Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Traveling ke Eropa

0 8

TEMPO.CO, Jakarta – Banyak wisatawan di seluruh dunia yang menetapkan Eropa sebagai tujuan impiannya. Keindahan budaya, pemandangan, bangunan bersejarah dan kuliner beragam di Eropa menjadi daya tarik tersendiri. Kalau perjalanan berikutnya ke Eropa sebaiknya merencanakan dengan matang.

Perjalanan ke Eropa bisa jadi pengalaman yang menggembirakan sekaligus melelahkan. Banyaknya pilihan destinasi di Eropa tentu akan membingungkan bagi yang baru pertama kali ke Eropa. Berikut ini lima tips agar traveling ke Eropa menyenangkan.

1. Rencana perjalanan

Tentu saja langkah awal yang perlu dilakukan adalah merencanakan perjalanan. Pilih destinasi yang seusai dengan anggaran, karena banyak destinasi indah dan menarik dengan peson magisnya yang unik.

Misalnya wisatawan yang tertarik dengan suasana romantis bisa mengunjungi Paris, pecinta sejarah Roma menjadi pilihan yang tepat, atau penikmat pesta bisa mengunjungi Ibiza dan Berlin. Jadi buat rencana itenary berdasarkan minat, anggaran dan waktu. Jangan lupa memerpertimbngkan kedekatan geografis destinasi untuk menghemat waktu perjalanan.

2. Persyaratan visa

Setelah merencanakan perjalanan, mulailah cari informasi tentang persyaratan visa. Sebab negara-negara di Eropa memiliki persyaratan visa yang berbeda-beda. Kalau merencanakan perjalanan Eropa dari negara non-Schengen, mendapatkan visa Schengen sangatlah penting. Cari informasi dan bantuan untuk mempersiapkan dokumen yang diperlukan untuk mendapatkan visa Schengen karena cukup panjang dan bisa membingungkan. Selain itu, pastikan memiliki asuransi perjalanan untuk berjaga-jaga jika terjadi kejadian yang tidak menguntungkan. Seperti darurat medis atau pembatalan perjalanan, dan lainnya.

3. Tentukan anggaran

Bepergian ke Eropa tentu membutuhkan biaya yang tidak murah. Tapi jika direncanakan dengan baik sejak lama, mungkin bisa menghemat banyak uang. Apalagi biaya perjalanan dapat berbeda secara signifikan dari satu negara ke negara lain.

Misalnya, Eropa Barat sedikit mahal, namun Eropa Timur menawarkan pilihan yang lebih ramah anggaran. Jadi buatlah rencana anggaran dengan terperinci dari akomodasi, makanan, transportasi, biaya masuk objek wisata, dan pengeluaran besar lainnya.

4. Teliti paket telepon dan internet

Saluran komunikasi selama perjalanan juga penting. Hubungi operator provider seluler untuk mengetahui tentang paket telepon atau internet internasional negara yang akan dikunjungi sebelum mulai perjalanan. Sedangkan untuk internet kini sudah ada operator internet yang menyediakan paket untuk perjalanan berdasarkan negara tujuan.

5. Mempesiapkan uang tunai

Uang tunai sangat penting dipersiapkan sebelum perjalalan. Selain itu jangan lupa untuk menghubungi bank dan perusahaan kartu kredit untuk memastikan kartu ATM atau kartu kredit bisa digunakan di negara tujuan.

TIMES OF INDIA

Pilihan editor: 10 Daftar Kota Paling Bahagia di Dunia, Didominasi Kota di Eropa

Leave a comment