Informasi Terpercaya Masa Kini

Belajar Cara Kelola Keuangan Keluarga saat Alami Gangguan Kesehatan Mental

0 3

Gangguan kesehatan mental memengaruhi segala aspek dalam kehidupan seseorang. Hal ini juga bisa berdampak pada orang tua dalam pengelolaan keuangan. Untuk mengatasinya, ada beberapa hal penting dari psikolog yang perlu Bunda pahami lebih lanjut.

HaiBunda Squad bersama J Trust Bank kembali mengadakan event menarik dan inspiratif untuk Bunda dan Si Kecil. Kali ini, Bubun membahas tentang pengaruh kondisi kesehatan mental dan keuangan keluarga.

Acara ini telah sukses diselenggarakan di Ganara Art Space, FX Sudirman, Sabtu 19 Oktober 2024. Event kali ini menghadirkan Psikolog Anak dan Keluarga sekaligus co-founder dari Tiga Generasi, Saskhya Aulia Prima, M.PSi, sebagai narasumber.

Lantas, bagaimana keseruan event HaiBunda Squad x J Trust Bank kali ini? Simak selengkapnya berikut ini.

Baca Juga : 7 Potret Serunya Event HaiBunda Squad x J Trust Bank Bahas Kesehatan Mental & Keuangan KeluargaTalkshow HaiBunda Squad x J Trust Bank

Hidup dengan kondisi kesehatan mental tentunya berdampak dalam pengelolaan keuangan. Hal itu memengaruhi cara Bunda merasakan, berpikir, dan bertindak. Selain itu, juga dapat memengaruhi pengambilan keputusan, perencanaan, perilaku pengeluaran, strategi penanggulangan, dan komunikasi.

Dalam hal ini, Saskhya mengatakan kondisi kesehatan mental tersebut juga bisa memberikan dampak buruk ke anak.

“Memang dalam hal apapun ketika kita stres pasti kondisi tidak stabil, gampang marah, gampang sedih, hingga frustrasi yang secara enggak langsung memengaruhi anak,” ujar Saskhya dalam acara HaiBunda Squad x J Trust Bank bertema Mental dan Keuangan: ‘Investasi’ Penting untuk Masa Depan Si Kecil, Sabtu (19/10/2024).

Untuk mengatasi masalah ini, Saskhya juga menjelaskan sejumlah cara yang bisa Bunda lakukan.

“Kita pahami dulu faktor utama yang bikin cepat marah itu apa. Kita belajar bagaimana caranya meredakan secara cepat. Tiap orang memiliki cara yang berbeda untuk mengatasi amarahnya, enggak ada formulasi yang jelas,” ujar Saskhya.

“Kemudian support. Jangan kumpul sama orang-orang yang justru tidak bisa memberikan dukungan atau malah makin membuat mental Bunda jadi sedih. Kalau masalah kondisi mentalnya itu dari keuangan, cari tahu dulu masalah kita dalam pengelolaan keuangan itu apa,” ujarnya.

Sementara itu, Deputy Division Head Branch Management J Trust Bank, Lucky Maya Fritsiana, juga membagikan tips bagaimana Bunda mengelola keuangan keluarga dengan bijak.

“Supaya bisa mengelola keuangan keluarga dengan baik, orang tua juga perlu menceritakan ke anak tujuannya apa. Sampaikan dengan penyampaian yang baik agar anak bisa mengerti soal kondisi keuangan. Beri pemahaman juga fungsinya mereka tahu hal tersebut untuk apa,” ujar Lucky.

Tak hanya itu, ia pun memberikan contoh sederhana yang bisa Bunda lakukan jika Si Kecil belum cukup umur untuk memahaminya.

“Kita bisa mengajarkan mereka untuk berhemat, misalnya mulai dari bawa bekal dari rumah ke sekolah untuk menghemat uang jajan, mematikan lampu di siang hari untuk menghemat tagihan listrik, dan masih banyak cara lainnya,” tuturnya.

J Trust Bank bagi-bagi hadiah menarik

Selain talkshow, acara dilanjutkan dengan games yang diikuti oleh tiga grup masing-masing terdiri dari tiga orang. Pemenang games ini tentunya juga mendapatkan hadiah yang menarik, yakni berupa goodie bag, saldo e-wallet Rp200 ribu, dan cookware set.

J Trust Bank juga memberikan hadiah berupa saldo e-wallet senilai Rp200 ribu dan vacuum cleaner untuk tiga penanya terbaik. Sementara pemenang Instagram Story terbaik mendapatkan saldo e-wallet Rp200 ribu, blender 1 liter, dan goodie bag.

Produk tabungan Tora J Trust Bank

Sebagai informasi, tabungan Tora adalah tabungan perorangan yang membantu pengembangan dana dan transaksi nasabah melalui benefit yang diberikan oleh tabungan ini. Benefit pengembangan dana diperoleh melalui suku bunga yang kompetitif dan tidak adanya biaya administrasi rekening.

“Tabungan tora merupakan produk unggulan J Trust Bank yang memiliki berbagai fitur. Antara lain bebas biaya administrasi bulanan, bebas biaya tarik tunai di jaringan ATM Prima dan Bersama empat kali per hari, bebas biaya transfer antar bank secara online, SKN, RTGS, dan BI FAST masing-masing 10 kali per bulan,” ujar Marketing Communication J Trust Bank, Edwina.

Pada kesempatan ini, beberapa Bunda dari komunitas HaiBunda Squad juga memberikan tanggapan terkait acara.

“Keren, pokoknya seru banget tadi juga sempat menang jadi best Instagram Story. Anak-anaknya juga pada senang karena ada permainan,” ujar Bunda Susan.

Sementara itu, ada juga Bunda Widya dari Banten yang datang bersama kedua anaknya untuk menghadiri event ini, lho.

“Acaranya dari awal sampai akhir seru banget, terus juga tadi ada informasi seputar kesehatan mental dan cara mengelola keuangan. Tadi sempat bikin J Trust Bank juga untuk tabungan pendidikan anak,” ungkap Bunda Widya.

Pilihan Redaksi

  • Tips Memilih Tabungan yang Sesuai dengan Kebutuhan Bunda, Cari yang Bebas Biaya Transfer Ya
  • Ingin Mapan Secara Finansial? Jangan Lupa Sisihkan Dana Kesehatan Bun
  • Cara Bijak Bunda Kelola Keuangan Keluarga saat Hadapi Gangguan Kesehatan Mental

Nah, itulah rangkaian acara HaiBunda Squad bersama J Trust Bank yang telah berlangsung dengan meriah. Sampai jumpa di acara selanjutnya, ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment