Informasi Terpercaya Masa Kini

Gak Malu,Bahrain Justru Pamer Editan Hasil Akhir saat Lawan Timnas Indonesia,Beda dengan Kenyataan

0 4

TRIBUNWOW.COM – Timnas Bahrain saat ini sedang menjadi bahan cemoohan netizen lantaran justru bangga meraih hasil imbang kontra Garuda, padahal didapat lewat kecurangan wasit.

Diketahui, duel Timnas Indonesia vs Bahrain berakhir dengan skor imbang 2-2.

Duel yang digelar di Bahrain National Stadium itu diwarnai aksi kontroversial wasit Ahmed Al Kaf, Kamis 10 Oktober 2024.

Baca juga: Profil Ahmed Al Kaf: Wasit Panen Hujatan karena Curang, Rusak Kemenangan Timnas Indonesia Vs Bahrain

Gol Bahrain dicetak oleh Mohamed Marhoon (15′) lewat tendangan bebas.

Mohamed Marhoon kemudian kembali mencetak gol pada menit ke-90+9, di mana seharusnya laga telah berakhir karena menit tambahan hanya enam menit.

Gol kedua Mohamed Marhoon yang disahkan wasit itu pun kemudian menjadi kontroversial hingga memicu amarah pihak Timnas Indonesia.

Bak tak punya malu, Timnas Bahrain justru mengedit hasil akhir yang ditampilkan di akun Instagram resmi mereka.

Dalam unggahan akun Instagram @bahrainnt, tertulis gol kedua Mohamed Marhoon dicetak pada menit ke-90+6.

Berbeda dengan tayangan asli televisi atau saluran live streaming resmi, yang memperlihatkan gol terjadi di menit 90+9, bukan menit ke-90+6 seperti klaim Bahrain.

Untuk menghindari hujatan-hujatan, Timnas Bahrain juga mematikan kolom komentar Instagram mereka.

Unggahan Timnas Bahrain itu rupanya menjadi olok-olokan warganet di Twitter (X).

Tak sedikit yang menyebut Bahrain tak punya malu hingga mengajari cara berhitung yang benar.

Baca juga: Reaksi soal Wasit Ahmed Al Kaf Curang: Shin Tae-yong Kritik Pedas, PSSI Bakal Protes Keras ke AFC

Jalannya Laga

Dikutip dari laman resmi AFC, Bahrain menyamakan kedudukan pada menit kesembilan tambahan waktu di akhir babak kedua.

Hasil imbang ini merupkan ketiga kali bagi Timnas Indonesia, setelah sebelumnya menahan imbang  Arab Saudi dan Australia dalam laga debut mereka.

Bahrain mengawali pertandingan dengan unggul terlebih dahulu pada menit ke-15, lewat tendangan bebas keras yang dilakukan oleh Mohammed Marhoon.

Baca juga: Update Klasemen Grup C dan Ranking FIFA Timnas Indonesia setelah Imbang 2-2 Kontra Bahrain

Gol ini sempat mengenai mistar sebelum melintasi garis gawang, yang membuat kiper Timnas Indonesia Maarten Paes terpaku di tempatnya.

Mendapat motivasi setelah mencetak gol, Marhoon bermain lebih keras dan sempat memiliki peluang emas, namun bola melambung tipis di atas mistar.

Babak pertama sebagian besar dikuasai oleh tim tuan rumah, dengan tendangan melengkung kaki kiri manis Ali Madan yang berhasil ditepis oleh Paes pada menit ke-39, sebelum sundulan Amine Benaddi dua menit kemudian melebar tipis.

Timnas Indonesia yang bermain habis-habisan akhirnya mendapat peluang terbaik saat menit tambahan babak pertama berjalan.

Pertahanan Bahrain yang melemah dimanfaatkan Ragnar Oratmangoen yang mampu menyambar bola liar yang mengenai paha Mees Hilgers dari sundulan Sandy Walsh.

Ragnar Oratmangoen kemudian sukses mengecoh kiper Ebrahim Lutfalla dan mencetak 1 skor penyeimbang jelang turun minum.

Baca juga: Instagram Wasit Ahmed Al Kaf Hilang setelah Keputusan saat Bahrain Vs Timnas Indonesia Dihujat

Memasuki babak kedua, pelatih Shin tTae-yong membuat perubahan pada skuad Timnas Indonesia.

Rizky Ridho masuk menggantikan Jordi Amat, sementara  Eliano Reijnders diberikan debut internasionalnya menggantikan Sandy Walsh.

Melihat Indonesia unggul dalam penguasaan permainan, pelatih Bahrain Dragan Talajic merespons dengan tiga pergantian pada menit ke-65 dengan memasukkan Mahdi Humaidan, Husain Abdulkarim, dan Sayed Dhiya.

Hal itu tidak membuat perbedaan saat Indonesia unggul pada menit ke-74 melalui Oratmangoen yang dengan cekatan mengendalikan bola muntah hasil sapuan Jay Idzes di garis tengah lapangan sebelum bola akhirnya sampai ke Rafael Struick, yang melepaskan tembakan melengkung yang menakjubkan melewati Lutfalla.

Skor pun berbalik, Timnas Indonesia unggul 1-2.

Bahrain berupaya sekuat tenaga mencuri poin namun hasil tak berubah sampai babak kedua berakhir.

Dari sini, puncak drama kontroversial wasit dimulai, wasit Ahmed Al Kaf mulanya memberikan tambahan waktu bermain enam menit.

Namun, sampai enam menit berakhir, Timnas Bahrain belum mampu mencetak gol penyeimbang.

Bukannya menghentikan laga dan memenangkan Timnas Indonesia, wasit Ahmed Al Kaf justru terus melanjutkan pertandingan hingga pada menit ke-98+37 Bahrain mendapat kesempatan melalui tendangan sudut.

Tendangan sudut ini kemudian dimanfaatkan oleh Marhoon yang menyudul bola dari jarak dekat, hingga berbuah gol.

Skor pun berubah menjadi sama, 2-2.

Hasil laga ini kemudian menuia kontroversi, lantaran gol tersebut dianggap tidak sah, di mana dicetak di saat waktu tambahan sudah habis, ditambah apalagi posisi Ahmed Al Kaf yang meragukan, apakah offside atau onside dan perlu pengecekan VAR.

Namun, wasit Ahmed Al Kaf tak melakukan pengecekan ulang dan tetap mengesahkan gol tersebut.

Imbas keputusan ini, wasit Ahmed Al Kaf terancam mendapat sanksi lantaran Timnas Indonesia bakal memperkarakannya ke AFC.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia berada di urutan kelima klasemen sementara Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan raihan 3 poin, selisih 1 poin dari Bahrain yang berada di posisi keempat.

Timnas Indonesia akan menjalani laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menantang China, pada Selasa 15 Oktober 2024 mendatang.

(TribunWow.com/Lailatun Niqmah)

Leave a comment