Informasi Terpercaya Masa Kini

Unjuk Rasa Serentak di Dunia Peringati Setahun Perang Gaza

0 3

TEMPO.CO, Jakarta – Ribuan orang di beberapa kota besar di dunia serentak berunjuk rasa di jalan pada Sabtu, 5 Oktober 2024 menuntut agar diakhirinya perang Gaza dan meluasnya ketegangan di Timur Tengah. Unjuk rasa serentak ini untuk memperingati satu tahun perang Gaza.

Sekitar 40 ribu demonstran pro-Palestina melakukan aksi jalan di Ibu Kota London, sedangkan ribuan orang berkumpul di Ibu Kota Paris, Roma, Manila, Cape Town dan New York City. Unjuk rasa juga terjadi di dekat Gedung Putih, Washington, yang memprotes dukungan Amerika Serikat pada sekutunya di perang Gaza dan Lebanon.

“Gaza, Lebanon bangkitlah. Kami semua berada di samping Anda,” demikian diteriakkan demonstran di Times Square di New York city yang kompak menggunakan scarf kaffiyeh warga hitam putih. Demonstran membawa spanduk berisi tuntutan agar dilakukan embargo senjata melawan Israel.

Perang Gaza meletup pada 7 Oktober 2023 saat Hamas melancarkan serangan ke wilayah selatan Israel yang menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 sandera berdasarkan klaim Tel Aviv. Sedangkan serangan Israel sebagai balasan ke Hamas menewaskan hampir 42 ribu warga Palestina menurut data Kementerian Kesehatan Gaza. Perang Gaza juga tlah membuat hampir 2.3 juta jiwa warga Gaza kehilangan tempat tinggal, perang Gaza juga telah menyebabkan kelaparan. Pengadilan Mahkamah Internasional memutuskan Israel telah melakukan genosida, di mana hal ini disangkal Tel Aviv.

“Sayangnya terlepas dari seluruh niat baik kami, Pemerintah Israel mengabaikan segala peringatan dan hanya melanjutkan kekejaman mereka di Gaza, yang sekarang meluas ke Lebanon dan Yaman, yang mungkin juga nanti ke Iran. Inggris sayangnya hanya basa-basi dan terus mensuplai senjata ke Israel,” kata Agnes Kory, demonstran di London.

Unjuk rasa pro-Palestina di Roma berujung bentrok, di mana aparat kepolisian menembakkan gas air mata dan meriam air. Sekitar 6 ribu demonstran menolak larangan aksi jalan pada 7 Oktober 2024, di jantung kota Roma menjelang peringatan setahun perang Gaza. Sedangkan di Berlin, sekitar seribu orang unjuk rasa sambil membawa bendera Palestina dan meneriakkan kalimat ‘setahun genosida’.

Sumber: Reuters

Pilihan editor: 116 WNI Pilih Bertahan di Lebanon usai Serangan Israel

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini

Leave a comment