Informasi Terpercaya Masa Kini

2 Cara Melihat Siapa Saja yang Memakai WiFi Kita di HP dengan Mudah

0 8

KOMPAS.com – Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengelola jaringan WiFi agar kecepatan internetnya lebih stabil. Salah satu panduan dasar itu seperti cara melihat siapa saja yang memakai WiFi kita di HP (handphone).

Jaringan WiFi punya kita bisa saja disusupi atau diakses oleh perangkat asing milik orang lain. Jika ternyata banyak perangkat asing yang terhubung, kecepatan internet dari jaringan WiFi bakal bisa terganggu.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi WiFi Tidak Terdeteksi di HP dengan Mudah dan Praktis

Tiap jaringan WiFi punya bandwidth atau lebar jalur transmisi data. Jika banyak perangkat yang terhubung, bandwidth akan penuh, sehingga membuat kecepatan internet di tiap perangkat bisa berkurang alias lemot.

Jika tiba-tiba jaringan WiFI lemot, pengguna perlu memantau apakah ada perangkat asing yang terhubung tanpa izin. Pemantauan itu bisa dilakukan dengan mudah, bahkan cukup melalui HP (handphone).

Oleh karena itu, pengguna perlu mengetahui cara melihat siapa saja yang memakai WiFi kita di HP. Lantas, bagaimana cara mengetahui siapa saja yang memakai WiFi kita?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi kita lewat HP dengan mudah.

Cara melihat siapa saja yang memakai WiFi kita di HP

Cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi kita lewat HP itu pada dasarnya cukup mudah. Secara umum, terdapat dua cara melihat siapa saja yang memakai WiFi kita di HP yang bisa dilakukan pengguna.

Pertama, untuk cek perangkat yang menggunakan WiFi, pengguna bisa melakukannya dengan mengakses halaman pengaturan router. Kedua, cara melihat siapa saja yang memakai WiFi kita di HP bisa dilakukan lewat aplikasi pemindai jaringan.

Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai dua cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi kita lewat HP adalah sebagai berikut:

1. Cara melihat siapa saja yang memakai WiFi kita di HP lewat pengaturan router

Cara melihat siapa saja yang memakai WiFi kita di HP yang pertama adalah melalui halaman pengaturan router. Tiap jaringan WiFi bisa dikelola melalui halaman pengaturan router. Di halaman ini, pengguna bisa cek perangkat yang terhubung ke WiFi.

Perlu diketahui, untuk bisa mengakses atau login ke halaman pengaturan router, pengguna membutuhkan beberapa informasi dulu seperti alamat IP router serta username dan password dari akun di halaman pengaturan router.

Tiap perangkat router biasanya memiliki alamat IP yang berbeda-beda, bergantung model router yang dipakai. Misalnya, jika menggunakan router ZTE, alamat IP dari router itu bisa seperti ini “192.168.1.1” (tanpa tanda kutip).

Baca juga: 10 Cara Mengatasi WiFi Tidak Terdeteksi di Laptop dengan Mudah, Jangan Panik

Informasi alamat IP router itu biasanya bisa dijumpai di bagian belakang perangkat router atau di buku panduan perangkat router. Kemudian, username dan password di halaman pengaturan router juga bisa berbeda-beda.

Umumnya, username dan password untuk mengakses halaman pengaturan router itu bisa memiliki kombinasi seperti ini:

  • Username: admin, Password: admin
  • Username: user, Password: user

Pengguna bisa bertanya lebih lanjut soal username dan password untuk mengakses halaman pengaturan router ke operator penyedia layanan.

Jika sudah mendapatkan semua informasi itu, adapun cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi kita lewat HP di halaman pengaturan router adalah sebagai berikut:

  • Buka browser di HP.
  • Masukkan alamat IP router di kolom URL browser HP.
  • Lalu, halaman pengaturan router akan terbuka.
  • Masukkan username dan password untuk login halaman pengaturan router.
  • Jika berhasil login, bakal muncul beberapa menu pengaturan perangkat router.
  • Setelah itu, pengguna bisa membuka menu bertajuk seperti ini “Device List”.
  • Di menu tersebut, pengguna bakal disajikan dengan daftar semua perangkat yang terhubung ke WiFi.
  • Tiap perangkat yang terhubung akan memiliki identitas berupa MAC Address dan IP Address.

2. Cara melihat siapa saja yang memakai WiFi kita di HP lewat aplikasi

Cara melihat siapa saja yang memakai WiFi kita di HP yang berikutnya adalah melalui aplikasi pemindai jaringan. Ada banyak aplikasi pemindai jaringan WiFi di HP yang bisa dipakai, salah satunya adalah aplikasi Fing.

Di aplikasi itu, pengguna bisa mendapatkan beberapa informasi terkait WiFi yang digunakan, termasuk perangkat mana saja yang mengaksesnya. Adapun cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi kita lewat HP dengan aplikasi Fing adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Fing di HP melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone).
  • Setelah terinstal, silakan buka aplikasi Fing di HP.
  • Selanjutnya, aplikasi Fing bakal membaca jaringan WiFi yang terhubung ke perangkat.
  • Kemudian, di halaman utama, pengguna akan dapat melihat jumlah perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi.
  • Untuk melihat informasi yang lebih detail, pengguna bisa klik opsi “See device”.
  • Terakhir, aplikasi akan menampilkan daftar perangkat yang terhubung ke WiFi.

Cukup mudah bukan cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi kita lewat HP? Melalui beberapa cara di atas, pengguna memantau dan mengontrol penggunaan jaringan WiFi agar tak dipakai oleh perangkat asing.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Internet, Mudah dan Praktis

Seandainya setelah dicek ditemukan terdapat perangkat asing, pengguna bisa segera mengganti password WiFi. Dengan password yang baru, perangkat dari orang tak dikenal itu bakal lebih sulit untuk mengakses lagi jaringan WiFi milik pengguna.

Lewat cara di atas, kecepatan internet bakal lebih stabil karena dapat meminimalkan akses asing yang tak diizinkan. Demikianlah penjelasan mengenai beberapa cara melihat siapa saja yang memakai WiFi kita di HP dengan mudah, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Leave a comment