Informasi Terpercaya Masa Kini

7 Cara Mengetahui HP Disadap dan Cara Mengatasinya Lengkap

0 44

Meski kini smartphone sudah sangat canggih, tapi bukan berarti kebal dengan penyadapan. Perangkat tersebut justru lebih rentan terhadap penyadapan, terutama dengan aplikasi pihak ketiga. 

Sayangnya, tidak banyak orang yang sadar kalau smartphone miliknya ternyata mengalami penyadapan.

Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara mengetahui HP disadap dan cara mengatasinya supaya lebih aman. Simak, ya!

1. Masa pakai baterai lebih cepat

Ciri pertama yang paling mudah dikenali adalah masa pakai baterai ponsel yang jauh lebih singkat daripada sebelumnya. Selain itu, baterai HP-mu juga akan menjadi lebih panas dari biasanya saat sedang digunakan. 

Jika demikian, maka kemungkinan ada perangkat lunak penyadapan yang berjalan di latar belakang. Hal itu akan menghabiskan daya baterai.

Namun bukan pasti penyadapan, masa pakai baterai yang menurun drastis juga bisa diakibatkan karena umur baterai ponsel yang sudah terlalu lama. Hal semacam itu bisa menjadi penyebab baterai terkuras dengan sangat cepat. 

2. Penggunaan data seluler yang tinggi

Banyak aplikasi yang menggunakan data dalam jumlah besar, terutama jika kamu tidak tersambung ke WiFi. Namun ternyata, hal itu bisa menjadi cara mengetahui HP disadap. 

Cobalah cek perangkatmu apakah data yang kamu gunakan meningkat secara signifikan atau tidak. Jika iya, kamu perlu mengetahui secara pasti mengapa hal tersebut terjadi. 

Namun jika alasannya tidak ada, maka mungkin ada pihak ketiga yang menyadap ponselmu. Perangkat lunak berbahaya itu menggunakan kuota untuk mengirimkan informasi yang dikumpulkan ke sumber luar. Jadi, bukan hanya bisa menghabiskan data saja tapi juga bisa mengandalkan WiFi. 

3. Situs web terlihat berbeda

Tak banyak yang menyadari, jika terdapat aplikasi berbahaya di ponsel. Aplikasi tersebut bisa mengubah tampilan situs web yang sering kamu kunjungi.

Malware tersebut bertindak sebagai proxy yang menyadap komunikasi antara kamu dan situs yang akan dikunjungi. Maka dari itu, mereka mungkin menampilkan halaman palsu kepadamu atau melacak apapun yang kamu ketik.

Hal ini menjadi masalah besar jika kamu menggunakan m-Banking dan semacamnya yang memerlukan data pribadi. 

4. Muncul iklan dan aplikasi yang tidak diinginkan

Tanpa disadari, iklan bisa digunakan untuk mengumpulkan data dan mengundang instalasi malware lainnya untuk para peretas. Iklan tersebut akan mendorong korban untuk mengekliknya dan peretas akan menghasilkan pendapatan dari setiap klik. 

Selain itu, mengeklik tautan dan meng-install aplikasi yang tidak diinginkan juga bisa berisiko menyebabkan lebih banyak malware. Bukan hanya itu saja, iklan dan aplikasi tersebut bisa meningkatkan penggunaan data. 

Supaya hal itu tidak terjadi, kurangi risiko dengan hanya mengunduh dari toko aplikasi resmi yang sudah menyaring aplikasi maupun game sebelum bisa diunduh. 

5. Muncul pesan mencurigakan

Banyak cara mengetahui HP disadap yang tidak disadari para pengguna, salah satunya adalah masuknya pesan aneh. Pesan tersebut biasanya hanya dianggap sebagai spam, gangguan, ataupun nomor yang salah. 

Namun sebenarnya, ada SMS yang mencirikan bahwa ponselmu sedang disadap. SMS tersebut bisa berisi serangkaian angka, karakter, maupun simbol yang acak. Penyebabnya kemungkinan adalah kesalahan pada spyware yang belum terpasang dengan benar.

Kumpulan data acak tersebut dikirim dari server peretas untuk merusak aplikasi palsu atau aplikasi tersebut mencoba menghubungi pembuatnya. Maka dari itu, pastikan untuk melihat pesan yang masuk ke ponsel, folder terkirim, dan kotak keluar jika kamu mencurigai HP disadap. 

6. Terjadi masalah saat mematikan ponsel

Cara mengetahui HP disadap lainnya adalah tiba-tiba HP-mu menjadi kurang responsif dan sulit untuk dimatikan dayanya. Hal itu karena seseorang mungkin sudah memperoleh akses yang tidak sah ke dalam ponsel tersebut. 

Periksa apakah setelah proses mematikan daya tersebut lampu latar ponsel masih menyala. Jika iya, maka penyebabnya mungkin dari perangkat lunak berbahaya atau karena pembaharuan sistem terkini. 

7. Tagihan telepon lebih tinggi dari biasanya

Terakhir, tagihan telepon yang lebih tinggi dari biasanya merupakan tanda lain kalau ponselmu tersadap. Cobalah cek dan ingat kembali apakah kamu baru saja mengunduh aplikasi baru yang menggunakan banyak data. Sebab jika iya, maka hal itu bisa menjadi penyebab tagihan meningkat. 

Namun, spyware atau aplikasi penyadapan berbahaya lainnya juga bisa menggunakan paket data seluler untuk melakukan transaksi rahasia tanpa sepengetahuanmu. Jika demikian, maka segera matikan data seluler dan hubungi operator supaya mendapatkan bantuan. 

Demikian cara mengetahui HP disadap dan cara mengatasinya supaya kamu tidak terjebak di dalamnya. Semoga informasi di atas membantu, ya!

Baca Juga: 8 Cara Mengetahui Siapa yang Hack HP Kita, Waspadai!

Baca Juga: 5 Cara Download Story IG Tanpa Aplikasi, Mudah dan Enggak Ribet

Baca Juga: 7 Cara Download Video di IG Tanpa Aplikasi, Mudah dan Gratis!

Leave a comment