Informasi Terpercaya Masa Kini

Hari Sumpah Pemuda Pakai Baju Apa? Ini Rekomendasinya

0 3

Tanggal 28 Oktober 2024 merupakan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 96. Dalam rangka memperingati HSP tersebut, Kementrian Pemuda dan Olahraga meluncurkan logo dan tema.

Puncak acara peringatan HSP ke-96 akan digelar 28 Oktober 2024 di anjungan rumah adat DI Yogyakarta Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini bertajuk “Maju Bersama Indonesia Raya”

Kemudian, logo HSP ke-96 menggambarkan tiga pemuda memegang bendera merah putih yang berkibar. Di bagian bawah logo tertera tulisan 96 tahun sumpah pemuda, disusul dengan tulisan tema di bawahnya ‘Maju Bersama Indonesia Raya’.

Pada lambang tersebut mengandung keragaman Indonesia dan pemuda yang tumbuh dengan semangat untuk maju bersama untuk Indonesia raya.

Kemudian pemuda menggengam bendera merah putih dan mengibarkan hingga ke angkasa memiliki makna semangat Merah Putih harus terus berkibar dalam setiap jiwa pemuda Indonesia.

Semangat pemuda mencakup penguatan kepribadian, wawasan, potensi kewirausahaan, inovasi, kemandirian, serta jiwa kepeloporan dan kepemimpinan yang dapat diberdayakan secara optimal.

Hari Sumpah Pemuda Pakai Baju Apa? Berdasarkan pedoman pelaksanaan Upacara HSP Kemenpora, masyarakat diimbau untuk mengikuti upacara padan Senin 28 Oktober 2024.

Upacara dilaksanakan pukul 08.00 waktu setempat yang bersifat khidmat dan sederhana.

Upacara peringatan HSP dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat seperti pelajar, mahasiswa, pemuda, pramuka, PMR, Unsur SKPD, atau Organisasi Kepemudaan,

Saat mengikuti upacara, ASN dapat memakai baju seragam Korpri atau baju adat daerah. Selain itu, masyarakat juga dapat menggunakan baju adat atau baju daerah.

Hal ini sebagai pengingat pada saat perumusan sumpah pemuda, para pemuda dari berbagai suku, ras dan daerah bersadu mengikrarkan persatuan.

Rekomendasi Baju Adat untuk Upacara Sumpah Pemuda Hari Sumpah Pemuda merupakan hari untuk memperingati pentingnya persatuan di tengah keberagaman. Oleh karenanya, pada saat upacara, peserta upacara dapat mengenakan baju adat tertentu agar peringatan HSP lebih bermakna.

Di bawah ini merupakan rekomendasi baju adat yang dapat dipakai saat upacara peringatan hari sumpah pemuda ke 96

1. Baju Batik Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang telah diakui oleh dunia. Bahkan hampir di setiap daerah memiliki motif batik yang khas dan syarat makna.

Selain itu, pakaian batik juga memiliki kesan formal dan elegan sehingga cocok menjadi pakaian seragam dalam Upacara Bendera Hari Sumpah Pemuda.

2. Baju Adat Jawa Peserta perempuan bisa mengenakan kebaya yang terkesan anggun dan feminin, sementara peserta laki-laki bisa memakai surjan yang khas dengan motif luriknya.

3. Baju Adat Bali Baju adat Bali memiliki beberapa elemen yang khas. Peserta laki-laki dapat mengenakan baju yang dipadukan dengan udeng, kampuh/saput, dan selendang pengikat (umpa).

Sementara peserta perempuan menggunakan kebaya khas bali yang dipadukan dengan kamen, senteng/ selendang, dan gaya rambut disanggul dengan hiasan bunga (bagi yang tidak berhijab).

4. Baju Adat Sulawesi Selatan Salah satu pakaian tradisional yang juga dapat dikenakan saat upacara Sumpah Pemuda adalah baju bodo dari Sulawesi Selatan.

Baju bodo menonjolkan keindahan budaya Indonesia yang eksotis sekaligus elegan. Tak hanya itu, baju bodo juga nyaman dipakai sehingga cocok dikenakan saat upacara bendera. 5. Baju Adat Madura Pakaian tradisional Madura untuk perempuan hampir sama seperti pakaian adat Jawa, yaitu mengenakan kebaya. Sedangkan untuk laki-laki mengenakan baju pesa’an atau yang biasa disebut dengan baju sakera.

Baju pesa’anyang memiliki motif khas garis-garis warna merah putih ini mudah dikenakan, simpel, dan tentunya nyaman digunakan untuk kegiatan outdoor seperti upacara.

Baca juga:

  • Tema Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 dan Rangkaian Acaranya
  • 30 Slogan dan Tagline Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024
Leave a comment