Informasi Terpercaya Masa Kini

Bahrain Ajukan Pemindahan Lokasi Lawan Indonesia, PSSI Buka Suara

0 3

KOMPAS.com – Exco PSSI Arya Sinulingga memastikan PSSI bakal mengirim surat ke AFC soal rencana Federasi Sepak Bola Bahrain (BFA) yang akan memohon ke FIFA serta AFC untuk memindahkan tempat pertandingan Indonesia vs Bahrain pada 25 Maret 2025.

“Pertama kami akan buat surat ke AFC untuk menyatakan bahwa supaya adil laga tetap berjalan di Jakarta karena sebelumnya juga pertandingan bergulir di Bahrain,” kata Arya, Rabu (16/10/2024).

Rencana BFA itu menyikapi soal dugaan serangan hingga ancaman warganet ke kolom komentar pribadi media sosial pemain Bahrain serta serangan siber terhadap laman resmi asosiasi selepas laga Bahrain vs Indonesia pada Kamis (10/10/2024).  

Banyak warganet yang mengeluhkan soal kepemimpin wasit Ahmed Al Kaf (Oman) beserta pemain Bahrain dalam laga yang berakhir 2-2 itu. 

Banyak drama yang terjadi di laga tersebut, memicu perdebatan terhadap pengadil lapangan dan berlanjut ke media sosial.

Baca juga: Pelatih Bahrain soal Gol Injury Time Vs Indonesia: Tak Sering Lihat Gol Detik Terakhir

Dengan lika-liku polemik yang ada, PSSI memastikan bakal menjamin kenyamanan dan keamanan pemain Bahrain, jika rencana pertandingan tetap dilangsungkan di Indonesia.

“Kedua, kami akan menjamin keamanan dan kenyamanan bagi tamu kita seperti (Bahrain). Karena bangsa indonesia adalah bangsa yang ramah terhadap tamu, jadi kami pasti akan beri kenyamanan bagi mereka,” kata Arya.

Mengenai serangan beserta ancaman yang terjadi di media sosial, Arya menilai hal tersebut bukan gambaran masyarakat Indonesia sesungguhnya.

Tolok ukur saat menggelar Piala Dunia U17 digunakan sebagai contoh bahwa masyarakat Indonesia merupakan warga yang ramah pendatang.

Baca juga: Bahrain Akan Ajukan Pemindahan Lokasi ke FIFA untuk Lawan Indonesia

“Kemudian soal di sosmed, terkadang netizen Indonesia itu ramai, tetapi sebenarnya mereka itu ramah. Sangat terkenal-lah bangsa kita bangsa yang ramah. Kita sudah membuktikan itu di Piala Dunia U17 dan terselenggara dengan baik,” ungkap exco PSSI kelahiran Karo itu. 

“Keamanan dan kenyamanan semua berbagai event internasional juga aman, jadi tidak perlu di khawatirkan. Jadi, itu yang bakal kami buat surat ke mereka. Itu yang diarahkan Ketum (Erick Thohir) untuk buat surat ke AFC,” katanya.

Leave a comment