Informasi Terpercaya Masa Kini

Apa Manfaat Jalan Kaki 5.000 Langkah Sehari? Berikut 12 Daftarnya…

0 60

KOMPAS.com – Berolahraga setiap hari, termasuk berjalan kaki, dapat membuat tubuh semakin sehat. Lalu, apa manfaat jalan kaki 5.000 langkah sehari?

Ternyata, jalan kaki 5.000 langkah memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan suasana hati, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Namun, manfaat yang lebih besar bisa didapatkan jika Anda menambah jumlah langkah yang ditempuh setiap hari.

Untuk lebih jelasnya, ketahui beberapa manfaat jalan kaki 5.000 langkah setiap hari berikut ini.

Baca juga: Berapa Lama Waktu Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan?

Apa manfaat jalan kaki 5.000 langkah sehari?

Ternyata, jalan kaki sebanyak 5.000 langkah setiap hari dapat mendukung kesehatan tubuh dan menghindarkan dari risiko masalah kesehatan kronis.

Bahkan, setiap 1.000 langkah jalan kaki yang dilakukan akan memberikan lebih banyak manfaat untuk kesehatan.

Disarikan dari Prevention dan Healthline, berikut adalah beberapa manfaat jalan kaki 5.000 langkah sehari yang perlu diketahui.

  • Meningkatkan suasana hati

Jalan kaki setiap hari, meskipun hanya selama 10 menit, adalah salah satu cara yang baik untuk meningkatkan suasana hati.

Pasalnya, berjalan kaki secara rutin dapat berdampak positif sistem saraf sehingga rasa marah dan rasa benci bisa berkurang.

Baca juga: 10 Manfaat Jalan Kaki 1 Jam Setiap Hari, Termasuk Menyehatkan Sendi

  • Menurunkan berat badan

Berjalan kaki 5.000 langkah setiap hari dapat mengurangi lemak perut dan meningkatkan respons tubuh terhadap insulin.

Olahraga jalan kaki yang dilakukan setiap hari juga akan meningkatkan metabolisme tubuh dengan cara membakar kelebihan kalori dan mencegah kehilangan otot yang kerap terjadi seiring bertambahnya usia.

  • Menyehatkan jantung

Berjalan kaki secara rutin sudah terbukti dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung dan stroke, hingga sebesar 30 persen.

Bahkan, menambah jumlah langkah kaki sebanyak 1.000 langkah per hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 0,45 sehingga kesehatan jantung akan tetap terjaga.

  • Menurunkan risiko penyakit kronis

Rutin jalan kaki sudah terbukti dapat menurunkan risiko berbagai masalah kesehatan kronis, seperti obesitas, apnea tidur, depresi, dan diabetes tipe 2.

Manfaat yang lebih besar juga bisa didapatkan jika Anda jalan kaki setelah makan, setidaknya selama dua menit.

Baca juga: Berapa Langkah Minimal Orang Jalan Kaki 1 Hari? Berikut Penjelasanya…

  • Meningkatkan kualitas tidur

Berolahraga secara rutin, termasuk berjalan kaki, dapat membantu untuk meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Jalan kaki yang dilakukan akan meningkatkan produksi hormon melatonin, atau hormon tidur, sehingga akan berdampak positif pada kualitas dan durasi tidur di malam hari.

  • Meningkatkan kemampuan otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang rajin berjalan kaki, setidaknya selama satu jam setiap tiga kali seminggu, memiliki kemampuan otak yang lebih baik.

Pasalnya, olahraga jalan kaki yang dilakukan dapat meningkatkan aliran darah ke otak sehingga fungsi otak juga akan meningkat.

  • Mengurangi nyeri sendi

Jalan kaki 10 menit sehari, atau sekitar satu jam seminggu, dapat menurunkan risiko kelumpuhan dan mengurangi gejala arthritis, atau nyeri sendi, pada orang dewasa.

Pasalnya, jalan kaki yang dilakukan dapat meningkatkan kemampuan gerak dan mobilitas karena aliran darah semakin lancar serta otot semakin kuat.

  • Mencegah varises

Risiko varises dapat meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Namun, jalan kaki adalah salah satu jenis olahraga yang bisa mencegah penyakit varises dengan cara menguatkan dan menjaga kesehatan otot kaki.

  • Menyehatkan sistem pencernaan

Berjalan kaki setiap hari sudah terbukti dapat menyehatkan sistem pencernaan.

Pasalnya, jalan kaki melibatkan otot perut dan otot inti sehingga akan berdampak positif pada sistem pencernaan.

  • Meningkatkan fungsi sistem minum tubuh

Melakukan olahraga dengan intensitas sedang, termasuk jalan kaki, dapat meningkatkan fungsi sistem imun tubuh.

Akibatnya, sistem imun tubuh dapat melawan patogen sehingga risiko sakit, termasuk karena infeksi, dapat berkurang.

Baca juga: Jalan Kaki Menyembuhkan Penyakit Apa Saja? Berikut Penjelasannya…

  • Melindungi tulang

Jalan kaki secara rutin dapat membuat tulang semakin kuat dan sehat sehingga risiko pengeroposan tulang di usia lanjut akan berkurang.

Bahkan, jalan cepat selama 30 menit setiap tiga hari sekali sangat disarankan untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang pada para wanita yang memasuki masa premenopause.

  • Menurunkan gula darah tinggi

Jalan jalan kaki 15 menit setiap tiga kali sehari, khususnya setelah sarapan, makan siang, dan makan malam, sudah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah tinggi.

Jalan kaki yang dilakukan dapat membantu tubuh untuk menggunakan insulin secara efektif dan menurunkan resistensi insulin, khususnya pada penderita diabetes.

Memahami apa manfaat jalan kaki 5.000 langkah sehari sangatlah penting sehingga Anda bisa melakukan jenis olahraga ini secara rutin.

Namun untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar, Anda diimbau untuk meningkatkan jumlah langkah secara bertahap dan melakukannya secara rutin setidaknya selama 30 menit sehari.

Baca juga: 10 Manfaat Jalan Kaki 10.000 Langkah Setiap Hari untuk Kesehatan

Leave a comment