Informasi Terpercaya Masa Kini

Berapa Lama Jalan Kaki yang Baik untuk Kesehatan?

0 51

KOMPAS.com – Berapa lama jalan kaki yang baik untuk kesehatan?

Pertanyaan ini mungkin pernah muncul di benakmu. Faktanya, jalan kaki secara rutin dapat membantu menjaga kebugaran secara keseluruhan.

Menjawab pertanyaan berapa lama jalan kaki yang baik untuk kesehatan, berikut ulasannya.

Baca juga: Jalan Kaki 5.000 Langkah, Berapa Lama Waktu Dibutuhkan?

Berapa lama jalan kaki yang baik?

Dilansir dari situs Asosiasi Jantung Amerika (AHA), rekomendasi aktivitas fisik adalah 150 menit per pekan untuk aktivitas aerobik intensitas moderat dan 75 menit per pekan untuk aktivitas aerobik berat.

Kita juga bisa mengombinasijan keduanya, tetapi dianjurkan untuk dibagi menjadi beberapa hari dalam sepekan.

Selain itu, selingi dengan aktivitas penguatan otot intensitas tinggi atau moderat setidaknya dua kali per pekan. Aktivitasnya seperti latihan ketahanan atau angkat beban.

Baca juga: Manfaat Jalan Kaki 5.000 Langkah Setiap Hari

Kendati demikian, dilansir dari Verywell Health, sebuah pernyataan ilmiah yang dipublikasikan pada edisi Mei jurnal Circulation dari AHA menuliskan bahwa banyak orang tidak bisa memenuhi rekomendasi tersebut.

Tak hanya itu, banyak dari mereka yang menyadari pentingnya jalan kaki secara rutin bagi kesehatan mereka.

Sementara itu, para pakar mengatakan bahwa aktivitas fisik selama 20 menit bisa diakumulasi. Misalnya, dengan menggabungkan beberapa sesi jalan cepat dalam sejari.

“Naik-turun tangga ke tempat parkir atau ke toko juga bisa menyumbang jumlah langkah,” ujar Gerald Jerome, PhD, FAHA, ketua sukarelawan komite penulisan untuk pernyataan ilmiah dan seorang ilmuwan latihan perilaku serta profesor di Departemen Kinesiologi di Towson University, seperti dilansir dari VerywellHealth.

Untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan, usahakan membiasakan diri berjalan cepat sekitar 30 menit per hari. Pastikan jenis langkahmu adalah jalan cepat, namun masih memungkinkan kamu untuk sedikit berbicara. Hal ini disebut brisk walk.

Jika mau membaginya menjadi beberapa waktu dalam sehari, cobalah melakukannya di tiga waktu berbeda dan secara perlahan meningkatkan jummlahnya.

Kamu bisa memasukannya pada aktivitas-aktivitas seperti berjalan kaki menuju kendaraan umum dan jalan bersama hewan peliharaan.

Leave a comment