Informasi Terpercaya Masa Kini

Kenali 5 Alasan Mengapa Makeup-mu Tidak Menempel Sempurna di Wajah

0 14

Memiliki tampilan makeup yang flawless dan menyatu sempurna di kulit adalah impian setiap beauty enthusiast. Namun, sayangnya hal tersebut tidak dapat selalu terjadi. Ada cukup banyak faktor yang membuat kulitmu tidak bisa menerima produk makeup yang diaplikasikan di wajah, yang kemudian membuat hasil dari makeup-mu tidak menempel sempurna atau cakey. Dan ketika hal ini terjadi tentunya harimu akan terasa lebih buruk, karena kamu perlu mengubah, atau bahkan menghapus seluruh makeup yang sudah kamu aplikasikan. Eugh, who wants to do that? Definitely not me!

Nah, untuk menghindari bencana tersebut terjadi, alangkah baiknya kamu mengetahui beberapa penyebab lumrah yang menjadi penyebab makeup-mu tidak menempel sempurna di wajah. Apa saja penyebabnya? Berikut ini adalah jawabannya.

  1. Tidak Melakukan Skin Preparation

Terdengar sepele namun ternyata sangat penting, skin preparation memainkan peran yang cukup besar dalam menentukan hasil akhir makeup-mu lho, Cosmo babes. Dengan melakukan skin preparation yang tepat (temukan jawabannya di sini), kulitmu akan dapat lebih mudah menerima produk makeup yang diaplikasikan setelahnya dan membuatnya lebih tahan lama pula. 

The tricky part is.. ketika melakukan skin preparation kamu juga perlu memperhatikan kebutuhan dan tipe kulitmu, serta tidak menggunakan terlalu banyak produk yang justru menjadi salah satu sumber utama makeup-mu gagal menempel sempurna di wajah. Saran dari Cosmo, kamu dapat mempersiapkan kulit dengan tahapan sederhana seperti membersihkan wajah menggunakan cleanser, dilanjutkan dengan mengaplikasikan moisturizer dan primer

2. Menggabungkan Produk Liquid dan Cream Base

Ketika memilih foundation, concealer, dan produk base makeup lainnya, sangat penting bagimu untuk melihat terlebih dahulu jenis bahan dasar dari setiap perpaduan produk yang digunakan. 

Mungkin, sebelumnya kamu sudah pernah mendengar bahwa ada cukup banyak jenis foundation, mulai dari cream foundation, liquid foundation, hingga watery foundation. Begitu pula halnya dengan concealer, contour, dan produk dasar makeup lainnya. Menggabungkan dua jenis produk yang berlawanan seperti cream dan liquid dalam satu pemakaian adalah salah satu penyebab utama mengapa mereka tidak dapat menempel sempurna di wajah. Hal ini sebab keduanya memiliki tekstur dan bahan dasar yang bertolak belakang yang membuat keduanya tidak dapat menyatu secara bersamaan. 

  3. Menggunakan Foundation dalam Jumlah yang Berlebihan

Cosmo tahu, terkadang ada waktunya dimana kamu membutuhkan coverage lebih untuk menutupi bekas jerawat membandel yang ada di wajah. Namun, menggunakan foundation dalam jumlah yang terlalu banyak bukanlah jawabannya. Hal ini justru dapat menimbulkan bencana pada keseluruhan makeup-mu, terutama jika kamu tidak berhasil meratakannya dengan baik. 

Gunakan foundation secukupnya, lalu blend secara perlahan hingga semuanya menyatu sempurna. Jika bekas jerawat dan noda lainnya masih belum tertutup sempurna, kamu dapat menambahkan concealer di area-area tersebut tanpa perlu menggunakan foundation dalam jumlah berlebihan. Dengan begitu, tampilan makeup-mu akan terlihat lebih flawless.

4. Menggunakan Produk yang Tidak Sesuai Jenis Kulit

Ketika berbicara produk makeup, ada cukup banyak jenis produk yang menawarkan hasil tampilan akhir yang berbeda, seperti produk matte dan dewy finish. Bukan tanpa alasan, keberadaan dua tampilan akhir pada satu jenis produk yang sama ini diciptakan untuk dipakai sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulitmu. 

Jika kamu memiliki jenis kulit kering, alangkah baiknya kamu memilih untuk menggunakan produk-produk makeup dengan finish akhir dewy. Dan jika kamu memiliki jenis kulit yang berminyak atau kombinasi, kamu dapat menggunakan produk matte finish yang dapat menahan makeup-mu dari minyak alami di wajah lebih tahan lama.

5. Menggunakan Acne Spot Sebelum Makeup

The last thing you don’t want to do is.. menggunakan acne spot atau cream sebelum pengaplikasian makeup. Ya, Cosmo tahu, kamu ingin sekali merawat jerawat kecilmu agar lebih cepat musnah dari permukaan kulit. Namun perlu kamu ketahui juga bahwasannya acne spot memiliki kandungan tertentu yang justru membuat makeup tidak dapat menyatu sempurna di kulit. 

Jadi, jika kamu ingin menggunakan acne spot, alangkah baiknya jika kamu menggunakannya satu malam sebelum kamu ingin mengaplikasikan makeup. Dengan begitu, kulit akan lebih siap untuk menerima produk yang akan kamu gunakan setelahnya. 

Well, itu dia beberapa penyebab utama makeup tidak menempel sempurna di wajah. Dengan mempelajarinya, kamu sekarang dapat menentukan jenis produk yang tepat dan menghindari tahapan yang dapat mengganggu hasil akhir makeup-mu. Hope it helps!

Leave a comment