Informasi Terpercaya Masa Kini

Tips Gaya Hidup, Simak 9 Cara Meningkatkan Produktivitas

0 22

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi Anda yang ingin memiliki pola hidup sehat dan aktivitas produktif, maka hal yang paling pertama perlu dilakukan adalah memperbaiki pola makan.

Gaya hidup sehat tidak bisa ditawar lagi untuk mencapai mendapatkan produktivitas dan motivasi kerja yang lebih tinggi. Namun menjaga gaya hidup sehat lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Selain memperbaiki pola makan, kemudian tingkatkanlah kualitas tidur, dan terapkan pola olahraga sehat yang cocok untuk Anda. Hentikan aktivitas dan gaya hidup yang tidak sehat agar Anda tetap produktif.

Simak 9 tips meningkatkan produktivitas: 1. Motivasi diri

Motivasilah dirimu agar tetap giat dan rajin pada usia muda. Ingatlah tanggal gajian, saat rekening Anda terisi.

2. Membuat rencana makan dan persiapan makan

Perencanaan makan mingguan adalah strategi hebat bagi para profesional untuk mempertahankan pola makan yang sehat di tengah jadwal yang padat. Ini menghemat waktu, meningkatkan kontrol porsi, dan mengurangi kemungkinan memilih makanan cepat saji yang tidak sehat.

3. Kurangi asupan gula

Camilan dan minuman manis memang membuat ketagihan, tapi kita semua tahu itu buruk bagi kita. Disarankan untuk benar-benar menghindari tambahan gula karena hanya menyediakan kalori tanpa nutrisi apa pun. Hati-hati terhadap gula tersembunyi dalam makanan olahan.

Jalan keluar yang baik adalah dengan mengatakan tidak pada gula 5 hari seminggu, dan Anda dapat memanjakan diri Anda di akhir pekan dengan satu kali makan dengan kadar gula rata-rata. Baca juga label komposisi makanan dengan cermat.

Baca Juga : 8 Tips Sehat agar Panjang Umur dan Sehat di Usia Tua 4. Jalani pola makan seimbang

Dewan Penelitian Medis India (ICMR) menyarankan untuk mengonsumsi pola makan seimbang 2000 Kkal dengan sereal & Sereal Nutrisi termasuk millet (250g), sayuran (400g), buah-buahan (100g), kacang-kacangan dan polong-polongan (85g), susu /dadih (300ml), kacang-kacangan dan biji-bijian (35g), lemak dan minyak sehat (27g).

Ingatlah hal ini selama perencanaan makan mingguan Anda. Lebih baik lagi, simpan rencana makan Anda di lemari es sehingga Anda dan juru masak Anda tahu apa yang harus disiapkan dan kapan. Pembelian bahan makanan yang direncanakan merupakan keuntungan tambahan.

5. Jagalah diri Anda tetap terhidrasi

Jumlah cairan yang dibutuhkan tubuh dapat bervariasi tergantung musim, lingkungan, dan aktivitas fisik. Minumlah air yang cukup. Saran umum adalah minum sekitar delapan gelas air 8 ons sehari, dengan total sekitar 2 liter. Membawa botol air dan mengatur pengatur waktu/pengingat hidrasi dapat membantu.

Baca Juga : Tips Merawat Diri Untuk Pulihkan Kesehatan Mental 6. Jangan melewatkan sarapan

Anda mungkin pernah mendengar kutipan terkenal “Makan sarapan seperti raja, makan siang seperti pangeran, dan makan malam seperti orang miskin” oleh ahli gizi terkenal Adelle Davis.

Sarapan adalah waktu makan yang paling penting, dan dengan sedikit perencanaan dan pilihan hidangan satu panci yang lebih sehat dan mudah, Anda dapat memasukkannya ke dalam menu Anda. Misalnya moong dal chilla, oats direndam, idli, upma, atau salad sehat untuk mengawali hari sibuk Anda dengan semangat positif.

7. Tidur nyenyak

Tidur yang cukup sangat penting untuk produktivitas optimal dan kesehatan secara keseluruhan. Untuk memastikan Anda mendapatkan 7-9 jam tidur berkualitas tinggi setiap malam, pertahankan rutinitas tidur yang konsisten.

Hindari paparan layar sebelum tidur. Sebelum tidur, Anda juga bisa mempraktikkan teknik relaksasi seperti membaca atau bermeditasi sebelum tidur juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

8. Berlatih yoga atau olahraga yang cocok untuk Anda

Yoga teratur membantu memperbaiki postur tubuh, mengurangi stres, dan meningkatkan fleksibilitas, yang dapat melawan efek duduk terlalu lama. Hal ini juga meningkatkan energi dan fokus, berkontribusi terhadap produktivitas yang lebih tinggi dan kesejahteraan secara keseluruhan. Peregangan sederhana, latihan pernapasan, dan meditasi dapat dilakukan bahkan di tempat kerja. Selain yoga, olahraga ringan seperti jalan pagi juga membantu untuk tetap aktif secara fisik.

9. Maafkan diri Anda sendiri, jangan stres untuk segala hal

Jika Anda tidak mengikuti aturan selama beberapa waktu, lanjutkan saja kapan pun dan di mana pun Anda bisa. Stres karena melewatkan olahraga atau makanan tidak sehat bisa menjadi kontraproduktif.

Leave a comment