Informasi Terpercaya Masa Kini

Welber Jardim Tak Bela Timnas U-20 Indonesia, Manajer Zaki Iskandar: Orang Tuanya Memilih Tetap di Brasil

0 2

TEMPO.CO, Jakarta – Manajer Timnas U-20 Indonesia Ahmed Zaki Iskandar menjelaskan penyebab absennya Welber Jardim di kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Ia menegaskan bahwa pihak klub, Sao Paulo U-17 sudah memberikan izin, tetapi orang tua pemain memilih anaknya tetap di Brasil.

“Welber ini dari klub sudah diberikan izin dan PSSI juga sudah mengirimkan tiket. Walau dari klubnya di sana mungkin jadwalnya cukup padat tapi sudah diizinkan sebetulnya. Namun, Welber tidak datang, ibunya, orang tuanya lebih memilih Welber tetap di Brasil,” ujar dia di area mixed zone Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 25 September 2024.

“Kalau dari informasi terakhir, ya memang ibunya yang mengirim informasi bahwa Welber tidak berangkat,” kata Zaki menambahkan.

Welber sebelumnya sempat masuk dalam daftar awal pemain Timnas U-20 Indonesia yang dipanggil untuk pemusatan latihan di Bali sebagai persiapan menuju kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Namun, dia tidak hadir sampai batas waktu pendaftaran pemain pada Selasa, 24 September 2024.

Tanpa Welber, pelatih Indra Sjafri mempercayakan posisi tengah Timnas U-20 Indonesia ke para pemain yang memperkuat klub lokal. Beberapa di antaranya adalah Figo Dennis dan Toni Firmansyah yang kerap menjadi andalan, kemudian terdapat pula nama baru, yakni Maouri Ananda Yves dan Aditya Warman.

Ketidakhadiran Welber sempat menjadi polemik karena sebelumnya Zaki menyebut bahwa pihak klubnya lah yang tidak memberikan izin pada Selasa pagi WIB, 24 September. Tetapi selang beberapa jam kemudian dalam sesi jumpa pers menjelang laga kualifikasi Piala Asia U-20 2025, pelatih Indra Sjafri menyampaikan bahwa Sao Paulo U-17 sudah memberikan izin, namun pemain yang bersangkutan tidak juga hadir.

Zaki mengaku tidak mengetahui pasti apa yang menjadi alasan orang tua Welber lebih memilih sang anak menetap di Brasil ketimbang terbang ke Jakarta membela Timnas U-20 Indonesia. Namun, dia menegaskan hal tersebut bukan menjadi masalah bagi Garuda Nusantara. “Bagi kami tim ini dan Indonesia lebih besar daripada seorang pemain, jadi kalau memang tidak berkenan hadir ya sudah, kami banyak lain,” tutur Zaki.

Terlepas dari absennya Welber Jardim, Timnas U-20 Indonesia mengawali kiprahnya di kualifikasi Piala Asia U-20 2025 dengan kemenangan telak 4-0 atas Maladewa. Hasil yang diraih dalam pertandingan di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Rabu malam, 25 September itu membuat skuad asuhan Indra Sjafri menempati posisi teratas klasemen sementara Grup F kualifikasi Piala Asia U-20 2025 dengan tiga poin, mengungguli Yaman yang berada di urutan kedua usai mengalahkan Timor Leste 3-1.

Pilihan Editor: Kunci Timnas U-20 Indonesia Menang 4-0 atas Maladewa di Kualifikasi Piala Asia U-20 2024

Leave a comment