Informasi Terpercaya Masa Kini

Begini Tanggapan Perusahaan Pelayaran atas Serangan Houthi di Laut Merah

0 22

TEMPO.CO, Jakarta – Serangan terhadap kapal-kapal di Laut Merah oleh militan Houthi yang bersekutu dengan Iran telah mengganggu rute pelayaran yang penting bagi perdagangan timur-barat, dengan pengalihan rute yang berkepanjangan yang mendorong kenaikan tarif pengiriman dan menyebabkan kemacetan di pelabuhan-pelabuhan Asia dan Eropa.

Di bawah ini adalah tindakan yang diambil oleh beberapa perusahaan pelayaran (sesuai urutan abjad):

CMA CGM

Grup pelayaran Prancis telah menangguhkan sebagian besar pelayaran Laut Merah tetapi masih mengirimkan beberapa kargo berdasarkan kasus per kasus ketika pengawalan angkatan laut Prancis memungkinkan, demikian kata Chairman dan CEO Rodolphe Saade pada 29 Februari.

Perusahaan ini memperkirakan gangguan pada pelayaran komersial akan berlangsung selama beberapa bulan.

Diana Shipping

Kapal-kapal perusahaan menghindari Terusan Suez.

“Transit Terusan Suez berjalan sekitar 40% di bawah yang terlihat selama paruh pertama Desember tahun lalu. Hal ini sebagian disebabkan oleh beberapa operator termasuk kami yang menghindari daerah tersebut,” kata Presiden Anastasios Margaronis pada 23 Februari.

Euronav

Perusahaan kapal tanker minyak Belgia mengatakan pada 18 Desember bahwa mereka akan menghindari Laut Merah sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Evergreen

Perusahaan pelayaran peti kemas Taiwan mengatakan pada 18 Desember bahwa kapal-kapalnya yang melayani layanan regional ke pelabuhan-pelabuhan Laut Merah akan berlayar ke perairan yang aman di dekatnya, sementara kapal-kapal yang dijadwalkan melewati Laut Merah akan dialihkan ke sekitar Afrika.

Frontline

Kelompok kapal tanker minyak yang berbasis di Norwegia ini mengatakan pada 18 Desember bahwa kapal-kapalnya akan menghindari Laut Merah dan Teluk Aden.

Gram Car Carriers

Maskapai pengangkut mobil asal Norwegia tersebut mengatakan pada 21 Desember bahwa kapal-kapalnya dilarang melewati Laut Merah.

Hafnia

Perusahaan pelayaran Norwegia mengatakan pada 12 Januari bahwa mereka telah menghentikan semua kapal yang menuju atau berada di Selat Bab al-Mandab.

Hapag-Lloyd

Perusahaan pelayaran peti kemas Jerman, yang pada Januari memutuskan untuk mengalihkan rute kapalnya di sekitar Afrika hingga pemberitahuan lebih lanjut, mengatakan pada 11 Juni bahwa mereka tidak mengharapkan industri pelayaran untuk melanjutkan pelayaran di Laut Merah meskipun gencatan senjata antara Hamas dan Israel segera tercapai.

Pada 14 Maret, perusahaan ini mengatakan bahwa gangguan di Laut Merah dan kelebihan pasokan kapal global akan memaksa mereka untuk memangkas biaya pada 2024, termasuk mengadaptasi rute pelayaran.

HMM

Pengangkut kontainer Korea Selatan mengatakan pada 19 Desember bahwa mereka telah memerintahkan kapal-kapal yang biasanya menggunakan Terusan Suez untuk mengalihkan rute di sekitar Afrika.

Hoegh Autoliners

Maskapai pengangkut mobil Norwegia ini mengatakan pada 20 Desember bahwa mereka akan berhenti berlayar melalui Laut Merah.

Pada 8 Februari, mereka mengatakan bahwa gangguan tersebut berdampak buruk pada kapasitas dan volumenya.

Klaveness Combination Carriers

Operator armada yang berbasis di Norwegia ini mengatakan pada 16 Januari bahwa mereka tidak akan mengangkut kapal-kapal mereka melalui Laut Merah sampai situasi membaik.

Kuehne+ Nagel

Grup logistik Swiss ini mengatakan pada 1 Maret bahwa mereka memperkirakan dampak dari krisis Laut Merah akan berlangsung hingga beberapa kuartal mendatang dan berdampak pada laba operasional kuartal kedua di kisaran dua digit juta franc Swiss.

Pada 23 April, CEO Stefan Paul mengatakan bahwa perusahaan ini memperkirakan tarif angkutan akan normal kembali menjelang akhir kuartal kedua.

Maersk

Grup pelayaran Denmark, yang menangguhkan lalu lintas Laut Merah pada 5 Januari “untuk masa mendatang”, mengatakan pada 17 Juli bahwa mereka mengalami dampak berjenjang dari gangguan di wilayah tersebut, dengan kemacetan di seluruh jaringan lautnya.

Pada 1 Juli, maskapai ini memperkirakan bahwa bulan-bulan mendatang akan menjadi tantangan bagi maskapai dan bisnis, karena gangguan terus berlanjut hingga kuartal ketiga.

MSC

Mediterranean Shipping Company (MSC) mengatakan pada 16 Desember 2023 bahwa kapal-kapalnya tidak akan transit melalui Terusan Suez.

Nippon Yusen

Kapal pengiriman terbesar di Jepang berdasarkan penjualan menangguhkan navigasi melalui Laut Merah untuk semua kapal yang dioperasikannya, seorang juru bicara mengatakan kepada Reuters pada 16 Januari.

Ocean Network Express

Perusahaan patungan antara Kawasaki Kisen Kaisha dari Jepang, Mitsui O.S.K. Lines dan Nippon Yusen mengatakan pada 19 Desember bahwa mereka akan mengalihkan rute kapal-kapal dari Laut Merah ke Tanjung Harapan atau untuk sementara waktu menghentikan perjalanan dan berpindah ke daerah yang aman.

OOCL

Grup peti kemas yang bermarkas di Hong Kong ini mengatakan pada 21 Desember bahwa mereka telah menginstruksikan kapal-kapalnya untuk mengalihkan diri dari Laut Merah atau menangguhkan pelayaran. Perusahaan ini juga berhenti menerima kargo dari dan ke Israel hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Star Bulk

CEO Star Bulk mengatakan pada 13 Februari bahwa perusahaan yang berkantor pusat di Yunani ini akan menghentikan pelayaran melalui Laut Merah setelah Houthi menyerang dua kapalnya.

Tailwind Shipping Lines

Unit Lidl, yang mengangkut barang-barang non-makanan untuk jaringan supermarket diskon dan barang-barang untuk pelanggan pihak ketiga, mengatakan pada Desember bahwa mereka berlayar di sekitar Afrika untuk saat ini.

TORM

Kelompok kapal tanker minyak Denmark mengatakan pada 12 Januari bahwa mereka telah memutuskan untuk menghentikan sementara semua transit melalui Laut Merah bagian selatan untuk saat ini.

Wallenius Wilhelmsen

Kelompok pelayaran Norwegia mengatakan pada 19 Desember bahwa mereka akan menghentikan transit Laut Merah sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Yang Ming Marine Transport

Perusahaan pengapalan container Taiwan mengatakan pada 18 Desember, mereka akan mengalihkan kapal-kapal via Tanjung Harapan untuk dua pekan ke depan. Hingga saat ini, maskapai pelayaran ini belum memperbarui informasinya.

REUTERS

Pilihan Editor: Houthi Siarkan Video Peledakan Kapal Tanker Minyak MT Chios Lion di Laut Merah

Leave a comment