Informasi Terpercaya Masa Kini

Bisa Meraup Cuan, Inilah 10 Ide Jualan Sarapan dan Jajanan di Pagi Hari

0 2

Banyak orang yang tidak sempat menyiapkan sarapan pagi untuk keluarga, atau memang ingin mencari yang simple tetapi enak dan sesuai dengan isi kantong.

Bagi para pekerja, pelajar, dan mahasiswa yang tinggal sendirian di rumah kos atau kontrakan biasanya juga mencari jajanan atau sarapan pagi di penjual makanan yang memang sudah menjadi langganan tetap.

Peluang-peluang ini, bisa ditangkap untuk menjalankan usaha kecil-kecilan di pagi hari, yaitu menyediakan sarapan dan jajanan bagi mereka yang ingin mendapatkannya.

Usaha jualan sarapan dan aneka jajanan pagi dapat dilakukan dari tempat berikut ini:

Produksi dan jual di rumahProduksi di rumah, mangkal di pinggir jalan dengan gerobakBuat dan jual  khusus di warung makananBuat di rumah, jualan keliling pakai kendaraan.

Beberapa pilihan tempat mangkal  berjualan sarapan pagi  adalah di sekitar sekolah, perkantoran, alun-alun,  dan tempat ramai lainnya.

Jenis sarapan pagi penghasil cuan

Tidak semua jenis makanan menjadi menu sarapan pagi hari. Pelanggan biasanya menginginkan sarapan yang ringan saja, tetapi enak dan mengenyangkan.

Berikut ini 10 pilihan menu sarapan pagi yang potensial, bisa menjadi usaha serius dan  mendatangkan cuan.

1. Nasi uduk

Nasi  uduk adalah sarapan pagi yang menu utamanya berupa nasi putih yang dimasak dengan santan. 

Nasi uduk yang kering dan empuk ini dihidangkan dengan telur dadar atau telur rebus yang dibelah dalam 2 bagian.

Ke dalam nasi uduk ini dapat ditambahkan dengan sedikit bawang goreng dan tempe iris renyah bisa menambah selera makan di pagi hari. 

Sarapan pagi yang satu ini tidak hanya membuat perut terasa kenyang, namun juga memanjakan lidah. Pelanggan yang sudah cocok biasanya tidak akan berpindah ke tempat lain. 

Karena itu, membuat pelanggan untuk tetap datang dan datang lagi adalah salah satu strategi penting dalam menjalankan usaha nasi uduk di pagi hari.

2. Nasi kuning

Nasi kuning biasanya dihidangkan dalam bentuk tumpeng dalam acara-acara spesial.

Banyak orang juga senang memilih nasi kuning sebagai menu sarapan pagi. Dapat dimakan di tempat atau dibungkus untuk dibawa pulang.

Menu lauk  dapat berupa ayam goreng, sambal goreng ati, serundeng, tempe iris, dan telur rebus.

3. Nasi goreng

Nasi goreng sering menjadi menu sarapan pagi yang dicari orang. Cara membuatnya pun simple.

Ke dalam nasi goreng, dapat ditambahkan seafood, daging, atau sayuran untuk membuat setiap porsi hidangan  menjadi istimewa. 

4. Lontong sayur

Lontong sayur adalah salah satu jenis makanan yang dipilih untuk sarapan pagi yang menyehatkan. 

Banyak ragam  dari lontong sayur khas Nusantara. Di antaranya lontong sayur khas Padang.

Lontong sayur khas Padang biasanya dengan kuah gulai yang kaya rempah, ditambaj dengan nangka muda dan buncis yang segar.

Lontong yang kenyal berpadu dengan kuah santan yang gurih akan memuaskan pelanggan yang ingin sarapan lebih tradisional dan kenyang.

5. Bubur ayam

bubur ayam adalah salah satu makanan yang sering dinikmati sebagai sarapan di pagi hari. Karena itu, dapat dijadikan sebagai usaha berjualan di pagi hari.

Varian bubur ayam banyak ragamnya. Pengalaman makan bubur ayam, ada perbedaan antara bubur ayam bikinan orang Sunda dan Jawa.

Kalau orang Jawa biasanya lebih manis. Sementara masakan bubur ayam orang Sunda tidak manis dan mengutamakan ras empuknya yang dinikmati dengan ayam suir dan sate hati ampela, kulit dan usus ayam.

6. Soto ayam

Tambahkan Soto Ayam ke dalam daftar menu sarapan Anda dan berikan pelanggan rasa hangat dari kuah kaldu ayam yang kaya akan rempah. 

Hidangan ini lengkap dengan daging ayam, bihun atau nasi, dan dilengkapi dengan telur rebus, kecambah, daun seledri, serta taburan bawang goreng yang renyah. Soto ayam pasti akan memanjakan siapa saja yang mencobanya.

7. Burjo

Bubur Kacang Ijo alias Burjo, adalah pilihan sarapan yang sering dicari oleh mereka yang ingin menikmati sesuatu yang manis dan hangat. 

Bahan utamanya berupa kacang ijo, gula merah, dan santan. Tidak hanya terbatas sebagai penyedian energi yang dibutuhkan namun rasanya pun lezat.

8. Mie goreng

Sarapan mie goreng yang sering ditemukan adalah mie goreng Jawa. Makanan ini  memadukan cita rasa manis dan gurih khas Jawa dalam satu piring yang mengundang selera para penikmat.

Kebanyakan mie diolah dengan tambahan campuran sayuran, potongan daging ayam atau sapi, dan telur. Karenanya, cukup mengadung nutrisi dan sangat lezat.

9. Ketoprak

Ketoprak sering dihadirkan dalam kombinasi bihun, tahu, telur rebus, dan kerupuk yang disiram dengan saus kacang yang kaya rasa.

Juga ada potongan lontong yang bisa membuat para penikmat sarapan pagi merasa kenyang untuk memulai aktivitas di pagi hari tanpah harus memikirkan rasa lapar.

10. Aneka gorengan

Selain sarapan pagi, aneka jajanan berupa gorengan dapat menjadi pilihan untuk ditekuni sebab mendatangkan cuan.

Beberapa jenis gorengan atau jajanan yang dapat menjadi sumber penghasilan di pagi hari adalah sebagai berikut.

Pisang goreng, pisang molen, nogosari.Kue gandasturi.Pastel isi bihun.Dadar gulung.Risoles.Kroket kentang atau singkong.Jajanan lain yang biasa dicari orang di pagi hari.

Itulah 10 jenis makanan potensial yang dapat dijual di pagi hari. Hal paling penting adalah mencari tahu terlebih dahulu atau riset kecil-kecilan, produk apa yang basa dicari dan disukai orang untuk sarapan paginya.***

Leave a comment