Informasi Terpercaya Masa Kini

Google Ungkap Dampak Buruk Penggunaan AI Generatif di Internet

0 38

Baru-baru ini para peneliti Google  menerbitkan makalah yang memperingatkan dampak buruk kecerdasan buatan (AI) generatif terhadap internet. Google menilai konten palsu yang dihasilkan oleh AI generatif dapat merusak kualitas internet. Dalam studi yang belum di-peer review ini, Google menemukan bahwa banyak pengguna memanfaatkan AI generatif untuk mengaburkan batas antara konten asli dan palsu dengan mengunggah gambar dan video buatan AI.

Peneliti juga mengkaji berbagai penelitian sebelumnya mengenai AI generatif serta sekitar 200 artikel berita yang melaporkan penyalahgunaan teknologi ini.

“AI mampu melakukan manipulasi dan karyanya mirip dengan manusia. Pemalsuan bukti adalah taktik paling umum dalam penyalahgunaan AI di dunia nyata,” tulis peneliti Google dalam studi tersebut, yang dikutip dari Futurism.

“Taktik ini umumnya digunakan untuk mempengaruhi opini publik, memudahkan penipuan, atau menghasilkan keuntungan,” tambahnya.

Belum lagi, saat ini banyak pengguna dengan mudah memanfaatkan banyaknya platform AI generatif yang mudah diakses oleh siapa saja tanpa memerlukan keahlian khusus. Sebagian besar pengguna internet juga kesulitan membedakan antara konten asli dan konten buatan AI.

“Produksi massal konten sintetis berkualitas rendah, mirip spam, dan berniat jahat berisiko meningkatkan keraguan masyarakat terhadap informasi digital dan membebani pengguna dengan tugas verifikasi,” jelas peneliti Google.

Peneliti Google juga menyebut beberapa contoh di mana tokoh terkenal membantah rumor atau informasi negatif tentang mereka sebagai hasil dari AI. Menariknya, laporan ini tidak membahas fitur AI kontroversial milik Google. Belum lama ini, fitur AI Overviews pada Google Search mendapat kritik karena memberikan jawaban aneh dan tidak masuk akal, seperti menyarankan penggunaan lem tidak beracun agar keju bisa menempel di pizza atau mengutip ‘ahli geologi’ untuk makan satu batu kecil per hari. Hasil pencarian yang aneh tersebut langsung dihapus dan fitur ini dibatasi.

Baca Juga: Daftar Fitur AI HP realme 13 Pro Series, Kualitas Gambar Menakjubkan!

Leave a comment