Informasi Terpercaya Masa Kini

Makin Mirip MotoGP, Yamah Luncurkan YZF-R1 and YZF-R1M versi 2025

0 1

Makin Mirip MotoGP, Yamah Luncurkan YZF-R1 and YZF-R1M versi 2025 Makin Mirip MotoGP, Yamah Luncurkan YZF-R1 and YZF-R1M versi 2025 Yamaha akhirnya merilis superbike andalan mereka, YZF-R1 and YZF-R1M versi 2025. Ada beberapa penyempurnaan. Gridoto / Review & Test Dimas Pradopo September 19th, 4:49 PM September 19th, 4:49 PM

GridOto.com – Yamaha akhirnya merilis superbike andalan mereka, YZF-R1 and YZF-R1M versi 2025. Ada beberapa penyempurnaan yang fokusnya memberikan aerodinamika, handling dan pengereman yang lebih baik.

Paling mencolok adalah winglet di fairing-nya. Kini mirip Yamaha YZR-M1 MotoGP!

Dan benar saja, winglet ini kabarnya dikembangkan oleh tim Yamaha factory MotoGP. Pengetesan winglet ini bukan hanya dilakukan di jalan raya, tapi juga di sirkuit.

Bentuknya cukup lebar sampai ke samping, diyakini bisa memberikan grip ke roda depan yang lebih baik di kecepatan tinggi, saat melakukan pengereman dan ketika menikung.

Lanjut, yang baru lagi pada YZF-R1 tanpa ‘M’ adalah suspensinya. KYB upside down 43 mm-nya adalah produk all new.

Pembaruan lagi ada di pengereman. Kini meninggalkan rem Nissin yang sebelumnya dipakai, diganti Brembo.

Enggak main-main gantinya adalah produk top level Brembo Stylema yang dipasang di bracket monoblock. Lengkap dengan master rem Brembo juga.

Baca Juga: Bergaya Moge Yamaha R1, Motor Baru R15M Model 2025 Dijual Segini

Yang terdengar sepele tapi diyakini bisa memberikan rasa percaya diri lebih bagi pengendara adalah cover joknya. Lebih bagus gripnya, dan memudahkan manuver saat cornering.

Sedang pada R1M ada tambahan fairing full carbon dan aluminum swingarm berwarna silver polish.Yang beda juga pada R1M adalah suspensinya. Sudah pakai Ohlins NPX fork dan dijejali teknologi Dynamic Ohlins Electronic Racing Suspension (ERS).

Untuk mesin, baik YZF-R1 and YZF-R1M, sama-sama mengusung 4 silinder segaris 998cc CP4 crossplane engine. Fitur dan teknologi lainnya pun tak ada yang berubah, masih sama seperti versi 2024.

Harganya, di Amerika Serikat, YZF-R1 dijual 18.999 USD atau setara Rp 288,3 juta. Sedang YZF-R1M dijual 27.699 USD atau setara Rp 420,3 juta.

Oiya, YZF-R1 and YZF-R1M versi 2025 ini sudah tidak lagi dijual di Eropa dengan alasan tidak lolos standarisasi emisi gas buang.

Gantinya, di Eropa dijual dalam versi YZF-R1 Race yang khusus untuk balap namun tidak bisa dipakai di jalan raya.

Selain Eropa, seperti di Amerika, Asia dan Australia, YZF-R1 and YZF-R1M versi 2025 masih bisa dijual bebas.

Copyright Gridoto 2024

Related Article

Leave a comment