Informasi Terpercaya Masa Kini

Mengenal Kebiasaan Doom Spending yang Bikin Gen Z & Milenial Lebih Cepat Miskin

0 4

Generasi Z alias Gen Z dan milenial dikenal memiliki hobi menghabiskan uang untuk membeli barang-barang mewah daripada menabung. Biasanya, hal tersebut dilakukan sebagai self reward atau penghargaan kepada diri sendiri setelah bekerja keras dan juga mengobati rasa khawatir.

Kebiasaan berbelanja secara impulsif demi menenangkan diri akibat perasaan pesimis terkait ekonomi dan masa depan ini disebut doom spending. Jika tidak bisa dikendalikan, kebiasaan tersebut bisa membuat  Gen Z dan milenial lebih cepat miskin dari generasi sebelumnya.

Dosen senior keuangan di King’s Business School dan mantan bankir, Ylva Baeckstrom mengungkap bahwa doom spending adalah hal yang tidak sehat dan fatal. Baeckstrom menyebut hal ini akibat paparan berita buruk melalui media sosial.

“Hal ini membuat mereka merasa seperti akan kiamat,” ungkap Baekstrom, dikutip dari laman CNBC Indonesia, Kamis (26/9/2024).

“Para anak muda ini kemudian menerjemah perasaan buruk tersebut menjadi kebiasaan belanja yang buruk,” sambungnya.

Baca Juga : 5 Hal yang Bikin Gen Z Sangat Berbeda dengan Generasi SebelumnyaGen Z dan milenial: Generasi yang paling cepat miskin

Menurut hasil Survei Keamanan Finansial International Your Money CNBC yang dilakukan oleh Survey Monkey, hanya sebanyak 36,5 persen orang dewasa di dunia yang merasa lebih baik secara finansial daripada orang tua mereka.

Sementara itu, 42,8 persen lainnya merasa bahwa mereka sebenarnya lebih buruk daripada orang tua mereka. Hasil ini diperoleh dari survei terhadap 4.342 orang dewasa di seluruh dunia.

“Generasi yang tumbuh sekarang adalah generasi pertama yang akan lebih miskin daripada orang tua mereka untuk waktu yang sangat lama,” tegas Baeckstrom.

“Ada perasaan bahwa Anda mungkin tidak akan pernah bisa mencapai apa yang dicapai orang tua Anda,” sambungnya.

Akibatnya, pengeluaran untuk hal-hal tidak penting menciptakan ilusi kendali di dunia yang terasa seperti tidak terkendali.

“Namun, yang sebenarnya terjadi adalah hal itu membuat Anda kehilangan kendali di masa depan. Sebab, jika Anda menyimpan uang dan menginvestasikannya, Anda mungkin benar-benar bisa membeli rumah,” ujar Baeckstrom.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bagi Bunda yang mau sharing  soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

Leave a comment