Informasi Terpercaya Masa Kini

Ini Provinsi yang Tepat untuk Kaesang Jika Maju Pilkada 2024 Menurut Jokowi

0 22

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons soal provinsi yang tepat bagi putra bungsunya sekaligus Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep apabila maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Orang nomor satu di Indonesia tersebut menyebut Jawa Tengah dan Jakarta merupakan dua daerah yang sama-sama bagus dan cocok bagi anaknya untuk berkontestasi politik.

“Ya di Jawa Tengah bagus, di Jakarta juga bagus karena ini kan semua wilayah Indonesia,” katanya saat memberikan keterangan pers sebelum berangkat melaksanakan kunjungan kenegaraan ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) di Pangkalan TNI AU (Lanud) Halim Perdanakusuma, Selasa (16/7/2024).

Baca Juga : Elektabilitas Kaesang: Lebih Baik di Pilkada Jakarta atau Jateng?

Bisnis mencatat, Kepala Negara juga telah mendoakan keputusan putra bungsunya jika berniat maju sebagai calon gubernur pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

“Tugasnya orang tua itu hanya mendoakan,” ujarnya saat melepas bantuan kemanusiaan Untuk Papua Nugini dan Afganistan, Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (8/7/2024).

Baca Juga : : Teka-teki Kursi Gubernur Kaesang di Balik Safari Politik

Pernyataan Jokowi itu mirip ketika memberi restu kepada Gibran Rakabuming Raka. Jokowi waktu itu juga menyampaikan bahwa kalimat yang sama saat Gibran ramai disandingkan sebagai calon wakil presiden alias cawapres Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

Jika Kaesang jadi maju sebagai kandidat entah kepala daerah atau wakil kepala daerah, Jokowi akan menjadi satu-satunya presiden yang anak sulungnya jadi wapres terpilih, menantunya jadi cagub Sumatra Utara, dan putra bungsunya maju dalam Pilkada 2024.

Baca Juga : : Golkar Usul Duet Kaesang-Jusuf Hamka, PAN Ngotot Zita Anjani Cawagub

Di sisi lain, dalam lembaga survei Indikator Politik Indonesia tercatat Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu memiliki dukungan cukup melimpah apabila maju sebagai calon gubernur (cagub) di Jawa Tengah.

Hal itu terungkap dari hasil survei terbaru lembaga survei Indikator Politik Indonesia terhadap 800 orang responden di wilayah Jawa Tengah dengan margin of error 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen per tanggal 10-17 Juni 2024.

Bahkan, ada 34,5 persen warga Jawa Tengah yang menyebut alasan memilih Kaesang karena berasal dari keluarga tokoh politik. Sebagaimana diketahui, Kaesang merupakan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sementara itu, untuk nama Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi banyak dipilih masyarakat karena dinilai tegas dan punya wibawa sebesar 29,7 persen.

Kemudian, alasan lain warga Jawa Tengah memilih Irjen Pol Ahmad Luthfi karena masih belum tahu nama calon lain yang ingin maju di Pilkada Jawa Tengah sebesar 23,3 persen.

Leave a comment