Informasi Terpercaya Masa Kini

Apa Penyebab Badan Sering Mengantuk? Berikut 10 Daftarnya…

0 44

KOMPAS.com – Sering mengantuk bisa jadi merupakan gejala dari masalah kesehatan yang lebih serius. Lalu, apa penyebab badan sering mengantuk?

Beberapa penyebab mengantuk terus yang umum dialami, yakni stres, kurang tidur, dehidrasi, dan konsumsi makanan yang kurang bernutrisi.

Masalah kesehatan lainnya juga bisa membuat Anda mudah mengantuk seperti diabetes, apnea tidur, dan anemia.

Untuk lebih jelasnya, ketahui beberapa penyebab badan sering mengantuk yang perlu diketahui berikut ini.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan jika Sering Mengantuk? Berikut 10 Daftarnya…

Apa penyebab badan sering mengantuk?

Mengantuk terus-menerus bisa jadi disebabkan oleh faktor kebiasaan dan masalah kesehatan lainnya yang lebih serius.

Disarikan dari Cleveland Clinic dan Healthline, berikut adalah beberapa penyebab badan sering mengantuk yang perlu diketahui.

  • Gangguan tidur

Merasa mengantuk terus-menerus bisa jadi disebabkan oleh beberapa gangguan tidur, seperti apnea tidur dan insomnia.

Gangguan tidur tersebut tidak hanya akan menurunkan kualitas tidur, tetapi juga akan membuat Anda merasa sangat mengantuk ketika bangun.

  • Kekurangan nutrisi

Kekurangan nutrisi, seperti zat besi, vitamin B2, vitamin B3, dan folat, bisa membuat tubuh terasa sangat lemas dan mudah mengantuk.

Bahkan, kekurangan nutrisi bisa jadi salah satu alasan kenapa mengantuk terus padahal tidur cukup.

Baca juga: 8 Penyebab Mudah Mengantuk di Pagi Hari, Tak Hanya Kurang Tidur

  • Gangguan kesehatan mental

Gangguan kesehatan mental, seperti stres dan depresi, bisa membuat Anda merasa tidak bersemangat untuk beraktivitas sehingga berdampak negatif pada kualitas tidur.

Tidak hanya itu saja, gangguan kesehatan mental juga akan berdampak negatif pada struktur dan fungsi otak sehingga menimbulkan gejala, seperti kelelahan dan ngantuk terus.

  • Konsumsi makanan yang kurang sehat

Makanan yang dikonsumsi akan sangat memengaruhi suasana hati dan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Ketika makanan yang dikonsumsi tidak memberikan nutrisi yang cukup untuk tubuh, otot dan lemak tubuh akan berkurang sehingga membuat Anda merasa lemas dan mengantuk.

  • Dehidrasi

Menjaga agar tubuh terhidrasi dengan baik dapat membantu untuk menyeimbangkan kadar energi.

Sebaliknya, kekurangan cairan tubuh, atau dehidrasi, akan menurunkan energi sehingga menimbulkan beberapa gejala, seperti haus, lelah, pening, mengantuk, dan sakit kepala.

Baca juga: 10 Sebab Mudah Mengantuk Setelah Makan, Termasuk Gula Darah Tinggi

  • Berat badan berlebih

Berat badan berlebih tidak hanya akan meningkatkan risiko masalah kesehatan yang lebih serius, seperti diabetes tipe 2, tetapi juga akan menurunkan kualitas tidur.

Menjaga agar berat badan tetap ideal sangatlah penting sehingga energi dan kualitas tidur di malam hari tetap terjaga.

  • Anemia

Kekurangan zat besi, atau anemia, adalah kondisi di mana tubuh tidak bisa memproduksi sel darah merah yang cukup sehingga membuat Anda mudah lelah dan mengantuk.

Padahal, sel darah merah diperlukan oleh tubuh untuk menyalurkan oksigen ke organ-organ di dalam tubuh sehingga bisa berfungsi dengan baik.

  • Kehamilan

Tubuh akan bekerja dengan lebih keras untuk mendukung fungsi serta energi organ-organ di dalam tubuh dan janin di dalam kandungan.

Kondisi ini tidak hanya akan memberikan beban lebih berat pada tubuh, tetapi juga akan membuat Anda lebih lelah dan mengantuk terus.

  • Diabetes

Sering merasa mengantuk adalah salah satu gejala diabetes yang kerap dialami.

Pasalnya, kadar gula darah di dalam tubuh meningkat sehingga menimbulkan dehidrasi dan membuat badan lemas dan mengantuk.

  • Masalah kesehatan lainnya

Masalah kesehatan lainnya juga bisa jadi penyebab tidur 8 jam masih ngantuk, seperti hipotiroid, gangguan ginjal kronis, dan infeksi bakteri atau virus,.

Pengobatan dan perawatan secara medis mungkin diperlukan untuk mengatasi masalah kesehatan yang dialami sehingga rasa mengantuk berangsur berkurang.

Memahami apa penyebab badan sering mengantuk sangatlah penting sehingga Anda bisa melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan.

Meskipun begitu, Anda diimbau untuk tidak melakukan diagnosis pribadi dan minum obat-obatan tertentu yang belum terbukti aman secara medis.

Anda juga diimbau untuk segera ke dokter jika rasa mengantuk mulai mengganggu atau disertai dengan gejala lainnya sehingga Anda bisa mendapatkan diagnosis serta pengobatan yang tepat.

Baca juga: Mudah Lelah dan Mengantuk Kekurangan Vitamin Apa? Ini 10 Daftarnya…

Leave a comment