Informasi Terpercaya Masa Kini

Alasan Kenapa Mobil Modern Gampang Ringsek

0 66

KLATEN, KOMPAS.com – Rangka mobil tak hanya sebagai penopang komponen dan penumpang, tapi kini juga menjadi fitur keselamatan pasif seperti yang dikembangkan oleh produsen mobil.

Sebagai contoh Mitsubishi yang menamakan fitur keselamatan desain rangka yang dapat meredam benturan ketika terjadi kecelakaan dengan sebutan reinforced impact safety evolution (RISE).

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service Sukoharjo mengatakan RISE berusaha mengurangi tingkat fatalitas penumpang ketika terjadi kecelakaan.

Baca juga: Kecelakaan Fatal Pajero Sport, Ini Pentingnya RUP Bumper Belakang Truk

“Adanya desain RISE pada bodi mobil dapat meredam energi benturan secara efisien dan mempertahankan keutuhan kabin saat terjadi tabrakan depan,” ucap Muchlis.

Muchlis mengatakan mobil-mobil modern terkesan mudah rigsek ketika terjadi kecelakaan, namun sebenarnya itulah desain khusus bagian depan mobil, yakni bertujuan untuk meredam benturan.

“Sehingga benturan penumpang di dalam kabin tidak terlalu besar, kabin masih utuh, sehingga airbag dan sabuk keselamatan dapat melindungi penumpang dengan efektif,” ucap Muchlis.

Baca juga: Pengakuan Sopir Pajero yang Terlibat Kecelakaan di Tol Semarang-Batang, 4 Orang Meninggal Dunia

Muchlis mengatakan fokus produsen mobil dalam menciptakan fitur keselamatan pasif memang agar dapat melindungi penumpang meski membuat mobil terkesan ringkih karena mudah ringsek.

“Bagian ini ada di area mesin atau bagian depan, sehingga ketika terjadi benturan ruang mesin pasti ringsek karena difungsikan sebagai peredam agar kabin tetap utuh, penumpang minim cedera atau selamat,” ucap Muchlis.

Jadi, rangka RISE pada mobil Mitsubishi merupakan keunggulan, khususnya dalam hal mendukung keselamatan penumpang.

Leave a comment