Informasi Terpercaya Masa Kini

Harga Menggiurkan, Toyota Luncurkan New GR Yaris, Mesin Lebih Kencang

0 8

Harga Menggiurkan, Toyota Luncurkan New GR Yaris, Mesin Lebih Kencang Harga Menggiurkan, Toyota Luncurkan New GR Yaris, Mesin Lebih Kencang PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan New GR Yaris di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, Rabu (17/7). Gridoto / News Naufal Shafly July 18th, 8:30 AM July 18th, 8:30 AM

GridOto.com – PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan New GR Yaris di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, Rabu (17/7).

Model ini merupakan versi facelift dari GR Yaris yang sebelumnya diluncurkan pada 2021.

Secara garis besar, terdapat 4 poin pengembangan pada GR Yaris terbaru.

Pertama adalah varian transmisi otomatis 8-percepatan, yang oleh Toyota diberi nama GAZOO Racing Direct AT.

Transmisi ini menjadi pelengkap, mendampingi transmisi manual 6-speed di versi sebelumnya.

Adapun transmisi pintar ini dites performance-nya oleh TGR World Rally Team, serta peserta TGR Rally Challenge di berbagai lintasan balap.

TGR berhasil menciptakan transmisi otomatis yang sanggup menghasilkan perpindahan gigi sangat cepat, serta memaksimalkan engine power di semua rentang putaran mesin.

Bicara soal mesin, New GR Yaris dibekali dengan engine berkapasitas 1.600 cc 3-silinder turbo.

Mesin ini sebenarnya sama dengan versi sebelumnya, tapi dimaksimalkan sedemikan rupa sehingga tenaganya naik signifikan.

Baca Juga: Toyota GR Yaris Facelift Sekarang Sampai di Eropa, Ada Beda Spek?

Jika di versi sebelumya output yang dihasilkan adalah 257 dk dan torsi 360 Nm, pada model facelift ini tenaganya menjadi 300 dk dan torsinya 400 Nm.

Opsi Drive Mode baru serta optimasi sistem 4WD GR Four juga disematkan untuk memaksimalkan peningkatan pada power.

Sekarang, pengendara bisa memilih 3 drive mode yakni Sport, Normal, dan Eco.

Termasuk juga optimasi sistem GR Four melalui 3 mode; Normal, Gravel (Sebelumnya Sport), dan Track.

Opsi berkendara ini bisa menyesuaikan distribusi tenaga ke roda depan dan belakang, sesuai karakteristik pengendara dan trek yang dilalui.

Panel kontrol dan monitor pada cockpit dimiringkan 15 derajat ke arah pengemudi untuk mempermudah pengoperasian.

Postur berkendara juga telah diperbaiki dengan menurunkan posisi duduk driver serendah 25 mm yang memperluas jarak pandang dan visibilitas secara signifikan.

Dari sisi eksterior, sisi kanan dan kiri bawah bumper depan sekarang merupakan struktur terpisah untuk mempermudah perbaikan dan penggantian parts jika diperlukan.

Serta perubahan desain bumper depan untuk air flow yang lebih baik dalam mendinginkan mesin dan ATF cooler.

Baca Juga: Agak Laen! Tuas Rem Parkir GR Yaris Facelift yang Reli Banget

Berkaca dari pengalaman Toyota GR Yaris Rally1 Hybrid, saat ini chassis GR Yaris diperkuat agar pengemudi bisa lebih memaksimalkan performa kendaraannya.

Tingkat rigiditasnya ditingkatkan melalui spot welding yang lebih banyak 13 persen, penambahan body adhesive sebanyak 24 persen, serta 3-point suspension mounting method yang berdampak pada meningkatnya handling stability dan ride comfort.

“Berawal dari kebutuhan homologasi World Rally Championship (WRC), aplikasi metode reverse engineering oleh GR justru menciptakan race car berbasis hatchback yang masih sangat kompeten untuk mobilitas harian,” ucap Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing TAM.

Untuk harganya terbilang cukup menarik!

Di GIIAS 2024, New GR Yaris dijual dengan harga Rp 1,15 miliar untuk transmisi manual.

Sedangkan untuk varian transmisi otomatis dijual dengan harga dan Rp 1,198 miliar.

“Ada tambahan satu warna baru yaitu Precious Metal, menemani warna ikonik Platinum White Pearl dan Emotional Red,” tutup Anton.

Copyright Gridoto 2024

Related Article

Leave a comment