Informasi Terpercaya Masa Kini

Melihat Pameran Eksklusif Hasil Foto Xiaomi 14T Leica di Berlin

0 3

BERLIN, KOMPAS.com – Xiaomi 14T series akan dirilis di Berlin, Jerman hari ini, Kamis (26/9/2024). Ada dua model, yakni Xiaomi 14T “reguler” dan Xiaomi 14T Pro. Duo smartphone ini akan dibekali modul kamera, hasil kolaborasi Xiaomi dan Leica.

Nah, sebelum resmi dirilis, Xiaomi memamerkan hasil foto dari Xiaomi 14T series dalam sebuah acara di Kühlhaus Berlin, sebuah gedung bersejarah di Jerman yang sudah berumur lebih dari 80 tahun.

Baca juga: Counterpoint: Xiaomi Ungguli Apple, Samsung Tetap Teratas

Kühlhaus Berlin menjadi saksi sejarah perkembangan industri di Jerman. awal Berlin di Gleisdreieck. Gedung dengan gaya industrial itu tetap mempertahankan ciri arsitekturnya sejak awal 1990-an dan kini kerap digunakan untuk pameran seni, konser, dan beberapa acara lainnya.

Jurnalis Kompas.com, Caroline Saskia Tanoto berkesempatan hadir langsung ke pameran foto hasil kolaborasi Xiaomi dan Leica.

Acara ini bersifat esklusif karena hanya mengundang sejumlah awak media dari beberapa negara, termasuk Indonesia.

Saat masuk ke arena, kami disambut oleh papan partisi di sisi sebelah kiri bertuliskan “Explore the night with Xiaomi 14T series”.

Lewat tema tersebut, deretan foto yang ditampilkan memang dipotret saat kondisi malam hari dan minim cahaya.

Gambar yang disuguhkan bertema foto humanis dengan pengambilan angle dan momen yang juga menarik. Misalnya, gambar candid seorang laki-laki yang tengah berdiri di gang cukup lebar saat malam hari.

Dengan memadukan cahaya lampu jalan berwarna jingga, lampu rumah yang cenderung warna biru, disertai dengan timing yang pas, gambar yang dihasilkan bisa tetap jernih, kontras, dan saturasinya tidak berlebihan. Padahal, pengambilan foto dilakukan saat malam hari dan minim cahaya.

Baca juga: 6 Tips biar HP Xiaomi Tidak Lemot dan Lancar

Tidak hanya itu, ada juga foto menarik lainnya di mana sang fotografer memotret manusia dan elemen api.

Gambar tersebut menujukkan bahwa ada seorang lelaki dewasa yang sedang mengarahkan sebuah tongkat ke atas dengan semburan api yang menyala ke atas. Ekspresi wajah lelaki tersebut tampak sedang memejamkan mata.

Foto ini cukup menarik lantaran momen yang ditangkap bisa menggambarkan semburan api yang sangat detail. Pengunjung bisa melihat percikan dan bayangan api dengan jelas di dalam gambar.

Foto hasil kolaborasi Xiaomi dan Leica tampaknya ingin menunjukkan bahwa Xiaomi 14T series mengunggulkan kemampuan night photography.

Gambar yang punya pesan emosional juga tampak pada seorang lelaki dewasa yang sedang menyimpan keju ke dalam rak.

Ruangannya tampak sangat minim cahaya karena hanya mengandalkan pencahayaan dari lilin yang diletakkan di sisi atas rak keju. Eskpresi dari lelaki tua itu tampak sangat berhati-hati sekaligus serius memperhatikan keju yang dipegangnya,

Foto-foto bertema humanis seperti itu yang banyak ditampilkan di pameran foto hasil kolaborasi Xiaomi dan Leica. Kendati Xiaomi 14T series belum resmi dirilis, pameran tersebut setidaknya dapat memberikan gambaran soal kualitas gambar yang bisa dihasilkan Xiaomi 14T series.

Bocoran spesifikasi Xiaomi 14T series

Meskipun belum resmi dirilis, sudah banyak bocoran yang beredar soal spesifikasi Xiaomi 14T series.

Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro digadang-gadang bakal mengandalkan kamera utama dengan sensor Sony IMX906 berukuran 1/1,56 inci, telefoto 50 MP dengan kemampuan zoom optik 2,6x dan zoom “setara” optik 4x, ultrawide 12 MP, dan kamera depan 32 MP.

Mengingat model dengan embel-embel Pro bakal dilengkapi dengan spesifikasi lebih tinggi dari versi reguler, kabarnya Xiaomi 14T Pro juga akan memiliki sensor Light Fusion 900 di kamera utama. Sensor itu berukuran 1/1,31 inci dan zoom setara optik 2x.

Konon, Xiaomi 14T akan ditenagai oleh system-on-chip (SoC) MediaTek Dimensity 8300 Ultra, sedangkan model Pro ditenagai oleh Dimensity 9300 Plus.

Jika prediksi in sesuai, kemungkinan penerus Xiaomi 13T series itu tidak akan menyematkan chipset terbaru garapan MediaTek, Dimensity 9400. Sebab, chip anyar tersebut baru dikabarkan akan dirilis sekitar awal hingga pertengahan Oktober 2024.

Baca juga: Tanda-tanda Xiaomi 14T dan 14T Pro Segera Masuk Indonesia

Kedua SoC tadi kabarnya juga ditemani oleh RAM 12 GB dan storage 256 GB untuk versi reguler. Sementara itu, Xiaomi 14T Pro bakal ditemani opsi RAM dan storage lebih lega, yakni 12/512 GB.

Menyoal layarnya, duo ponsel dari keluarga T-series disinyalir akan mengusung layar AMOLED berukuran 6,67 inci, resolusi 2.712 x 1.220 piksel, refresh rate 144 Hz, dan tingkat kecerahan maksimal mencapai 4.000 nits.

Baterai yang dimiliki bakal berkapasitas 5.000 mAh, tetapi belum diketahui keluaran daya yang dimiliki untuk mendukung pengisian daya cepat (fast charging). Sistem operasinya Android 14 yang dihiasi antarmuka khas Xiaomi, HyperOS.

Bocoran spesifikasi lainnya, Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro juga mengantongi sertifikasi IP68 (tahan air dan debu). Model Pro akan mendukung konektivitas WiFi 7, sedangkan model reguler masih “mentok” di WiFi 6E.

Warna yang dihadirkan setidaknya ada tiga, menurut bocoran yang beredar. Ketiga opsi warna tersebut adalah Titanium Black, Titanium Grey, dan Titanium Blue. 

Perlu dicatat bahwa rincian spesifikasi di atas masih bersifat bocoran dan belum dikonfirmasi secara resmi.

Peluncuran Xiaomi 14T bisa disimak secara langsung di kanal YouTube Xioami.

Baca juga: Xiaomi 14T dan 14T Pro Diluncurkan Malam Ini, Ini Link Live Streaming-nya

Leave a comment