Informasi Terpercaya Masa Kini

9 Minuman Pagi Terbaik Penurun Kolesterol, Enak dan Mudah Dibikin

0 2

Khawatir punya kolesterol tinggi? Coba konsumsi minuman ini setiap pagi untuk menurunkan kolesterol Bunda.

Kolesterol tinggi menjadi salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami masyarakat saat ini. Kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan komplikasi serius lainnya.

Kolesterol sebenarnya zat lilin yang digunakan tubuh untuk membuat sel dan hormon. Kolesterol dibagi menjadi dua, high-density lipoprotein (HDL) dan low-density lipoprotein (LDL).

HDL merupakan jenis kolesterol ‘baik’, dan kadar sebaiknya ditingkatkan untuk kesehatan yang optimal. Sebaliknya, LDL adalah jenis kolesterol ‘jahat’ dan kadar yang lebih rendah dapat membantu meningkatkan kesehatan.

Baca Juga : 10 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami, Bunda Bisa Coba di Rumah

Salah satu cara alami yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dengan mengonsumsi minuman sehat pada pagi hari.

Ada beberapa minuman sehat yang bisa meningkatkan kadar HDL atau menurunkan LDL. Mengutip dari Medical News Today dan Times of India, berikut minuman pagi terbaik yang bisa membantu menurunkan kolesterol, sekaligus enak dan mudah dibikin.

Minuman pagi terbaik penurun kolesterol

Berikut deretan minuman pagi terbaik penurun kolesterol.

1. Air lemon hangat dicampur jahe

Air lemon hangat menjadi salah satu minuman pagi terbaik untuk menurunkan kolesterol. Lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Rebus potongan jahe segar dengan air selama beberapa menit lalu saring. Tambahkan perasan setengah buah lemon ke dalam segelas air hangat. Konsumsi setiap pagi sebelum sarapan.

Minuman ini tidak hanya menyegarkan namun juga mendukung proses detoksifikasi tubuh. Khasiat antioksidan dan antiradang yang terkandung dalam jahe juga membantu menjaga kadar kolesterol.

Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol serta trigliserida dalam darah. Untuk membuat air jahe, dan minum saat masih hangat. Konsumsi air jahe di pagi hari membantu meningkatkan kesehatan jantung sekaligus menurunkan kolesterol.

2. Teh hijau

Teh hijau terkenal sebagai minuman kaya antioksidan yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Kandungan katekin dalam teh hijau bekerja dengan cara menghambat penyerapan kolesterol dalam usus sehingga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Minumlah secangkir teh hijau tanpa gula pada pagi hari secara rutin untuk hasil yang optimal.

3. Smoothies oat

Oat dikenal memiliki serat larut bernama beta-glukan yang berfungsi menyerap kolesterol dalam darah dan membuangnya melalui sistem pencernaan. Mengombinasikan oat dengan buah-buahan seperti pisang atau stroberi dalam bentuk smoothies bisa menjadi pilihan yang lezat dan bergizi untuk menurunkan kolesterol.

Tinjauan tahun 2018 menunjukkan bahwa minuman oat dapat memberikan penurunan kolesterol yang lebih konsisten daripada produk oat semi padat. Segelas oat 250 mL dapat menyediakan 1 gram beta-glukan.

Orang-orang juga dapat memeriksa label minuman oat untuk memastikan bahwa minuman tersebut mengandung beta-glukan yang mungkin muncul sebagai bagian dari informasi serat dan berapa banyak yang terkandung per sajian.

Untuk membuat smoothies oat, cukup blender oat, buah, dan susu rendah lemak atau air, lalu minum di pagi hari.

4. Jus tomat

Tomat kaya akan likopen, senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa jus tomat tanpa garam membantu meningkatkan kadar kolesterol LDL serum pada 260 orang dewasa di Jepang selama setahun.

Untuk menikmati jus tomat, blender tomat segar dengan sedikit air. Hindari menambahkan gula atau garam. Minuman ini mudah dibuat dan menyegarkan untuk diminum pada pagi hari.

5. Jus apel

Jus apel tanpa gula tambahan dapat menjadi pilihan minuman pagi yang membantu menurunkan kolesterol. Apel mengandung serat pektin yang bekerja mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Pastikan untuk tidak menambahkan gula berlebih saat membuat jus apel sehingga manfaat kesehatan tetap maksimal.

6. Susu kedelai

Susu kedelai merupakan alternatif susu yang baik untuk kesehatan jantung, terutama bagi Bunda yang ingin menurunkan kolesterol. Protein kedelai terbukti dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Konsumsilah satu gelas susu kedelai tanpa pemanis pada pagi hari untuk mendapatkan manfaat yang optimal bagi kesehatan tubuh.

7. Teh hitam

Teh hitam juga dapat membantu menurunkan kolesterol jika dikonsumsi tanpa gula. Kandungan flavonoid dalam teh hitam bekerja menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Menurut penelitian dalam tinjauan tahun 2021, teh hitam juga memiliki efek positif pada kolesterol. Satu atau dua cangkir teh hitam setiap pagi dapat menjadi kebiasaan sehat yang membantu menjaga keseimbangan kolesterol.

8. Smoothies berry

Banyak buah berry yang kaya akan antioksidan dan serat sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Secara khusus, antosianin, zat antioksidan kuat dalam buah berry, dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol.

Buah berry juga rendah kalori dan lemak. Bunda bisa membuat smoothies buah berry dengan mencampur dua genggam, sekitar 80 gram buah berry apa pun (strawberry, bluebery, dan jenis lainnya).

Campurkan buah berry dengan 1/2 cangkir susu rendah lemak atau yogurt serta 1/2 cangkir air dingin. Minum pada pagi hari sebagai bagian dari menu sarapan.

9. Minuman dark chocolate

Cocoa merupakan bahan utama dalam cokelat hitam. Cocoa mengandung antioksidan yang oleh dokter disebut flavanol sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Menurut ulasan tahun 2022, produk cocoa dapat mengurangi LDL dan kolesterol total. Meskipun mungkin tidak secara signifikan memengaruhi kadar kolesterol HDL. 

Minuman yang mengandung cocoa olahan dapat memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi. Bunda mungkin juga perlu membatasi cokelat dengan tambahan gula, garam, dan lemak.

Mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai penyakit serius. Minuman-minuman pagi yang disebutkan di atas dapat menjadi pilihan sehat dan lezat untuk membantu menurunkan kolesterol secara alami.

Pilihan Redaksi

  • 7 Ciri-ciri Asam Lambung yang Parah dan Cara Mengobatinya
  • 7 Teh Herbal untuk Menurunkan Kolesterol
  • Apakah Kanker Payudara Bisa Sembuh? Ketahui juga Tantangan yang Dihadapi para Penyintas

Selain itu, pastikan untuk mengombinasikan kebiasaan ini dengan pola makan seimbang, olahraga rutin serta konsultasi dengan ahli gizi atau dokter untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment