Informasi Terpercaya Masa Kini

Jokowi Tetapkan Dua KEK Baru, Ini Rinciannya

0 11

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) baru pada Juni 2024.

Pertama adalah KEK Tanjung Sauh di Pulau Tanjung Sauh, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dengan luas 840,67 hektar yang ditetapkan menjadi KEK melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2024 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Sauh.

KEK Tanjung Sauh diusulkan oleh PT Batam Raya Sukses Perkasa, memiliki komitmen realisasi investasi Rp 199,6 triliun dan diharapkan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 366.087 orang hingga 2053.

Dengan pengembangan KEK Tanjung Sauh, diharapkan akan mendorong competitiveness bagi Indonesia.

Hal ini sekaligus memberikan dampak signifikan bagi perekonomian wilayah melalui penerimaan investasi mencapai Rp 199,6 triliun.

“Selain itu juga mendorong penciptaan lapangan pekerjaan, baik langsung maupun tidak langsung, sebesar 366.087 orang ketika beroperasi penuh selama 30 tahun,” jelas Plt Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK Rizal Edwin Manansang, dikutip dari laman resmi Dewan Nasional KEK, Senin (22/7/2024).

KEK Tanjung Sauh memiliki rencana bisnis produksi dan pengolahan, pengembangan energi, serta logistik dan distribusi.

Baca juga: Airlangga: Dalam Sebulan, KEK dengan Kinerja Kurang Optimal Akan Dievaluasi

Kedua adalah KEK Setangga di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan yang ditetapkan melalui PP Nomor 26 Tahun 2024 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Setangga.

KEK Setangga ditetapkan agar mempercepat penciptaan lapangan kerja dan pengembangan wilayah Tanah Bumbu dalam mendukung pengembangan ekonomi wilayah dan ekonomi nasional.

Wilayah Setangga sebagai bagian wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan telah memenuhi kriteria dan persyaratan untuk ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus,” demikian bunyi PP itu.

Adapun KEK Setangga memiliki luas 668,3 hektar yang terletak dalam wilayah Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Sementara itu, kegiatan usaha di KEK Setangga terdiri atas produksi dan pengolahan, logistik dan distribusi, serta pengembangan energi.

Daftar lengkap 22 KEK di Indonesia

  1. KEK Arun Lhokseumawe
  2. KEK Sei Mangkei
  3. KEK Batam Aero Technic
  4. KEK Galang Batang
  5. KEK Kendal
  6. KEK Gresik
  7. KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK)
  8. KEK Palu
  9. KEK Bitung
  10. KEK Nongsa
  11. KEK Sorong
  12. KEK Tanjung Kelayang
  13. KEK Lido
  14. KEK Tanjung Lesung
  15. KEK Singhasari
  16. KEK Mandalika
  17. KEK Sanur
  18. KEK Morotai
  19. KEK Likupang
  20. KEK Kura-Kura Bali
  21. KEK Tanjung Sauh
  22. KEK Setangga
Leave a comment