Informasi Terpercaya Masa Kini

Google: Kecerdasan Buatan (AI) Bakal Ubah Cara Pemasaran, Dunia Usaha Perlu Adopsi

0 34

Bisnis.com, JAKARTA – Google dan pemimpin industri mengungkapkan bahwa kecerdasan buatan (AI) akan mengubah lanskap pemasaran suatu produk. Alhasil, Dunia usaha dituntut untuk segera mengadopsi AI agar mampu terus berkembang di lingkungan digital yang makin kompleks.

Country Marketing Manager Google Indonesia Muriel Makarim mengatakan bahwa pemanfaatan AI sangat penting agar bisnis terus kompetitif dan berkembang di era digital.

“AI bukan sekadar kemajuan teknologi, tetapi juga sebuah perubahan besar dalam cara kita melakukan pemasaran,” kata Muriel dikutip Kamis (11/7/2024). 

Baca Juga : Awas Penipuan Tiket Bus Palsu Marak di Facebook hingga Google!

Laporan Chief Economist Outlook 2024Chief Economist Outlook 2024, yang diterbitkan oleh New Economy and Society pada World Economic Forum 2023, menggarisbawahi peran AI generatif sebagai evolusi teknologi yang memiliki pengaruh signifikan.

Pada saat yang bersamaan, hal ini juga menyuguhkan tantangan struktural baru bagi para pelaku bisnis dan pembuat kebijakan yang telah menganggap bahwa AI generatif adalah teknologi utama.

Baca Juga : : KPPU Mulai Persidangan Dugaan Monopoli Google Play Billing System

Dalam laporan tersebut, 42% dari koresponden mengantisipasi bahwa teknologi ini akan mendisrupsi aspek komersial. Sementara itu, sebuah studi oleh Kearney dan EBDIKearney dan EBDI juga menyoroti potensi kontribusi masif dari AI terhadap ekonomi di Indonesia, memprediksi peningkatan sebesar US$366 miliar pada pertumbuhan domestik bruto (PDB) dalam sepuluh tahun ke depan.

Muriel juga menekankan pertumbuhan pesat kapabilitas AI, yang telah membuka peluang yang jauh lebih besar bagi bisnis. AI saat ini juga sudah dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan hasil nyata. 

Baca Juga : : Telkom (TLKM) – Indosat (ISAT) Bersaing Ketat Berebut Kue Kecerdasan Buatan (AI)

Salah satu perusahaan yang telah memanfaatkan AI dalam pemasaran adalah Aqua. Media and Digital Lead Danone AQUA Intan Andini menjelaskan kampanye AQUA di bulan Ramadan berhasil mencapai efisiensi dan dampak yang luar biasa dengan memanfaatkan AI. 

“Kampanye ini menciptakan pengalaman yang personal dan menarik bagi konsumen. Kami mentransformasi aset kreatif dari jumlah yang terbatas menjadi sejumlah aset beragam yang masing-masing memainkan peran spesifik dalam strategi pemasaran,” jelas Intan. 

Dia menambahkan AQUA juga menjadi brand pertama di Asia Pasifik yang menggunakan inovasi ‘unskippable CTV ads’ disertai dengan penempatan premium yang kemudian berhasil meningkatkan tingkat ingatan terhadap iklan hingga 4x lipat dari rata-rata dan menjadi yang terbaik di kelasnya.

Inovasi Google Ads

Sementara itu, Managing Director Product Specialist Team Google Gaurav Kapoor menyampaikan berbagai fitur menarik dan penyempurnaan baru pada Google Ads berteknologi AI. Dia menjelaskan bagaimana pembuatan aset pemasaran dengan dukungan AI dalam kampanye Performa Maksimal (Performance Max) dapat membantu pemasar menghasilkan aset teks dan gambar untuk kampanye mereka hanya dengan beberapa klik. 

“Selain itu, dengan pengalaman percakapan di iklan Search, pemasar dapat memasukkan URL halaman landing mereka dan Google AI akan otomatis membuat deskripsi singkat tentang bisnis terkait dan menyarankan judul, kata kunci, serta gambar yang relevan,” kata Kapoor. 

Leave a comment