Informasi Terpercaya Masa Kini

Kecepatan Tertinggi McLaren dengan Sayap Belakang Kontroversial Kejutkan Ferrari

0 1

Charles Leclerc mengatakan bahwa Ferrari terkejut dengan kecepatan tertinggi McLaren di Grand Prix Azerbaijan, Ia juga saat ia menyebut sayap belakang fleksibel rivalnya sebagai desain yang “kontroversial”.

Pembalap asal Monako ini terlibat dalam pertarungan sengit dengan Oscar Piastri untuk memperebutkan kemenangan di Baku akhir pekan lalu. Namun, harapannya untuk meraih kemenangan pupus hanya beberapa lap menjelang finish ketika ban belakangnya mulai aus.

Setelah merefleksikan faktor-faktor yang membuatnya gagal meraih kemenangan, Leclerc mengakui bahwa salah satu yang paling penting adalah kenyataan bahwa, setelah kehilangan keunggulan dari Piastri, ia dan Ferrari tidak pernah mengantisipasi kecepatan tertinggi McLaren setinggi itu – terutama ketika DRS tidak terbuka.

Watch: Why Singapore Could be Ricciardo’s Last Chance in F1 – Singapore GP Paddock News

Itulah sebabnya Leclerc tidak memilih untuk mempertahankan posisi terdepan secara agresif ketika Piastri berhasil menyalipnya di lap ke-20.

“Maksud saya, itu adalah langkah yang bagus,” ujarnya. “Namun, seperti yang saya katakan ketika saya melihatnya masuk ke sisi dalam, saya tahu dia ada di sana. Saya tahu itu adalah kesempatan baginya untuk menyalip, tapi saya tidak lebih khawatir dari itu.

“Saya tahu ia bisa memimpin, tetapi saya juga tahu bahwa saya berada di awal pemanasan ban, dan saya tidak ingin memaksakan diri, jadi saya tidak ingin melakukan tindakan bodoh dalam hal bagaimana saya akan bertahan.

“Namun, saya salah karena jelas kecepatannya di lintasan lurus sangat, sangat kuat dan setelah itu saya tidak pernah memiliki kesempatan untuk menyalip lagi.”

Lando Norris, McLaren MCL38, Charles Leclerc, Ferrari SF-24

Foto oleh: Simon Galloway / Motorsport Images

Ia menambahkan, “Saya rasa tidak ada hal yang lebih baik yang bisa saya lakukan saat menyerang. Saya bisa saja melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam bertahan. Namun, sekali lagi, saya tidak tahu seberapa cepat mereka dalam melakukan serangan balik setelah itu.”

Pengulangan referensi tentang kecepatan lintasan lurus Piastri muncul di tengah-tengah intrik besar mengenai perilaku sayap belakang McLaren di Baku.

Seperti yang terungkap oleh kamera onboard yang menghadap ke belakang, elemen atas sayap belakang McLaren tampak melentur ke belakang di lintasan lurus dan membuka celah slot untuk membantu mengurangi hambatan. Dengan cepat, mobil ini mendapat julukan sebagai ‘mini DRS’.

Desainnya telah mendorong beberapa tim pesaing untuk mencari klarifikasi tentang desainnya untuk lebih memahami apa batas-batasnya dalam hal bodywork yang fleksibel.

Menjelang GP Singapura, FIA mengatakan bahwa mereka sedang memeriksa bukti yang mereka dapatkan dari Baku untuk memutuskan apakah mereka perlu memberikan tanggapan.

Dari editor, baca juga:Verstappen Dihukum karena Berkata Kotor Saat Jumpa PersFP2 F1 GP Singapura: Norris Membalas Leclerc

Dapat dipahami bahwa prinsipal Ferrari, Fred Vasseur, memiliki pendapat yang kuat tentang masalah ini, dan dia akan berbicara pada konferensi pers resmi FIA di GP Singapura.

Leclerc sendiri mengatakan bahwa tim telah mendiskusikan masalah ini secara internal, meskipun ia tidak ingin terlalu larut dalam masalah ini.

“Ya, (pasti) ada dialog yang sudah kami lakukan,” jawabnya ketika ditanya pendapat tentang sayap.

“Maksud saya, saya pikir Fred akan membahas masalah itu sedikit lebih detail, tetapi dari apa yang telah saya katakan, itu kontroversial untuk sedikitnya. Jadi, ya. Saya akan meninggalkannya di sini dan membiarkan Fred mengomentarinya lebih jauh.”

Leave a comment