : : Doa Setelah Sholat Dhuha dan Dzikir Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Mengalami keadaan yang sulit, nabi pun menyadari bahwa hanya Allah SWT yang bisa menyelamatkannya dan membantunya dari perut ikan paus itu.

Selama 40 hari berturut-turut, ia lantas meminta pengampunan kepada Allah SWT dengan membaca sebuah doa. Atas kesungguhannya, Allah SWT lalu mengabulkan doanya.

Baca Juga : : Tata Cara Sholat Taubat, Doa dan Artinya Lengkap

Dari kisah tersebut, doa Nabi Yunus ini lalu banyak diamalkan saat seseorang tengah menghadapi musibah atau ingin terhindar dari malapetaka.

Syekh Sayyid Muhammad bin al-Alawy al-Maliky al-Hasani dalam kitab Abwab al-Faraj bahkan mengungkapkan bahwa tak sedikit ulama dan wali yang membaca doa  Nabi Yunus tersebut sebanyak 40 kali setelah sholat subuh tanpa terputus sama sekali, serta ada juga yang membacanya sebanyak 1000 kali setiap hari.

Bacaan Doa Nabi Yunus

Adapun bacaan doa Nabi Yunus:

لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ

“Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin”

Artinya: Tidak ada tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim.

Keutamaan Membaca Doa Nabi Yunus

Terdapat keutamaan membaca doa Nabi Yunus untuk umat muslim, di antaranya yakni:

1. Keinginannya Dikabulkan Allah SWT

Muslim yang membaca doa ini niscaya keinginannya akan diijabah oleh Allah SWT. Penjelasan akan hal tersebut tertungan dalam hadis riwayat At-Tirmidzi.

“Doa Dzun Nuun [Nabi Yunus] ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: ‘Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin’. Sesungguhnya tidaklah seorang Muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah, melainkan Allah kabulkan baginya.”

2. Diampuni oleh Allah SWT

Doa Nabi Yunus ini berisi permintaan maaf kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang pernah diperbuatnya. Dengan sungguh-sungguh membaca doa ini, niscaya Allah SWT akan menerima pertaubatan umatnya.

3. Mendapat pahala orang yang mati syahid

Dalam hadis riwayat al-Hakim dari Sa’ad bin Abi Waqash disebutkan bahwa apabila seseorang membaca doa ini 40 kali saat sakit, lalu ia meninggal, maka dirinya akan mendapat pahala layaknya orang yang meninggal syahid.

Waktu Terbaik untuk Membaca Doa Nabi Yunus 1. Saat Menghadapi Kesulitan atau Musibah

Doa Nabi Yunus dikenal karena diucapkan oleh Nabi Yunus ketika beliau berada dalam kesulitan besar, yaitu saat berada di dalam perut ikan paus. Oleh karena itu, doa ini sangat dianjurkan untuk dibaca ketika seseorang menghadapi kesulitan atau musibah, dengan harapan Allah memberikan jalan keluar dan pertolongan.

2. Setelah Sholat Wajib atau Sunnah

Seusai sholat dianggap sebagai waktu yang mustajab untuk berdoa, Anda dapat membaca doa Nabi Yunus setiap selesai sholat. Setelah sholat, hati berada dalam kondisi khusyuk dan tenang, sehingga doa yang dipanjatkan diharapkan lebih mudah dikabulkan oleh Allah.

3. Sepertiga Malam Terakhir

Waktu sahur atau sepertiga malam terakhir adalah waktu yang sangat dianjurkan untuk berdoa karena pada waktu ini Allah SWT turun ke langit dunia dan mengabulkan doa-doa hamba-Nya yang memohon. Membaca doa Nabi Yunus pada waktu ini dipercaya sangat mustajab untuk mendapatkan petunjuk dan pertolongan dari Allah.

4. Saat Berpuasa atau Menjalani Ibadah Sunnah Lainnya

Saat berpuasa, terutama pada bulan Ramadan, adalah waktu yang penuh berkah. Membaca doa Nabi Yunus di saat berpuasa dapat menjadi amalan yang sangat dianjurkan karena puasa adalah bentuk ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah, dan doa yang dipanjatkan saat berpuasa memiliki nilai yang tinggi di sisi Allah.

Doa Nabi Yunus ini memiliki keutamaan khusus dan dianjurkan untuk dibaca dalam situasi-situasi penting yang memerlukan petunjuk dan pertolongan Allah SWT.

Demikian bacaan doa Nabi Yunus beserta arti, keutamaan membacanya, dan waktu terbaik untuk mengamalkan doa Nabi Yunus.

Leave a comment